Sistem Pre-Order Dalam bisnis, Apakah efektif ?

 In Bisnis, Marketing, Uncategorized

Sistem bisnis pre-order – saat ini banyak diminati pebisnis online pemula, karena bisnis ini tidak membutuhkan modal tidak sedikit atau bahkan dapat tanpa modal. Cukup dengan mendesain produk, menciptakan copywriting yang menarik, dan koneksi Internet yang baik, Anda telah dapat mengawali bisnis online.

Namun, ada sejumlah hal yang mesti Anda simak jika hendak sukses membangun bisnis online dengan sistem  Pre-Order. Manfaat dari sistem Pre-Order adalah :

  • Modal dan Profit di awal bisnis
  • Mengukur minat pasar
  • Melatih skill jualan anda

Hal-hal yang perlu diperhatikan dari sistem pre-order

  • Perhatikan Kualitas Produk

Sistem Pre-Order menuntut konsumen untuk sabar menantikan dalam menemukan produk yang diinginkan. Maka dari itu, Anda harus meyakinkan pemasaran produk dengan kualitas yang baik sehingga tidak membuat kecewa konsumen. Dengan produk yang berkualitas, pasti Anda pun akan percaya diri guna menawarkan produk Anda. Ingat, keyakinan konsumen tersebut sangat penting. Karena dapat saja konsumen Anda bakal menjadi pelanggan setia dan loyal terhadap bisnis Anda.

  • Tentukan Target Penjualan

Menentukan target penjualan sangat dibutuhkan untuk menata strategi penjualan produk Anda. Semakin besar target yang dibidik, pastinya Anda semakin memerlukan usaha dan strategi yang ekstra. Target penjualan Anda harus berkolerasi dengan kapasitas yang Anda miliki saat ini baik modal, sumber daya manusia, dan lainnya. Jangan memaksakan target yang terlalu tinggi dan lebih baik berlangsung perlahan tetapi target tersebut tercapai. Dengan begitu, Anda dapat menambah target penjualan dengan kapasitas yang dimiliki.

  • Perhatikan Sumber Daya Manusia

Sistem  Pre-Order memerlukan sumber daya manusia yang tangguh. Jika Anda menargetkan penjualan yang besar, Anda harus mempunyai Sumber Daya Manusia yang terdiri dari sejumlah tim seperti tim produksi, tim admin sosial media, hingga customer service. Anda pun harus dapat membina tim yang kuat untuk menjangkau tujuan yang diinginkan.

  • Tentukan Jadwal Pre-Order

Buatlah Pre-Order di akhir bulan hingga awal bulan, ini adalah trik dalam mengawali bisnis Pre-Order. Di rentan waktu tersebut, orang seringkali mulai mencari barang-barang yang mereka inginkan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menarik perhatian semua konsumen.

  • Perhatikan Jumlah Pesanan

Hal ini yang perlu diperhatikan untuk mengawali bisnis dengan sistem pre-order. Perhatikan keterampilan produksi dan tidak boleh terlalu terobesesi dengan jumlah pesanan yang banyak. Jangan sampai keyakinan konsumen sebagai taruhannya.

  • Cara Komunikasi dengan Konsumen

Kepercayaan ialah kunci bisnis ini dan komunikasi yang baik menjadi prioritas utama Anda. Responlah pertanyaan dan keluhan konsumen sebaik mungkin. Jelaskan alur yang harus mereka lewati dalam sistem Pre-Order. Manfaatkanlah media komunikasi yang ada, seperti social media, email, telepon, SMS, WhatsApp, atau Line guna merespon konsumen yang menghubungi Anda nantinya.

  • Catat Pesanan

Pencatatan pesanan harus dilaksanakan dengan tepat dan jangan sampai anda salah menulis pesanan. Hal ini tentu dapat membuat konsumen komplain dan kecewa. Jadi, usahakanlah catat secara detail mulai dari nama konsumen, alamat, nomor telepon, rinci pesanan, jenis, ukuran, warna, dan lain sebaginya.

  • Buat Alasan Konsumen Ikut Pre-order

Anda harus menyerahkan satu alasan yang kuat pada konsumen untuk ikut pre-order, buatlah alasan yang menarik perhatian mereka. Mungkin Anda dapat memberikan bonus, stok produk yang terbatas, dan diskon produk.

Anda membutuhkan software yang dapat membantu anda dalam menjalankan bisnis menjadi lebih mudah dan cepat ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recommended Posts
Sistem PersediaanForecasting