Mencapai Tujuan Anda Dengan Teknik SMART

 In Bisnis

Mencapai Tujuan Anda Dengan Teknik SMART – Setiap perusahaan pasti memiliki cara tersendiri untuk meraih tujuan mereka. Namun, dalam pelaksanaannya hal itu sulit dilakukan karena mereka tidak memiliki arahan yang tepat, oleh karena itu banyak perusahaan yang menekankan berbagai pendekatan yang efektif. Nah, salah satu pendekatan yang terkenal adalah teknik SMART .

Tapi apa kepanjangan dari teknik SMART ini? Mungkin secara umum ketika anda mendengar kata SMART berarti pintar, namun hal ini tidak sepenuhnya tepat terutama dalam dunia usaha, SMART terdiri dari lima huruf yang masing-masing memiliki arti sendiri yakni S (Specific), M (Measurable), A (Attainable), R (Relevant), dan T (Time-based).

Sebenarnya teknik ini bukan hal yang baru, teknik ini sudah ada sejak 1981 oleh seorang konsultan ternama, George T Doran. Dengan keluarnya teknik ini, banyak perusahaan yang mengaplikasikan teknik SMART dan pada akhirnya, mereka berhasil dalam meraih tujuan mereka. Contoh perusahaan besar yang menerapkan teknik smart seperti Google, Dropbox, dan Zynga. Tapi bagaimana cara anda mengaplikasikan teknik SMART ini untuk mencapai tujuan anda? 

Tahapan pengaplikasian teknik SMART

1. Specific

Pastinya alasan utama anda ingin menggunakan teknik ini adalah untuk mencapai tujuan tapi untuk memilik tujuan yang pasti anda haru memiliki tujuan yang spesifik bukan tujuan abstrak yang kurang jelas. Jadi bagaimana untuk menspesifikasikan tujuan anda? Anda bisa tanyakan kepada diri sendiri dengan rumus 6W, yaitu:

  • What, tulis secara jelas apa yang ingin anda capai
  • Why, kenapa anda mau mencapai tujuan itu dan apa pengaruhnya dari pencapaian itu
  • Who, sebutkan siapa saja yang akan menemani anda dalam mencapai tujuan tersebut
  • When, kapan anda mau memulai prosesnya dan kapan anda akan mencapainya 
  • Where, lokasi mana yang bisa anda gunakan untuk mencapai tujuan anda
  • Which, sumber mana yang diperlukan dan hambatan apa saja yang mungkin akan terjadi selama proses pencapaian

2. Measurable

Tujuan anda harus bisa diukur prosesnya. Dengan adanya prosedur untuk mengukur proses dan kemajuan anda, anda akan tahu seberapa dekat diri anda dalam mencapai tujuan anda. Sehingga selama proses anda akan selalu termotivasi untuk berkembang dan bersemangat untuk mencapai tujuan tersebut. Anda bisa menggunakan daily reminder untuk mencatat hal-hal penting yang bisa mendekatkan diri anda ke tujuan anda, apabila ada hal yang tidak mendekatkan diri anda ke tujuan anda anda bisa memanfaatkan orang lain untuk mengerjakan hal itu.

3. Attainable

Terkadang banyak perusahaan terutama perusahaan kecil yang memasang tujuan yang bisa dibilang mustahil untuk dicapai. Karena tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dalam satu malam, semuanya butuh proses. Oleh karena itu tujuan anda harus bersifat realistis. Anda bisa tanyakan kepada diri sendiri dengan:

  • Apakah anda memiliki sumber dan tenaga yang diperlukan untuk mencapai tujuan anda? 
  • Apakah ada target yang berpotensi lebih besar daripada tujuan yang sedang anda capai? Jika iya, anda bisa memprioritaskan tujuan baru anda dan mengesampingkan tujuan yang sedang anda capai.

4. Relevant

Kalau anda merasa tujuan anda itu bisa dicapai, sekarang tanyakan kepada diri sendiri apa tujuan itu perlu dicapai? Apakah sekarang waktu yang tepat? Apakah ada keuntungan dari pencapaian tujuan itu? Apakah tim anda memang orang-orang yang tepat untuk menjalani proses ini? Pertanyaan ini wajib anda tanyakan kepada diri sendiri jika anda ingin proses pencapaian tujuan anda bukan hal yang sia-sia.

5. Time-based

Tahap terakhir ini merupakan tahap terpenting karena bisa saja anda membuat suatu tujuan, tapi jika tidak ada deadline atau batas waktu, maka ada kemungkinan besar anda tidak akan berhasil mencapai tujuan anda. Oleh karena itu dengan memiliki batas waktu hal ini akan membuat anda semakin produktif dan menghasilkan banyak kemajuan yang mendekati tujuan anda.

Teknik SMART adalah teknik yang bagus untuk digunakan bagi seseorang yang baru mulai berbisnis maupun untuk anda yang sedang mengembangkan bisnis. Dengan menerapkan teknik SMART maka bisnis anda akan lebih terarah.

Jika anda ingin mengembangkan bisnis anda hingga memiliki banyak cabang, anda harus mulai mempertimbangkan menggunakan software ERP. Software ERP akan membantu anda dalam mengintegrasikan cabang dengan pusat bisnis anda. Lalu software ERP apa yang tepat untuk bisnis anda? Anda harus mencoba menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik yang sudah digunakan ratusan perusahaan di Indonesia. Dengan harga mulai dari 9 jutaan, Software ERP ini sangat terjangkau bagi anda yang baru memulai untuk menggunakan Software ERP. Anda jugan dapat mengonsultasikan kebutuhan Software ERP anda dengan Keysoft secara gratis disini.

Recent Posts