Hal yang Harus Diperhatikan dalam Laporan Keuangan di Excel

 In Keuangan

Laporan keuangan di excel – Bagi perusahaan, membuat laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting dan wajib dilakukan karena di saat periode tertentu perusahaan khususnya di bagian manajemen membutuhkan data-data akurat seperti transaksi jual/beli, utang, keuntungan/kerugian, dan kondisi keuangan di perusahaan sendiri, sehingga pihak manajemen bisa membuat keputusan untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka di bulan selanjutnya.

Melihat pentingnya laporan keuangan, tentu saja, membuat perusahaan mencari cara terbaik dalam membuat laporan keuangan yang akurat dan salah satunya dengan menggunakan software karena seperti yang anda tahu software bisa mengerjakan laporan lebih cepat dibandingkan pencatatan manual, dan salah satu software terbaik untuk membuat laporan keuangan adalah excel.

Excel memang terbukti sebagai software pembuatan laporan keuangan yang paling efektif karena excel sendiri dilengkapi dengan fitur yang memudahkan penggunanya untuk membuat laporan keuangan, tetapi masih banyak sekali para akuntan yang membuat kesalahan dalam membuat laporan keuangan sehingga hal ini hanya menyulitikan pihak manajemen.

Nah, kalau anda juga salah satunya, maka anda bisa membuat laporan kuangan anda lebih baik lagi dengan memperhatikan 5 hal berikut dalam membuat laporan keuangan di excel.

  • Bahasa laporan keuangan

Sebelum anda memulai membuat laporan keuangan di excel. Pertama, anda harus perhatikan terlebih dahulu bahasa keuangan apa yang akan anda pakai ketika membuat laporan keuangan.

Kalau laporan keuangan anda itu mengarah ke pihak luar seperti investor, kreditor, dan badan internasional, maka anda bisa menggunakan bahasa inggris, tetapi pastikan juga anda memiliki versi bahasa Indonesia. Kalau laporan keuangan anda itu khusus untuk kepentingan dalam negara, maka bahasa Indonesia merupakan bahasa yang wajib anda gunakan.

  • Pemisahan data

Saat melakukan pembuatan laporan keuangan di excel sebaiknya anda menghindari copy and paste data dari sumber lain yang tersedia termasuk data yang dalam format terstruktur ke dalam laporan keuangan anda karena tidak seperti software akuntansi lainnya, excel tidak pernah dimaksudkan sebagai basis data sehingga anda hanya akan menghambat proses kinerjanya.

Namun kalau anda perlu melakukannya, maka sekarang anda bisa menggunakan Power Query untuk mengkoneksikan data anda langsung ke excel dan mengubahnya sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Tampilan formula

Mendapatkan hasil hitungan laporan keuangan secara manual bisa menyulitkan, tetapi excel juga mempunyai fitur unik tersendiri dengan menampilkan formula untuk setiap sel-sel sehingga anda bisa memastikan rumus yang anda pakai itu benar dan bagus untuk memperbarui struktur laporan berdasarkan rumus. Jadi, perhatikan tampilan formula ini.

  • Pivot table

Banyak akuntan yang tidak menggunakan kekuatan pivot table, tetapi pivot table merupakan fitur yang harus anda perhatikan. Pivot table sendiri merupakan fitur yang harus anda pakai saat membuat laporan keuangan karena pivot table bisa memberikan fleksibilitas yang luar biasa ketika anda memerlukan pengambilan data secara cepat dari kumpulan data dalam volume yang besar.

  • Conditional formatting

Pivot table sendiri tidak bisa bekerja secara maksimal kalau tidak dihubungkan dengan conditional formatting karena conditional formatting ini yang bertugas untuk mewarnai format sel yang sesuai dengan kondisi tertentu.

Selain itu, conditional formatting biasanya digunakan oleh para akuntansi untuk mengidentifikasi kesamaan kata-kata atau nilai dalam satu format sel, menganalisi data secara visual, dan mencari kesalahan saat membuat laporan keuangan.

  • General layout

Laporan keuangan perlu diisi dengan data yang sangat penting, tetapi kebanyakan akuntan masih menampilkan laporan yang sulit dilihat oleh karena itu anda sebaiknya gunakan kotak teks yang jelas dan tambahkan tautan dinamis di bilah rumus.

Beberapa hal tersebut harus anda perhatikan dalam membat laporan keuangan di excel. Memang penggunaan excel sebagai software untuk mempermudah pembuatan laporang keuangan anda. Tetapi seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan, pastinya excel saja dirasa sudah tidak cukup. Maka dari itu anda perlu menggunakan Software ERP agar anda dapat membuat laporan yang cepat dan tepat. Mengapa software ERP? Karna didalam Software ERP sudah terdapat fitur akuntansi yang memudahkan anda dalam membuat laporan keuangan. Selain itu Software ERP mempunyai fitur lainnya secara menyeluruh dari bisnis anda.

Software ERP dengan harga terjangkau yang harus anda gunakan adalah Keysoft. Mulai dari 9 jutaan anda akan mendapatkan kemudahan bagi bisnis termasuk akuntansi. Selain itu keysoft juga hanya melakukan pembayaran di awal, dan tidak ada biaya perpanjangan license. Tentu saja hal ini akan membuat anda hemat hingga jutaan rupiah dibanding menggunakan Software Akuntansi yang harus anda bayar perbulannya. Untuk konsultasi kebutuhan Software ERP anda dengan Keysoft secara gratis, anda dapat klik disini.

Recommended Posts