Membuat Laporan Keuangan Menggunakan Excel

Dalam kehidupan sehari – hari sebenarnya kalian sudah melakukan berbagai transaksi keuangan namun tidak ada laporan keuangan khusus untuk disajikan. Berbeda dengan perusahaan/ badan usaha yang wajib membuat laporan keuangan secara rinci, tepat dan akurat. Bahkan perusahaan juga memiliki divisi khusus untuk mengelola keuangannya.

Apakah laporan keuangan itu penting? Jawabannya penting, laporan keuangan sangat penting untuk dibuat dan disajikan sebagai bahan informasi perusahaan. Untuk divisi keuangan sendiri pastinya memiliki sistem akuntansi yang mumpuni untuk membuatnya. Sebenarnya walaupun tanpa sistem akuntansi kalian juga dapat membuat laporan keuangan sendiri secara manual. Bagaimana caranya? Memang bisa? Tentu saja kalian bisa menggunakan excel yang sudah tersedia dalam Ms. Office komputer.

Langkah – langkah yang harus dilakukan ketika akan membuat menggunakan excel, sebagai berikut:

  1. Buka Ms. Excel pada layar dekstop komputer
  2. Misalnya kalian ingin membuat satu sheet yang mencangkup hutang, gaji, piutang, arus kas, dan lain sebagainya. Kalian klik cell dan masukkan data yang akan diolah secara lengkap dan rinci sesuai dengan keinginan kalian
  3. Buat kolom berisi nomor, tanggal, uraian/ deskripsi, debet, kredit dan saldo.
  4. Masukan rumus pada kolom saldo agar nantinya debet dapat bertambah atau berkurang secara otomatis. Kalian dapat mengkombinasikan rumus If, OR, SUM dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.
  5. Terakhir kalian dapat memasukan rumus penjumlahan pada akhir kolom jumlah dengan rumus SUM.
  6. Laporan keuangan sederhana sudah berhasil kalian buat

Membuat laporan keuangan menggunakan excel merupakan cara manual komputerisasi yang menawarkan cara mudah dalam membuat pembukuan, arus kas, dan laporan laba rugi. Excel juga mempermudah pengiriman draft antara divisi maupun kolega perusahaan. Dalam sistem akuntansi data – data yang sudah dikerjakan nantinya akan di eksport ke dalam bentuk lembar kerja excel. Jadi excel merupakan bentuk dasar sarana pembuat laporan keuangan dari sebuah sistem akuntansi. Kalian juga dapat menyisipkan grafik, seperti berikut:

  • Pilih menu insert lalu pilih chart, laporan yang berupa tabel akan otomatis berubah menjadi bentuk diagram batang, diagram pie dan beberapa jenis diagram untuk membentuk pengamatan laporan keuangan.
  • Dengan membuat grafik kalian akan mudah mengetahui jumlah arus kas yang keluar masuk setiap hari, bulanan bahkan tahunan. Grafik dalam diagram akan membantu memberikan ringkasan bagaimana suatu bisnis dapat berjalan.

Data dalam excel juga dapat di eksport kedalam laporan informasi pada Ms.word dengan cara berikut. Kalian tinggal buka dan block data yang akan dipindahkan, lali klik kanan selanjutnya pilih copy. Dilanjutkan dengan membuka dokumen word klik kanan pilih paste atau ctrl + V, work sheet excel sudah dapat disisipkan pada Ms.word.

Nah, itulah cara mudah membuat laporan keuangan menggunakan excel yang dapat kalian terapkan dalam kehidupan sehari – hari maupun pekerjaan. Excel salah satu program yang dapat digunakan dengan mudah untuk mengelola angka serta ada banyak template, note, grafik, maupun gambar yang dapat disisipkan.

Namun jika perusahaan anda membutuhkan software akuntansi untuk mempersingkat waktu anda dalam membuat laporan keuangan, anda bisa mencoba Keysoft Accounting.

Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami