Perkembangan Industri Kecantikan di Indonesia

 In Bisnis

Perkembangan Industri Kecantikan di Indonesia – Tahukah anda kalau industri kecantikan merupakan jenis industri yang paling banyak mengalami perkembangan di Indonesia? Hal ini dibuktikan karena berdasarkan laporan marketing dari Google mengenai perilaku konsumen di tahun 2018 menunjukan kalau 1 dari 2 industri di Indonesia diisi oleh industri kecantikan.

Tentunya, hal ini menunjukan kalau industri kecantikan merupakan industri yang paling populer di Indonesia dan juga merupakan industri yang menguntungkan. Kementerian perindustri juga mengatakan kalau industri kecantikan di tahun ini telah mencapai 9% dan diprediksi angka ini akan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Jadi, bagi anda yang ingin memulai bisnis di bidang kecantikan, berarti pilihan anda merupakan pilihan yang tepat, tetapi dikarenakan laporan tersebut hanya untuk tahun lalu dan tahun ini saja, pasti anda meragukan kebenaran tentang perkembangan industri kecantikan di Indonesia untuk 5 tahun sampai 10 tahun ke depan.

Untuk itu, anda bisa menyimak perkembangan industri kecantikan yang ada di Indonesia untuk 5 sampai 10 tahun ke depan.

Perkembangan Industri Kecantikan

Permintaan Industri Kecantikan

Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke-empat yaitu sekitar 267 juta penduduk dan diprediksi angka tersebut akan terus mengalami peningkatan sebesar 15% pada tahun 2035 yang berarti jumlah penduduk Indonesia akan menjadi 305 juta.

Dari angka yang sebanyak itu, ternyata masyarakat Indonesia mengalami peningkatan 1.5 kali lipat dalam pencarian produk kecantikan, terutama di kalangan generasi milenial yang selalu membawa smartphone mereka kemana-mana. Mulai dari pencarian sheet mask, sampo untuk hijab, skin care aloe vera, dan micellar water selalu mengalami peningkatan.

Trend kecantikan juga tidak berhenti di kalangan perempuan saja karena kaum laki-laki juga mengalami peningkatan untuk tutorial dan produk kecantikan sehingga industri kecantikan di Indonesia akan selalu mengalami kemajuan.

Modal yang dibutuhkan

Tergantung dalam skala apa anda mau memulai bisnis kecantikan atau kosmetik, modal yang diperlukan bisa bervariasi, tetapi bagi anda yang mau memulai bisnis kecantikan dalam skala kecil seperti membuka toko kecantikan, maka biasanya anda memerlukan modal sekitar sekitar Rp 3,5 sampai 5 juta dengan biaya operasional setiap bulannya bisa mencapai Rp 6 juta.

Namun, dikarenakan sekarang itu zamannya sudah online, anda bisa memulai toko online untuk menjual jasa perawatan kecantikan atau produk kecantikan karena sudah banyak orang yang melakukan hal seperti ini, dan berhasil meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online kecantikan.

Keuntungan yang didapatkan

Keuntungan mungkin menjadi alasan utama anda mau memulai bisnis kecantikan karena mungkin saja anda ini orang yang selalu mencari peluang. Untungnya, dengan permintaan yang besar untuk produk/jasa kecantikan di Indonesia, anda bisa menantikan keuntungan yang besar.

Biasanya, untuk sekarang ini bisnis kecantikan bisa meraih keuntungan sebesar 3 juta. Itupun setelah dikurangi oleh biaya operasional yang berarti anda berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan sebesar 9 juta.

Keuntungan sebesar itu sudah bisa dibilang menguntungkan, tetapi anda bisa mengembangkannya dengan strategi marketing terbaru untuk meraih target pasaran anda, terutama untuk generasi milenial.

Risiko              

Dengan permintaan yang terus meningkat setiap tahunya, anda bisa menantikan kalau persaingan di industri kecantikan akan terus ramai untuk 5 sampai 10 tahun ke depan, tetapi hal ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak memulai bisnis kecantikan karena untuk meraih keuntungan di industri kecantikan, anda hanya membutuhkan 1% dari seluruh pasar.

Walaupun begitu, anda sebaiknya tidak terlalu fokus terhadap kualitas produk/kecantikan anda karena namanya bisnis itu tentang bagaimana cara anda memasarkan produk/jasa anda ke konsumen.Walaupun bukan sepenuhnya tentang kualitas, tetapi pastikan juga produk kecantikan anda bisa membantu banyak orang karena sekarang banyak sekali produk kecantikan ilegal yang beredaran di pasaran.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan industri kencantikan di Indonesia akan bertambah setiap tahunnya. Industri kecantikan saat ini merupakan salah satu peluang yang besar untuk memulai bisnis. Apalagi permintaan akan produk kecantikan seperti Make up semakin besar dan hampir menjadi kebutuhan bulanan kaum hawa. Maka dari itu anda dapat mengambil peluang bisnis ini bagi diri anda.

Membuka toko kosmetik maupun membuat brand kosmetik memiliki keuntungannya sendiri. Untuk memulai brand kosmetik anda sendiri, anda mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan Software ERP. Mengapa demikian? Karna hal ini akan membuat migrasi data bisnis anda lebih mudah daripada saat data bisnis anda sudah cukup banyak. Mengapa software ERP bukannya software akuntansi? Mungkin anda belum begitu mengetahui bahwa Software ERP juga memiliki fitur akuntasi. Lagipula tidak semua software ERP memiliki harga yang sangat mahal, Keysoft contohnya. Dengan harga dimulai dari 9 jutaan, anda dapat merasakan efesiensi dan efektivitas yang ditawarkan Software ERP. Selain itu software ERP mengelola seluruh aktivitas bisnis anda. Mulai dari produksi hingga penjuaan. Maka dari itu, yuk konsultasikan kebutuhan software ERP dengan  keysoft disini.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt