Tujuan Dan Manfaat Sistem Akuntansi

 In Akuntansi

Hallo para pembaca setia blog Keysoft Accounting, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tujuan dan manfaat sistem akuntansi. Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata akuntansi? Pasti perhitungan, pengelolaan arus kas, keuangan, dan sebagainya. Akuntansi adalah proses melaporkan keuangan suatu perusahaan atau instansi bahkan pribadi melalui pengelolaan data, pengklarifikasian, meringkas data dalam upaya memberi kepastian dan membuat keputusan terhadap sumber daya keuangan.

Setiap perusahaan atau badan usaha biasanya memiliki departemen keuangan untuk menangani masalah akuntansi. Dalam membuat laporan akuntasi harus rinci dengan menggunakan data real time saat itu, hal ini untuk menghindari masalah/ risiko keuangan yang dapat merugikan perusahaan. Untuk memudahkan pengerjaan laporan akuntansi setiap perusahaan pastinya menggunakan sistem akuntansi berbasis komputerisasi. Ketika memilih sistem akuntansi perusahaan tentu sudah memikirkan tujuan dan manfaat menggunakannya.

Berikut adalah tujuan dan manfaat dari sistem akuntansi pada suatu badan usaha :

Tujuan sistem akuntansi

Sistem akuntansi sangat membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya secara tepat dan cepat. Tidak heran jika akan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelaopan keuangan. Berikut tujuan dari sistem akuntansi antara lain:

  1. Pengelolaan data

Mengelola data keuangan mulai dari arus kas, pajak, hutang piutang, jurnal hingga buku besar hanya dengan melakukan peng-inputan data real time pada saat itu. Antar satu laporan dengan laporan yang lain akan selalu berkaitan dalam aktivitas dan transaksi.

  1. Memproses data

Lebih mudah memproses data keuangan menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan dalam suatu badan usaha. Tidak hanya itu informasi dari data akuntasi tersebut akan mempermudah perusahaan dalam perencanaan dan pengendalian usaha.

  1. Kontroler

Membantu melakukan kontrol keuangan secara rinci dan tepat terhadap aset perusahaan serta hukum penyusutan. Hal ini juga membantu divisi keuangan untuk meminimalisir tindakan yang dapat merugikan perusahaan.

  1. Efisien

Menghemat biaya serta waktu terhadap pengelolaan keuangan dan pelaporannya.

  1. Akurat

Menyajikan data keuangan secara rinci dan akurat sistematis dalam periode akuntansi real time. Data akuntansi keuangan yang sudah disimpan bertahun – tahun lalu juga mudah untuk dicari jika ada audit.

Manfaat sistem akuntansi

Memiliki sistem akuntansi tidak hanya untuk memenuhi tujuan dari perusahaan namun juga mampu memberikan beberapa manfaat penting dalam badan usaha. Berikut manfaat dari sistem akuntansi antara lain:

  1. Mempermudah operasional keuangan suatu perusahaan untuk mendapatkan sistem akuntasi yang tepat dan akurat pada saat itu.
  2. Mempermudah pengambilan keputusan terhadap kemajuan usaha/ bisnis serta menganalisa masalah keuangan yang sedang terjadi.
  3. Meningkatkan sharing knowledge antara atasan dengan bawahan maupun rekan kerja dalam suatu perusahaan.
  4. Meningkatkan efisiensi berbisnis antar divisi maupun antara perusahaan terkait.
  5. Mengurangi biaya produksi dari produk atau jasa yang dihasilkan suatu badan usaha.
  6. Memudahkan pelaporan SPT wajib pajak perusahaan setiap tahunnya, karena data sudah tersimpan dengan tepat dan rinci.
  7. Menghemat waktu dalam membuat laporan keuangan dibandingkan dengan membuat laporan keuangan secara manual

Ada banyak pilihan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan dalam suatu perusahaan. Menjalankan sistem akuntansi secara tepat akan mampu membangun kegiatan bisnis perusahaan berjalan dengan efektif, efisien, dan membawa nilai positif untuk perkembangan perusahaan.

Recommended Posts