Tugas dan Layanan Konsultan Pajak Bagi Bisnis

 In Keuangan

Tugas dan Layanan Konsultan Pajak Bagi Bisnis – Akhir tahun merupakan waktu di mana banyak pemiliki bisnis akan mengalami kesibukan sendiri. Hal ini dikarenakan mereka perlu menjalankan kewajiban sebagai warga negara untuk membayar pajak sesuai dengan hasil tahunan yang mereka peroleh.

Membayar pajak mungkin akan terdengar simpel di telinga anda, anda hanya perlu menghitung penghasilan dan mengirim jumlah besar pajak ke ditjen pajak, tetapi perlu anda tahu juga kalau sistem perpajakan di Indonesia termasuk sebagai sistem yang paling rumit sehingga hal ini akan membuat pemiliki bisnis mencari bantuan dari konsultan pajak.

Dari sini, mungkin anda bertanya-tanya, apa saja tugas dan layanan yang disediakan oleh konsultan sehingga banyak dicari oleh perusahaan di Indonesia. Ada banyak alasan selain rumitnya sistem perpajakan di Indonesia yang membuat perusahaan mencari jasa konsultan pajak, tetapi alasan utamanya yaitu untuk membantu perusahaan untuk membayar pajak seminimalnya tanpa melanggar aturan-aturan yang berlaku.

Jadi, dengan pentingnya tugas yang dimiliki oleh para konsultan pajak, tidak mengherankan kalau biaya yang dibutuhkan untuk menyewa jasa mereka terbilang mahal dan tidak tetap.

Kalau saat ini bisnis anda juga membutuhkan bantuan dari konsultan pajak, maka terdapat banyak layanan yang bisa anda dapat. Berikut tugas dan layanan konsultan pajak bagi bisnis:

1. Jasa Kepatuhan pajak

Dikarenakan rumitnya aturan perpajakan di Indonesia, maka hal ini sudah menjadi kewajiban para konsultan pajak untuk mematuhi segala peraturan pajak yang dibebankan kepada kliennya. Maka dari itu, konsultan pajak akan melakukan persiapan, penghitungan, membayarkan pajak dengan SSP, dan membuat laporannya.

2. Jasa perencanaan pajak

Seperti yang disebutkan tadi perusahaan di Indonesia akan melakukan segala cara untuk membayar pajak seminimal mungkin dan tetap mematuhi aturan yang berlaku. Untuk itu, jasa perencanaan pajak bisa sangat membantu klien untuk mendapatkan laba dan likuiditas yang diharapkan.

3. Jasa periksa laporan pajak

Biaya bisa menghambat perusahaan dalam menyewa jasa konsultansi pajak, tetapi dari biaya itu, para konsultan pajak akan memerikan layanan kepada kliennya untuk memastikan kalau pajak yang dibayarkan oleh kliennya sesuai dengan apa yang diperlukan. Konsultan pajak juga akan mengevaluasi laporan pajak untuk mencari beban pajak yang bisa membebankan perusahaan kliennya.

4. Jasa pendampingan dalam pemeriksaan

Beberapa perusahaan akan ragu atau khawatir jika mereka terbukti telah melakukan kesalahan saat pemeriksaan pajak karena mereka sendiri tidak begitu paham bagaimana sistem pajak di Indonesia. Kalau anda juga merupakan salah satunya, maka konsultan pajak menawarkan jasa pendampingan dalam pemeriksaan.

Di sini, konsultan pajak akan mendampingi atau mewakili anda di saat petugas pajak datang untuk memeriksa, sehingga jika ada sesuatu yang tidak anda mengerti, maka konsultan pajak akan melindungi anda.

5. Jasa konsultansi

Jasa konsultansi berarti jasa yang mengurusi segala hal tentang perpajakan yang dihadapi bisnis anda. Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan pajak melalui telepon, email, chat, dan teleconference.

6. Jasa restitusi pajak

Layanan restitusi bisa anda gunakan jika anda membutuhkan pengembalian dari pembayaran yang kelebihan. Konsultan pajak akan membantu anda menangani masalah ini, mulai dari tahap persiapan, penyampaian, sampai akhir dari proses restitusi itu sendiri.

7. Jasa penyelesaian sengketa pajak

Jasa penyelesaian sengketa pajak merupakan jasa terakhir dan biasanya yang paling mahal yang dapat diberikan oleh konsultan pajak. Di sini, pihak konsultan akan mendampingi dan membantu anda ketika anda mengajukan bandingan atau keberatan pajak atau proses PK di MA.

Itulah tugas dan layanan yang disediakan oleh konsultan pajak. Jadi, kalau anda sedang mencari konsultan pajak, pastikan mereka menyediakan layanan tadi sehingga hasil yang anda dapat bisa memuaskan.

 Jika anda membutuhkan Software untuk bisnis anda, anda dapat menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP yang pastinya terdapat fitur akuntansi didalamnya. Selain fitur akuntansi, dalam software ERP terdapat fitur-fitur untuk mengelola seluruh aktivitas bisnis anda. Mulai dari produksi hingga penjualan. Dengan hanya mngeluarkan uang 9 juta saja, anda sudah dapat menggunakan Keysoft ERP. Konsutasikan gratis kebutuhan Software ERP anda dengan Keysoft sekarang dengan klik disini.

Recommended Posts