Tips Layanan Pelanggan untuk Kepuasan Pelanggan

 In Bisnis

Tips Layanan Pelanggan untuk Kepuasan Pelanggan – Hal penting apa yang dapat Anda kerjakan untuk menambah hubungan dengan pelanggan? Jawaban pastinya ialah meningkatkan layanan pelanggan. Tak peduli seberapa besar produk Anda atau sebaik apapun staf yang Anda miliki, satu urusan yang paling diingat pelanggan ialah interaksi langsung mereka dengan perusahaan Anda.

Tim layanan pelanggan Anda menjadi wajah dari perusahaan Anda, dan pelanggan anda akan menilai perusahaan anda melalui kualitas customer support yang mereka terima. Perusahaan yang kuat pasti mempunyai relasi pelanggan yang baik. Bila Anda belum mulai mencari teknik untuk menambah layanan pelanggan, maka hubungan Anda dengan pelanggan tidak akan merasakan kemajuan. Berikut sejumlah tips layanan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Miliki Call Center

Pelanggan yang menghubungi lewat telepon harus diprioritaskan terlebih dahulu, sebab pelanggan seperti ini seringkali mempunyai urusan yang lebih penting. Jika hanya urusan yang tidak terlalu mendesak, tentunya pelanggan akan  lebih memilih untuk menghubungi lewat akun social media, sms, atau email. Maka dari itu, Anda harus memastikan terdapat seseorang yang tugasnya untuk menerima  telepon layanan call center yang dapat diandalkan.

Dekatkan Diri dengan Staf Layanan Pelanggan Anda

Anda mungkin sudah mempunyai skill layanan konsumen terbaik dan pelatihan terbaik di dunia. Tapi anda juga harus mendekatkan diri dengan staf layanan pelanggan anda. Meningkatkan kedekatan dengan pegawai menjadi teknik lain untuk meyakinkan pelanggan mendapat yang baik. Pegawai yang tidak puas bisa jadi tidak akan menyampaikan masalahnya, jadi sediakan kotak saran tanpa nama atau kerjakan survey ke pegawai. Yang hendak Anda ketahui ialah apa yang dialami tim layanan pelanggan tentang situasi kerja dan kompensasi yang mereka terima, peluang peningkatan karir, training, dan sebagainya.

Sediakan Cara Agar Pelanggan Bisa Memberi Feedback

Meskipun telah bersikap proaktif, Anda tidak akan dapat mengetahui masalah tiap pelanggan. Bagi Anda yang memahami pengalaman baik atau buruk yang dipunyai pelanggan, ciptakan teknik mudah untuk pelanggan guna memberi feedback. Bisa berupa survey di akhir layanan telepon, survey email yang dikirim secara langsung dari tool CRMAnda, atau kolom isian di halaman “Contact Us” dari web Anda.

Semua ini menjadi sarana untuk pelanggan agar lebih mudah memberi feedback supaya Anda tahu apa saja yang butuh ditingkatkan. Ini juga membuat pelanggan yang tidak senang tidak mengutarakan rasa tidak senang mereka di lokasi yang mudah disaksikan seperti halaman media sosial. Apapun sarana yang Anda pilih, satu urusan yang butuh diingat, feedback jadi hal penting untuk kepuasan pelanggan.

Tawarkan Support Pelanggan 24 Jam

Bila perusahaan Anda mempunyai bandwidth untuk melakukannya, sedikan layanan pelanggan via telepon 24 jam. Tidak akan ada yang lebih baik disamping menghubungi nomor telepon layanan pelanggan saat pelanggan Anda sangat memerlukan bantuan. Lalu layanan pelanggan anda dapat mendengar rekaman dari mesin yang memberitahu permasalahan pelanggan dan layanan pelanggan anda dapat menelepon kembali pelanggan tersebut pada jam kerja normal.

Tawarkan Layanan Khusus/VIP

Ini dapat berupa diskon eksklusif atau layanan yang tidak diserahkan kompetitor. Bisakah Anda menawarkan sesuatu yang spesial guna pelanggan yang telah ada? Memberikan penawaran eksklusif ke pelanggan akan menjadikan pelanggan merasa sangat diperhatikan. Jangan hanya memberikan tawaran dan promosi guna pelanggan baru saja, beri juga reward pada pelanggan yang sudah lama. ini adalah salah satu tips layanan pelanggan yang cukup efektif untuk bisnis anda.

Itu dia tadi tips layanan pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah hal yang utama dalam bisnis. Jika pelanggan anda puas dengan produk/jasa dan juga layanan pelanggan anda, bukan tidak mungkin pelanggan anda akan merekomendasikan produk/jasa anda ke teman dan rekan bisnis mereka. Maka dari itu anda harus selalu memperhatika layanan pelanggan anda untuk meningkatkan kepuasan pelanggan anda.

Jika anda membutuhkan Software ERP anda bisa menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP terbaik di Indonesia untuk mempermudah semua urusan bisnis anda. Selain itu keysoft juga sangat memperhatikan kepuasan pelanggan dengan layanan pelanggan keysoft yaitu customer support yang siap membantu anda. Jika anda tertarik, anda bisa menghubungi Keysoft dengan klik disini.

Recent Posts