Tingkat Kepentingan Suatu Pekerjaan Kantor

 In Bisnis, Uncategorized

Tingkat kepentingan suatu pekerjaan kantor – Dalam perkantoran canggih segala pekerjaan manajemen perkantoran dilakukan dengan memakai alat-alat otomasi perkantoran, diantaranya ialah perangkat komputer dengan sekian banyak software yang diperlukan  untuk menjalankan kegiatan-kegiatan perkantoran, perlengkapan komunikasi yang memadai, kantor virtual, organisasi virtual, dan lain-lain. Walaupun begitu tingkat kepentingan suatu pekerjaan di kantor tentu harus diperhatikan.

Di masyarakat luas kegiatan kantor seringkali juga dinamakan sebagai tatausaha. Jadi, tatausaha ialah tugas pelayanan disekitar keterangan-keterangan yang berwujud 6 pola perbuatan :

  1. Menghimpun : adalah suatu kegiatan menggali dan mengusahakan tersediannya segala penjelasan yang awalnya belum terdapat atau berserakan dimana-mana sampai-sampai siap guna dipergunakan bila mana diperlukan.
  2. Mencatat : Merupakan pekerjaan membuat keterangan-keterangan yang dibutuhkan sehingga berupa artikel atau tulisan yang bisa dibaca, dikirim, dan disimpan.
  3. Mengolah : Merupakan macam-macam pekerjaan dengan menggarap keterangan-keterangan dengan maksud menyajikannya dalam format yang lebih berguna.
  4. Menggandakan : Merupakan pekerjaan memperbanyak dengan sekian banyak  cara dan alat sejumlah jumlah yang diperlukan.
  5. Mengirim : Merupakan pekerjaan menyampaikan dengan sekian banyak  cara dan perangkat dari satu pihak untuk pihak lainnya
  6. Menyimpan : Merupakan pekerjaan menaruh dengan sekian banyak cara dan perangkat ditempat tertentu yang aman.

Berikut ini beberapa pekerjaan kantor dan tingkat kepentingan suatu pekerjaan kantor tersebut.

Analisis Pekerjaan kantor (Job Analisis)

Job Analis merupakan pekerjaan untuk membuat landasan atau pedoman untuk penerimaan dan penempatan karyawan. Dengan hal itu maka kagiatan perencanaan SDM tidak terlepas dari analisis jabatan. Analisis kegiatan atau tidak jarang disebut analisi jabatan ialah kegiatan untuk menyerahkan analisis pada masing-masing jabatan/pekerjaan, hingga menyerahkan cerminan tentang spesifikasi jabatan tertentu.

Analisis kegiatan kantor yang secara sistematik antara lain berupa ragkaian kegiatan mengumpulkan, mengevaluasi dan mengorganisasikan pekerjaan/jabatan yang terdapat di kantor. Informasi yang dikoleksi melalui analisis jabatan berperan penting dalam perencanaan SDM kerena meluangkan data tentang situasi kepegawaian dan lingkungan kerja.

Administrasi

Dulu, pekerjaan administrasi perkantoran dirasakan sebagai pekerjaan dalam kantor yang sifatnya marginal saja. Kegiatan pelengkap yang dirasakan tidak terlalu penting sehinga dalam penempatan tenaga administrasi juga tidak perlu menanam orang-orang opsi yang cerdas dan kreatif. Mereka berpikir bahwa kegiatan bagian administrasi hanyalah berurusan dengan catatan-catatan data yang tidak perlu menanam orang-orang yang mempunyai keterampilan tinggi dalam mengerjakannya .

Sekarang semua pengelola perusahaan mulai menyadari bahwa unsur perkantoran atau unsur administrasi ialah jantung nya perusahaan, pusat pekerjaan dari perusahaan terdapat di unsur administrasi. Setiap operasional perusahaan akan tidak jarang kali berhubung dengan unsur administrasi. Sehingga dengan berbenah atau mengelola bagian administrasi dengan baik , akibat positifnya  bakal menyebar ke semua bagian. Perlu menanam orang-orang yang mempunyai keterampilan tinggi baik dalam urusan teknis maupun manajerial. Karena selain pekerjaan teknis yang mempunyai sifat operasional, pekerjaan dalam perkantoran juga mempunyai sifat strategik. Kantor-kantor canggih saat ini ingin memilih orang-orang yang menguasai teknologi tinggi untuk menduduki jabatan sebagai manajer kator (office manager ).

PERAN  MANAJEMEN PERKANTORAN DALAM PERUSAHAAN

Kantor terdiri dari sejumlah komponen yakni manusia, sarana dan pekerjaan. Pengelolaan yang baik dan efektif dari ketiganya akan menambah nilai yang tinggi untuk perusahaan. Peran penting manajemen perkantoran dalam perusahaan antara lain seperti :

  • Membantu pihak manajerial dalam menciptakan keputusan.
  • Membantu unsur lain menyerahkan pelayanan administrasi.
  • Membantu menambah pelayanan pelanggan
  • Manfaat positif dari pengelolaan unsur perkantoran secara profesional ialah
  • Efisiensi perusahaan
  • Meningkatkan kinerja atau performance perusahaan

Itu dia tingkat kepentingan suatu pekerjaan kantor. Walaupun dengan kehadiran perangkat komputer dan software perusahaan tapi peran pekerja di kantor amatlah sangat penting. Karna pada dasarnya Software-Software perusahaan hanya membantu menringankan pekerjaan dari pekerja tersebut, bukaannya menggantikan pekerja tersebut.

Jika bisnis anda membutuhkan Software ERP untuk membantu bisnis anda, anda dapat menggunakan Key Software. Key Software adalah Software ERP terbaik dengan harga terjangkau. Untuk info lebih lanjut anda bisa klik disini.

Recent Posts