Strategi menghadapi pesaing bisnis dan cara mengidentifikasinya

 In Marketing

Strategi menghadapi pesaing bisnis – Salah satu langkah penting dalam mengembangkan strategi pemasaran yang sukses ialah mengidentifikasi para pesaing bisnis Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan pelaksanaan penelitian pasar yang mendetail. Jika Anda tidak tahu siapa saja yang menjadi pesaing, bisa jadi orang lain akan lebih kompetitif. Setelah itu anda bisa mebuat strategi dalam menghadapi pesaing bisnis anda tersebut. Berikut ini strategi menghadapi pesaing bisnis dan cara mengidentifikasinya.

Analisis Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Kekuatan yang dipunyai pesaing harus dipertimbangkan, melihat mereka bisa memanfaatkan kekuatan untuk melakukan serangan balik. Sementara itu, mengetahui kekurangan pesaing pastinya akan mempermudah perusahaan untuk melakukan serangan balik.

Identifikasi kekurangan dan kekuatan pesaing bisnis anda dapat dilaksanakan melalui tahap-tahap seperti berikut ini:

1. Mencari data mengenai segala sesuatu yang bersangkutan dengan sasaran, strategi dan kinerja pesaing.

2. Mencari tahu kekuatan pesaing dalam urusan keuangan, sumber daya manusia, teknologi serta lobi di pasar

3. Mengetahui market share yang dikuasai pesaing

4. Mencari tahu kekurangan pesaing dalam urusan keuangan, sumber daya manusia, teknologi serta lobi di pasar

Strategi Menghadapi Pesaing

Strategi menghadapi pesaing bisnis dapat dilaksanakan dengan teknik membuat langkah-langkah terbaik dan kreatif dalam membuat dan memanfaatkan peluang.

Strategi untuk menghadapi pesaing bisnis dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Strategi pemimpin pasar (market leader)

Pemimpin pasar meliputi sejumlah hal seperti membuat produk baru, menyerahkan promosi, menambah kualitas produk yang telah ada dan hal-hal yang berbeda sebelum dipakai oleh pesaing.

2. Strategi penantang pasar

Penantang pasar tak berbeda dengan menantang pemimpin pasar dalam bersaing. Bukan tidak mungkin posisi pasar yang dipegang oleh pemimpin pasar dapat diambil alih oleh penantang pasar. Dalam mengerjakan starateginya, penantang pasar tidak jarang mendahului pemimpin pasar contohnya dalam urusan peluncuran produk baru, penurunan harga atau pemberian promosi besar-besaran.

3. Strategi Pengikut Pasar

Pengikut pasar adalah pesaing yang hanya mengkuti pekerjaan pemimpin dan penantang pasar. Setiap perbuatan atau tahapan yang dilaksanakan oleh penantang dan pemimpin pasar, selalu dibuntuti oleh pengikut pasar.

4. Strategi Relung Pasar

Relung pasar adalah pemain yang mempunyai lingkungan tersendiri tanpa diprovokasi oleh pesaing bisnis  lainnya. Posisi ini mempunyai celah tersendiri di dalam pasar. Terkadang posisi ini tidak terlampau dipedulikan oleh pemimpin pasar atau penantang pasar. Tujuan utama yang dijalankan oleh relung pasar ialah dapat hidup terus dalam usaha dengan perkembangan sedang.

Selain itu, berikut ini lima strategi pemasaran supaya bisnis anda menjadi sukses di pasaran:

1. Fokus pada target pasar Anda

Siapa pelanggan Anda? Siapa yang akan Anda targetkan? Siapa yang menciptakan keputusan? Tentukan teknik terbaik untuk mencapai calon pelanggan.

2. Perhatikan bisnis pesaing anda

Rencana pemasaran Anda harus memisahkan Anda dari pesaing bisnis Anda, dan Anda juga tidak dapat menonjol kecuali tahu pesaing Anda. Maka dari itu, ketahui pesaing dengan teknik mengumpulkan informasi mengenai produk, layanan, kualitas, harga, dan kampanye iklan mereka.

3. Pasarkan produk anda

Program pemasaran Anda harus secara konsisten memperkuat dan memperluas produk Anda. Sebelum Anda mulai menjual bisnis Anda, pikirkan mengenai bagaimana Anda hendak memasarkan bisnis dan produk serta layanan Anda. Pemasaran ialah sebagai wajah untuk menarik pelanggan potensial maka dari itu jadikan produk Anda terbaik dari yang terbaik.

4. Fokus pada manfaat

Rencana pemasaran Anda harus secara jelas mengidentifikasi kegunaan yang akan diterima pelanggan. Fokus pada apa yang pelanggan dapatkan, bukan pada apa yang Anda berikan saja.

Itu dia strategi menghadapi pesaing bisnis dan cara mengidentifikasinya. Jika anda sudah tahu siapa pesaing bisnis anda dan strategi apa yang tepat untuk menghadapinya. Pasti bisnis anda akan lebih sukes dari pesaing bisnis anda.

Jika bisnis anda membutuhkan software erp yang bisa membantu segala jenis usaha anda, anda bisa klik disini.

Recent Posts