Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis

 In Bisnis, Strategi Bisnis

Ingin memulai bisnis usaha baru bukan perkara yang mudah, begitu juga mempertahankan bisnis yang sudah berjalan jauh lebih sulit. Salah satu tantangan terberat dalam mempertahankan sebuah bisnis atau memulai bisnis adalah menghadapi persaingan di pasar. Persaingan bisnis tentunya bukan hal baru lagi, setiap segmen pasar akan selalu dihadapkan pada persaingan baik yang berpeluang besar ataupun peluang rendah. Dari tahun ke tahun persaingan bisnis selalu mengalami peningkatan ditambah lagi dengan terbukanya pasar bebas membuat bertambahnya kompetitor bisnis dari luar negeri.

Tinggi rendahnya persaingan bisnis dapat diukur dari tingginya permintaan oleh pasar, semakin banyak maka semakin ketat pula persaingannya dan sebaliknya. Keadaan semacam inilah yang membuat para pelaku bisnis harus menggunakan berbagai macam cara agar mampu menghadapi persaingan bisnis yang begitu ketat. Buat kalian yang bingung mencari cara, berikut ini beberapa strategi menghadapi persaingan bisnis antara lain:

  1. Tentukan target pasar

Saat akan memulai bisnis atau mempertahankan bisnis tentunya kalian sudah paham kemana dan bagaimana target pasar bisnis kalian. Pastikan cakupan target bisnis kalian luas, jangan memilih pasar yang sempit karena berpengaruh besar terhadap perkembangan dan kestabilan bisnis kalian. Penentuan target pasar juga dapat dilihat dari seberapa banyak permintaan oleh pelanggan dan memiliki perkiraan dalam jangka panjang. Target pasar yang sempit/ sedikit akan membuat bisnis kalian sulit berkembang dan cenderung berjalan ditempat, tidak jarang malah akan gulung tikar nantinya.

  1. Pelajari pesaing bisnismu

Setelah mengetahui dan menentukan target pasar bisnis kalian, selanjutnya adalah mempelajari siapa dan bagaimana pesaing bisnis kalian. Dimana kalian harus mempelajari dengan teliti kelebihannya, management oprasionalnya, kualitas produknya, dan juga apa saja titik kelemahannya. Dengan mempelajari hal – hal yang menyangkut pesaing bisnis akan mempermudah kalian dalam menghadapinya, bahkan memungkinkan kalian untuk berkembang lebih baik.

  1. Mengutamakan kualitas

Untuk dapat bertahan dalam persaingan yang ketat kalian harus menjaga dan mengutamakan kualitas produk/ jasa sebagai prioritas bisnis. Kualitas dan pelayanan yang baik akan mendatangkan banyak pembeli serta membuatnya menjadi pelanggan loyal bisnis kalian. Persaingan bisnis yang ketat membuat kalian harus lebih mengutamakan kualitas dibandingkan dengan keuntungan, karena keuntungan akan datang sendiri jika kualitas bagus dimata pelanggan.

  1. Membuat perbedaan

Saat kalian dapat mempelajari dengan baik pesaing kalian dan menemukan celah kelemahannya, saatnya kalian membuat perbedaan pada produk/ jasa yang ditawarkan bisnis kalian. Buatlah inovasi dan modivikasi dari kelemahan pesaing bisnis kalian agar produk yang dihasilkan lebih unggul. Perbedaan tidak hanya dari produknya saja melainkan juga pada cara pelayanan, penyajian dan pemasarannya.

  1. Melangkah maju

Jangan cepat puas dan selalu berada di zona nyaman, ini merupakan hal yang wajib dihindari oleh para pengusaha bisnis. Cepat merasa puas malah dapat membuat bisnis kalian sulit berkembang dan bahkan ditinggalkan oleh konsumen. Jika bisnis kalian lebih unggul pasti pesaing akan menirunya, sehingga bisnis kalian harus terus berlari membuat inovasi agar pesaing tidak dapat mengejarnya. Inovasi bisa didapatkan dalam berbagai cara mulai dari melihat perkembangan teknologi, tren masa kini dan perkembangan segmen pasar.

Demikianlah ulasan dari strategi menghadapi persaingan bisnis paling jitu yang dapat kalian terapkan agar terus berkembang dan lebih maju dibandingkan dengan para pesaing kalian. Jangan mudah puas dan memilih zona nyaman sebagai pilihan karena akan membuat bisnis semakin tertinggal jauh dari perkembangan jaman.

Bisnis anda membutuhkan software akuntansi sebagai aplikasi pembukuan perusahaan? Coba Keysoft Sekarang !

Recent Posts