Strategi marketing dalam menarik perhatian konsumen

 In Strategi Bisnis

Strategi Marketing – Apabila anda menjalankan sebuah bisnis, maka kebanyakan cara pasti akan dilakukan untuk menarik konsumen sebanyak banyaknya. Hal ini tentu dilakukan dengan berbagai cara seperti menambah pendapatan bisnis hingga memenangkan persaingan di pasar. Salah satu usaha adalah dengan menentukan dan membuat Strategi marketing unik yang sekiranya dapat disukai dan efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan. Meskipun kelihatannya mudah, sebenarnya hal ini cukup tricky atau membutuhkan strategi marketing yang tepat sehingga biaya tak akan terbuang sia sia karena membuat sebuah event. Anda tidak mau bukan event yang nantinya dibuat justru sepi peminat?

Bagi anda yang ingin membuat strategi marketing unik untuk menarik konsumen, berikut ini ada beberapa ide yang bisa anda coba beserta tips nya :

  • Membuat Event Berhadiah

Siapa yang tidak suka hadiah? Setiap orang pasti menyukai hal hal yang menguntungkan termasuk konsumen atau calon konsumen anda. Karena itulah, salah satu ide strategi marketing menarik yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat event berhadiah. Cara ini sangat ampuh untuk menarik perhatian banyak orang karena setiap orang pasti tertarik dengan event atau perlombaan dengan hadiah di dalamnya. Misalnya saja anda bisa membuat event jalan sehat dengan beragam doorprize di dalamnya atau mungkin membuat acara menggambar untuk anak anak dengan menawarkan hadiah dan piagam. Yang penting adalah sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, trend yang ada, dan tentu saja jangan lupa untuk menyelipkan strategi marketing anda dalam event tersebut.

  • Bonus dan Garansi

Masih tentang hal hal yang menguntungkan. Setiap konsumen pasti berharap barang yang mereka beli berkualitas dan awet. Tak jarang ada beberapa konsumen yang masih ragu untuk membeli produk atau menggunakan jasa karena mereka tak cukup yakin dengan kualitasnya. Untuk hal ini anda bisa mencoba untuk memberikan garansi pada setiap produk atau jasa yang anda miliki. Selain itu, tak ada salahnya untuk membuat program bonus untuk beberapa transaksi yang dilakukan oleh konsumen dengan bisnis anda. Yang harus anda ingat adalah bonus bukan berarti sesuatu yang mahal dan tinggi. Anda bisa mencari ide untuk memberikan bonus yang menarik bagi pelanggan, sekaligus tak merugikan bisnis yang sedang anda jalankan. Misalnya saja ide untuk memberikan bonus berupa buy one get one free, dan lain sebagainya.

  • Ilusi tentang Hal Hal Kecil

Program unik ini sangat menarik, menguntungkan perusahaan, dan seringkali tak disadari oleh konsumen. Anda bisa memberikan ilusi pada hal hal kecil seperti misalnya untuk pemberian harga. Anda bisa memberikan harga untuk sebuah produk seperti contohnya Rp 15.990,-. Cara ini akan menciptakan ilusi ke dalam pikiran mereka bahwa barang yang mereka beli hanya berharga Rp 15.000 an saja meskipun sebenarnya harga tersebut mencapai Rp 16.000. Cara ini ternyata sangat ampuh untuk menarik konsumen, namun kelemahannya adalah anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk mempertahankan loyalitas mereka. Mengapa? Hal ini karena sebenarnya harga terbaik adalah harga yang bulat sehingga konsumen dapat memperkirakan pengeluaran mereka dan tidak shock ketika tengah berada di kasir. Misalnya saja untuk harga diatas. Konsumen masih memiliki hak kembalian sekitar Rp 10,-. Namun, Indonesia tak memiliki pecahan ini. Itulah beberapa program unik yang bisa anda terapkan untuk menarik konsumen. Sebaik baiknya program tentu adalah yang menarik dan menguntungkan semua pihak; baik anda sebagai pengusaha atau konsumen.

Anda sedang mencari software yang dapat membantu anda dalam membuat strategi marketing dengan mudah dan cepat ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Pelanggan Potensial