Strategi Dalam Affiliate Marketing Yang Harus Anda Lakukan

 In Bisnis

Strategi dalam Affiliate Marketing – Strategi merupakan kunci utama untuk sebuah bisnis mencapai tujuannya dan tentunya berkat perkembangan teknologi juga, sekarang terdapat banyak jenis strategi marketing yang bisa anda pakai. Contohnya internet marketing, social media marketing, viral marketing, affiliate marketing, dan lain sebagainya.

Namun, dari strategi marketing yang disebutkan tadi, dapat dikatakan kalau affiliate marketing merupakan jenis marketing yang paling berpotensi untuk menghasilkan penjualan dan meraih keuntungan besar. Mungkin anda bertanya memangnya apa itu affiliate marketing. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu affiliate marketing?

Affiliate marketing merupakan strategi marketing yang dilakukan dengan memberi komisi kepada affiliate atau seorang afiliasi setiap kali dia berhasil menjual produk atau jasa suatu perusahaan.

Contoh sederhananya, anda sebagai afiliasi berhasil menjual produk atau jasa suatu perusahaan, maka secara otomatis anda akan diberi komisi oleh perusahaan yang anda ajak untuk bekerja sama.

Hal ini berarti semakin banyak penjualan, maka semakin banyak komisi yang bisa anda dapat. Kalau anda sendiri seorang pengusaha, maka anda bisa melihat kalau affiliate marketing bisa memperluas jangkauan produk atau jasa anda ke pasaran, bahkan data juga menunjukan kalau 79% perusahaan menggunakan affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan mereka.

5 Strategi ampuh dalam menjalankan affiliate marketing

Melihat manfaat yang bisa anda dapat dari affiliate marketing, tentu saja, untuk menjalankan affiliate marketing perlu adanya strategi. Strategi dalam affiliate marketing harus anda maksimalkan agar anda mendapatkan  keuntungan dalam affiliate marketing. Maka dari itu 5 strategi ini harus anda coba saat anda melakukan affiliate marketing.

1. Pilih afiliasi yang tepat

Kunci utama affilate marketing yaitu mengandalkan koneksi afiliasi anda untuk memasarkan produk atau jasa, tetapi anda perlu berhati-hati ketika memilih afiliasi karena beberapa afiliasi tidak bisa mendapatkan konsumen atau websitenya hanya mendapatkan sedikit pengunjung sehingga hal ini hanya akan menghambat perkembangan penjualan anda.

Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika memilih afiliasi:

  • Memiliki catatan bagus dengan konsumen sebelumnya.
  • Memiliki audiens yang sepertinya akan tertarik dengan produk/jasa anda.
  • Memiliki website atau yang mendapat banyak pengikut, kunjungan, dan otoritas.

2. Pilih media promosi yang tepat

Mengetahui dari mana datangnya konsumen anda sangat penting sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk memilih media promosi apa yang digunakan oleh afiliasi anda.

Namun, media promosi tidak harus selalu media online seperti media sosial, website, webinar, dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakan media promosi tradisional seperti koran, majalah, dan tv kalau jangkauan usaha anda masih bersifat lokal.

3. Maksimalkan copywriting

Copywriting memiliki peranan penting dalam affiliate marketing karena ketika calon konsumen mengunjungi situs page anda dan melihat kalau pesan yang anda tawarkan tidak dapat menarik minat mereka untuk membeli, maka segala usaha anda dalam menjalankan strategi marketing terbuang dengan sia-sia.

Jadi, baik website anda atau affiliate anda harusnya memiliki pesan yang mengandung ilmu copywriting seperti terbatas, diskon 20%, dapatkan sekarang, dan sebagainya, mulai dari judul sampai isi, semuanya harus bisa menarik perhatian pembeli.

4. Tawaran kupon atau promosi

Konsumen suka dengan adanya penawaran spesial seperti kupon atau promosi karena hal ini berarti, mereka akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit daripada biasanya sehingga anda harus masukkan penawaran spesial ini untuk meningkatkan penjualan anda.

Anda dapat bekerja sama dengan situs terpercaya yang memiliki banyak audiens dan masukkan kode kupon atau promosi di situs afiliasi anda. Hal ini tentunya akan menarik customer baru dari bisnis anda.

5. Optimasikan halaman page anda

Dalam affiliate marketing, anda tidak bisa selamanya mengandalkan bantuan afiliasi karena afiliasi hanya bertugas untuk mengarahkan konsumen ke website anda dan sisanya, masih ada di tangan anda.

Oleh karena itu anda perlu mengoptimasikan halaman page anda, mulai dari kecepatan server, tampilan halaman yang menarik, dan informasi jelas tentang produk/jasa anda sehingga calon pelanggan akan lebih senang untuk berkunjung ke website anda.

Itu dia tadi beberapa strategi dalam Affiliate marketing yang perlu anda terapkan. Strategi-strategi ini terbukti ampuh saat anda menjalankan Affiliate Marketing. Selain itu anda harus memantau afiliasi anda agar anda mengetahui apa afiliasi itu memberikan keuntungan.. untuk  memberikan keuntungan dan efisiensi dalam bisnis anda, anda juga harus menggunakan Software. Software yang dapat menguntungkan anda adalah software yang dapat mengotomatiskan seluruh aktivitas bisnis anda dengan harga terjangkau. Tentu anda akan mendapatkan keuntungan ini dengan menggunakan Software ERP dari Keysoft. Dengan harga terjangkau, Keysoft sudah dipercaya lebih dari 400 bisnis di hampir seluruh Indonesia. Harga yang mulai dari 9 juta saja, ditambah dengan tidak adanya perpanjangan license pastinya akan menghemat pengeluaran bisnis anda kedepannya. Software ERP juga sudah termasuk fitur akuntasi dan sebagainya. Anda juga dapat mengonsultasikan kebutuhan Software ERP anda secara gratis dengan Keysoft dengan klik disini.

Recent Posts