Software ERP Dalam Membantu Laporan Keuangan Akhir Tahun

 In Software ERP

Setiap perusahaan wajib membuat laporan keuangan akhir tahun karena dengan adanya laporan ini, perusahaan dapat mengukur kondisi keuangan dan kinerja operasional perusahaan di Desember secara akurat dan tepat sehingga bisa diserahkan ke pihak manajemen untuk diambil keputusan.

Namun, dalam proses pembuatannya, perusahaan sering mengalami kesulitan karena pembuatan laporan keuangan akhir tahun memerlukan waktu yang lama dan tingkat ketelitian yang tinggi.

Di era digital sekarang ini, perusahaan tidak perlu pusing-pusing lagi dalam membuat laporan keuangan akhir tahun karena sekarang ini sudah ada namanya software ERP yang siap membantu perusahaan mengatur kegiatan operasionalnya di setiap saat.

Pengertian software ERP

Software ERP merupakan jenis software yang dirancang secara khusus untuk membantu perusahaan atau organisasi manapun dalam mengatur kegiatan operasional yang biasanya memakan terlalu banyak waktu dan perlu dilakukan berulang-ulang secara otomatis.

Contohnya, manajemen waktu, penggajian karyawan, memantau proses produksi, menghitung persediaan barang dagang, mencatat transaksi penjualan atau pembelian, manajemen sumber daya manusia, termasuk pembuatan laporan keuangan akhir tahun.

Anda sedang membutuhkan Software ERP? Dapatkan Info tentang Software ERP disini.

Bagaimana cara software ERP membantu laporan keuangan akhir tahun?

Software ERP memang berperan penting dalam menjalankan perusahaan, tetapi bagaimana software ini bisa memudahkan perusahaan membuat laporan keuangan akhir tahun? Apa prosesnya?

Untuk itu, agar anda bisa tahu bagaimana software ERP membantu laporan akhir tahun. Anda bisa memperhatikan ulasan berikut dengan cermat.

1. Fitur pengerjaan otomatis

Laporan keuangan akhir tahun membutuhkan informasi yang cukup banyak di setiap bulannya agar bisa mendapatkan hasil data yang akurat. Contoh informasi yang diperlukan untuk membuat laporan keuangan akhir tahun yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, arus kas, dividen, dan sebagainya.

Jika, anda mengerjakan semua laporan itu secara manual, anda pastinya tahu kalau anda akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga, tetapi jika anda menyerahkan semua laporan itu ke software ERP, maka software ERP secara otomatis akan mengerjakannya dengan cepat, lalu mengumpulkan semuanya untuk diproses sebagai bahan pertimbangan pembuatan laporan ini.

Dari sini, anda bisa tahu kalau anda bisa lebih fokus mengerjakan hal yang lebih penting untuk perkembangan perusahaan anda dan bisa saja, jika dulunya anda membutuhkan tenaga akuntansi yang banyak. Dengan software ERP, anda akan memerlukan sedikit tenaga akuntansi.

2. Menyederhanakan hasil laporan keuangan

Ketika semua informasi yang diperlukan untuk pembuatan laporan keuangan telah terkumpul, software ERP akan mengumpulkan semua hasil datanya berdasarkan kategori standarnya dan diubah menjadi satu laporan keuangan yang komprhensif dan lebih sederhana.

Selain itu, software ini akan menunjukan kepada anda mengenai tren penjualan dan pertumbuhan terbaik dalam satu tahun sehingga sangat cocok untuk anda kirimkan kepada para investor agar mereka bisa tahu perkembangan perusahaan anda untuk kedepannya.

3. Peramalan jangka panjang

Tidak sampai di pembuatan laporan keuangan saja, software ERP juga membantu pihak pengambil keputusan dalam meramalkan pengeluaran dan pemasukan kas untuk tahun berikutnya dan seterusnya.

Hal ini dikarenakan di saat software ERP mengumpulkan data terkait pengembangan laporan keuangan akhir tahun, software ERP akan melakukan analisis data yang lebih akurat dibandingkan analisis konvensional dan melacak inventaris serta mencatat penjualan di setiap bulan sehingga dengan data yang dimiliki, software ERP juga dapat memperkirakan hasil laporan yang pastinya akan memuaskan pihak ketiga.

Dengan adanya Software ERP, maka laporan keuangan akhir tahun perusahaan anda akan sangat terbantu. Jika anda membutuhkan Software ERP dengan Harga terjangkau mulai dari 9 juta saja anda dapat menggunakan Keysoft. Klik disini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Keysoft ERP. Anda juga dapat mengonsultasikan kebutuhan Software ERP anda gratis dengan klik disini. Selain itu Keysoft juga tidak ada biaya perpanjangan license. Tunggu apalagi? Hubungi Keyoft sekarang!

Recommended Posts