Software Akuntansi Yang Banyak Digunakan Di Indonesia

 In Akuntansi

Pada kesempatan ini, kita akan membahas software akuntansi apa saja yang banyak digunakan di Indonesia. Umumnya setiap badan usaha memiliki departemen akuntansi sebagai divisi vital bagi perusahaan untuk memonitoring serta mengelola keuangan. Ditambah jika perusahaan tersebut dalam ruang lingkup yang besar pastinya membutuhkan sarana pengelola data akuntansi untuk mempermudah.

Perkembangan teknologi masa kini yang semakin meningkat membuat banyak perusahaan memanfaatkan sarana tambahan berupa software akuntansi. Apa yang kamu ketahui dari software akuntansi? Ya, software akuntansi merupakan perangkat lunak pada komputer sebagai alat pengelola data keuangan dalam suatu perusahaan. Perangkat lunak ini memanfaatkan konsep modularitas untuk mengubah aktivitas keuangan mejadi lebih praktis dan cepat. Seperti laporan arus kas, penjualan, pembelian, jurnal, buku besar dan lain sebagainya.

Perusahaan besar tentunya membutuhkan sekali software akuntansi untuk mengelola keuangan, namun tidak jarang pula perusahaan sekala kecil juga sudah menggunakan perangkat lunak ini. Sudah beragam produk software akuntansi yang beredar di pasaran, mulai aplikasi gratis hingga berbayar. Berikut ini adalah software akuntansi yang banyak digunakan di Indonesia antara lain:

  1. Software Accurate

Sepertinya software akuntansi yang satu ini sudah tidak asing di masyarakat, software yang telah ada selama 17 tahun di Indonesia. Accurate merupakan software akuntansi paket dengan modul yang cukup lengkap untu memenuhi kebutuhan para UKM di Indonesia. Harganya cukup beragam dari 9juta-an hingga 38juta

  1. Keysoft

Software akuntansi yang satu ini sangat populer karena dapat membantu melaporkan keuangan secara real time. Hal ini akan mempermudah perusahaan dalam pengambilan keputusan dengan tepat dan cepat. Keysoft juga dilengkapi dengan mobile application untuk mempermudahkan pengguna menginput data, transaksi, dan laporan keuangan secara cepat. Harganya sendiri sangat murah dengan biaya 5 jutaan untuk 2 lisensi investasi, cocok untuk segala jenis usaha bisnis.

  1. FINA

Software akuntansi satu ini memiliki fitur modul yang sangat lengkap dan sudah digunakan oleh 500 perusahaan di Indonesia. Kemampuan serta ketepatannya dalam melaporkan keuangan menjadikan FINA cukup mahal untuk jenis CC 20 jutaan, AW 35 jutaan, dan distro 60 jutaan. Setiap jenis software yang dibeli masih harus menambahkan biaya tambahan untuk penambahan user pada komputer sebesar 3,3 juta.

  1. MAS

Software akuntansi MAS sudah dikembangkan sejak tahun 1980 an dan sudah banyak dipakai oleh perusahaan ternama. Walaupun hanya menyediakan modul standart didalam perangkat lunaknya, namun software ini sangat mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan. Harga dari MAS cukup murah mulai dari 4 jutaan hingga puluhan juta dengan bonus training pengoprasian gratis bagi pengguna.

  1. Zahir accounting

Software akuntansi mendapatkan julukan sebagai best business management software karena perangkat lunak ini asli produksi anak dalam negeri. Modul didalam perangkat lunak ini masuk dalam akuntansi paket custom baik untuk small bisnis, personal standart, hingga skala perusahaan besar. Software akuntansi ini dapat diakses secara online dan juga mampu menjaga keamanan data pengguna dengan amazon web service. Harga dari software ini mulai dari 2 jutaan hingga 25 juta untuk versi dekstop, sedangkan versi online mulai dari 500 ribu sampai 900 ribu perbulannya. Perusahaan juga dipermudah dengan penambahan user serta custom fitur sesuai kebutuhan secara gratis.

Itulah 5 software akuntansi yang banyak digunakan di Indonesia, kemudahan dan ketepatan mengelola keuangan perusahaan cukup dengan menggunakan perangkat lunak.

 

Recommended Posts