Kelebihan dan Kekurangan Software Akuntansi Online

 In Akuntansi

Pemakaian software akuntansi sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil sehingga lebih mempermudah mengerjakan proses-proses akuntansi seperti penjurnalan, penyusunan laporan keuangan, penyusunan susunan gaji, dll. Didasari oleh maraknya pemakaian software atau perangkat lunak akuntansi ini, developer software juga berlomba-lomba untuk meluangkan software yang terbaik guna perusahaan-perusahaan tersebut. Software yang ada juga semakin berkembang pesat dan semakin gampang untuk digunakan.

Trend yang terjadi terhadap semua pengusaha ada saat ini ialah sedang popular-populernya aplikasi akuntansi dan tidak sedikit sekali ditelusuri oleh semua pengusaha dari sekian banyak lapisan, mulai dari pengusaha yang berskala Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga yang berskala besar sejenis perusahaan Manufaktur. Rata-rata persoalan mereka ialah sama, yaitu memerlukan adanya pertolongan dari pemakaian software akuntansi sebab mengalami kendala pada penyusunan laporan keuangannya atau sebab dikejar-kejar deadline yang memaksa mesti beraksi cepat dalam hal data-data finansial internal perusahaan. Penyebab utama dari persoalan tersebut ialah karena paling minimnya pengetahuan mengenai akuntansi dan kekurang mampuan dalam menyimak dan mengelola laporan keuangan.

Software akuntansi sendiri ketika ini terbagi menjadi 2 jenis yang seringkali dipakai oleh tidak sedikit pengusaha, yakni :

  1. Software Akuntansi Berbasis Desktop.
  2. Software Akuntansi Berbasis Web (Online).

Dengan aplikasi akuntansi yang berbasis web, maka user tidak butuh repot-repot menginstall aplikasinya lagi di komputer. Anda hanya bisa buka software web browser yang telah tersedia lalu bermukim membuka URL dari software akuntansi yang berbasis online tersebut. Nah, diantara sejumlah keunggulan-keunggulan dari aplikasi akuntansi yang berbasis web ialah sebagai berikut :

  1. Dapat Meningkatkan Introprabilitas. Dengan memakai sistem akuntansi berbasis web khususnya untuk jenis industri, memungkinkan perusahan dapat menjangkau tingkatan introprabilitas yang jauh lebih banyak diantara aplikasi bilamana dibanding menggunakan sistem aplikasi akuntansi berbasis desktop yang paling terisolasi.
  2. Dengan aplikasi akuntansi berbasis web Anda bisa dengan gampang menjalankan software tersebut dimanapun dan kapanpun Anda berada (asalkan terdapat koneksi internet) tanpa mesti mengerjakan penginstalan terlebih dahulu.
  3. Berhubugan dengan adanya isu lisensi (hak cipta) seperti halnya dengan aplikasi yang berbasis desktop, Anda tidak memerlukan lisensi lagi saat sudah memakai software web based application, sebab lisensi telah menjadi tanggungjawab personal dari web yang menyediakan software akuntansi tersebut.
  4. Dapat dengan gampang dijalankan pada system operasi manapun. Tidak mesti pada windows sama halnya dengan operasi system linux, windows, mac software berbasis web ini bisa dijalankan asalkan Anda telah memiliki software browser dan akses internet.
  5. Dapat diakses melalui lebih banyak media dan perlengkapan seperti: Komputer/Laptop yang sudah cocok dengan standard WAP, bahkan pun komputer tablet.
  6. Tidak memerlukan spesifikasi dari komputer yang terlampau tinggi supaya dapat menggunakan software berbasis web ini, sebab sebagian besar prosesnya dilaksanakan pada web server penyedia dari software yang berbasis web ini.

Kekurangan-Kekurangan dari Software Akuntansi yang Berbasis Web (Web Based) Adalah :

  1. Membutuhkan adanya koneksi internet dan internet yang terkoneksi mesti bagus dan stabil, urusan ini sebetulnya bertujuan supaya pada saat software (program akuntansi berbasis web) dijalankan bakal berjalan dengan baik dan lancar tidak merasakan gangguan atau error ketika operasional sedang berlangsung.
  2. Membutuhkan sistem keamanan yang lebih baik dikarenakan software hanya dijalankan secara terpusat, sehingga bilamana sewaktu-waktu server yang sedang di pusat sedang merasakan down maka sistem software tidak dapat berjalan dengan lancar.
Recommended Posts