Sistem persediaan : 5 Cara mengelolahnya

 In Uncategorized

Kegiatan mengelola sistem persediaan merupakan kegiatan terutama bagi mereka yang bergerak dalam industri manufaktur atau perusahaan ritel yang memiliki banyak cabang.

Pengelolaan sistem persediaan dapat menjamin kemudahan perusahaan dalam mendistribusikan jumlah barang yang dipesan dan membantu perusahaan dalam menentukan berapa banyak barang yang harus disimpan.

Namun, pengelolaan yang tidak baik bisa merugikan perusahaan banyak biaya karena barang yang disimpan terlalu lama bisa membuat barangnya cepat rusak, sedangkan barang yang terlalu cepat dikeluarkan bisa membuat perusahaan dalam memenuhi permintaan pasar di masa mendatang.

Maka dari itu, pengelolaan sistem persediaan dengan baik sangat diperlukan untuk memperlancar jalanya perusahaan. Untuk melakukannya, terdapat 5 cara mudah yang bisa anda gunakan untuk mengelola system persediaan.

Berikut 5 cara mudah yang anda dapat gunakan :

  1. Ketahui sistem persediaan

Sebelum mengelola sistem persediaan, anda harus mengetahui dulu cara kerja sistem persediaan itu sendiri karena banyak sekali pengusaha yang masih belum memahami sistem persediaan sehingga ketika mereka mulai mengatur persediaan barangnya, mereka tidak dapat mengelola persediaan dengan baik hingga sering menyebabkan kerugian.

Maka dari itu, anda harus mengetahui sistem persediaan mana yang paling cocok untuk kondisi perusahaan anda. Biasanya, sistem persediaan yang digunakan oleh perusahaan adalah sistem perpetual dan sistem periodik.

Sistem periodik merupakan sistem yang mencatat arus masuk dan keluar stok dalam pembukuan. Sistem periodik adalah sistem yang mencatat jumlah stok di akhir periode untuk kebutuhan pembukuan. tergantung dengan preferensi anda, anda bisa memilih sistem yang berbeda.

  1. Lakukan perencanaan dan proyeksi persediaan

Setelah anda menentukan sistem persediaan yang akan digunakan. Selanjutnya, anda perlu melakukan perencanaan dan proyeksi persediaan. Hal ini berguna untuk menghindari hal yang merugikan seperti jumlah stok yang lebih atau kurang.

Pastikan perencanaan dan proyeksi persediaannya tersusun degan rapi dan siap dieksekusikan sehingga hal merugikan bisa dihindari dan anda akan memiliki kemudahan dalam memperkirakan jumlah stok yang harus disimpan untuk memenuhi permintaan pasar.

  1. Tentukan Standard Operating Procedure (SOP)

Pengelolaan sistem persediaan barang mungkin mudah dilakukan jika perusahaan anda masih termasuk sebagai bisnis kecil hingga menegah, tetapi bagaimana jadinya jika perusahaan anda sudah berkembang dan memiliki banyak cabang? Apakah anda bisa mengawasi prosesnya secara langsung?

Tentunya, jika perusahaan anda seperti itu, anda harus memperkerjakan manajer atau supervisor. Ketika memperkerjakan manajer atau supervisor, pastikan mereka bisa menguasai Standard Operating Procedure (SOP) seperti SOP proses masuk dan keluarnya barang, SOP penyimpanan, SOP pelaporan persediaan, dan pengadaan stok.

Dengan ini, kesalahan seperti human error bisa diminimalisir sehingga jumlah barang yang disimpan selalu tepat.

  1. Buat jadwal persediaan

Selanjutnya adalah membuat jadwal persediaan. Tujuannya, yaitu mempermudah anda dalam mengelola persediaan. Tentukan jadwal pembelian dan jadwal persediaan itu akan keluar dari gudang. Sehingga segala risiko kerugian seperti barang rusak atau kadaluwarsa bisa dihindari.

  1. Hitung anggaran persediaan

Terakhir anda perlu menghitung anggaran yang digunakan untuk membeli persediaan barang. catat semua HPP dan harga jual setiap barang sehingga anda bisa memperkirakan pendapatan yang bisa didapat jika barang tersebut berhasil dijual di pasaran.

Jika anda perhatikan baik-baik, pengelolaan sistem persediaan ini dapat memakan banyak waktu dan tenaga sedangkan sebagai pengusaha, anda memiliki kegiatan yang lebih penting seperti mengembangkan perusahaan.

Maka dari itu, agar urusan pengelolaan persediaan anda bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kehadiran anda, software ERP bisa membantu anda menangani masalah ini.

Software ERP memiliki berbagai fitur yang bisa membantu anda dalam mengani persediaan, mulai dari menghitung persediaan, harga jual rata-rata, mengawasi jumlah barang, membuat proyeksi, dan menentukan jumlah minimum barang yang harus disimpan.

Salah satu pilihan software ERP anda adalah Key ERP Software yang dapat melalui pengawasan persediaan dengan tepat dan aman. Sehingga perhitungan persediaan anda menjadi lebih terjaga dan cepat. Konsultasikan kebutuhan anda sekarang!

Recent Posts
Forecasting Bisnis