Sejarah Software ERP di dunia

 In Akuntansi, All Categories, Software ERP, Uncategorized

Sejarah ERP – Anda pastinya pernah mendengar namanya software ERP karena sebagian besar perusahaan zaman sekarang sudah menggunakannya. Tetapi apakah anda tahu alasan kenapa perusahaan zaman sekarang sering menggunakan software ERP?

Bagi anda yang belum tahu, software ERP banyak digunakan perusahaan karena software ini dapat mengerjakan segala kegiatan operasional perusahaan yang sifatnya berulang-ulang dan tidak memberi dampak apapun terhadap perkembangan perusahaan secara otomatis.

kegiatan operasional perusahaan seperti pencatatan transaksi keuangan, manajemen dan penggajian karyawan, pembuatan laporan keuangan, dan lain-lain merupakan kegiatan yang perlu dilakukan berulang-ulang. Namun, dengan software ERP seluruh kegiatan operasional itu bisa dikerjakan secara otomatis sehingga perusahaan bisa lebih fokus dalam mengembangkan perusahaan mereka.

Melihat manfaat dari software ERP ini, tidak mengherankan jika penggunaan software ini semakin populer. tetapi dari kepopulerannya, ternyata masih banyak orang yang tidak tahu tentang sejarah dibalik software ERP itu sendiri.

Nah, jika anda sendiri tidak tahu sejarah software ERP ini, tetapi ingin mengetahuinya, maka saat ini anda berada di tempat yang tepat karena di penjelasan berikut ini akan menjelaskan sejarah software ERP dan perkembangannya hingga saat ini.

Konsep awal Software ERP

Software ERP atau Enterprise Resource Planning memiliki sejarah yang cukup panjang karena konsepnya sendiri sudah ada sejak tahun 1960-an. Konsep ini muncul karena pada saat itu perusahaan memikirkan cara untuk meningkatkan data saing perusahaan dan cara memaksimalkan sumber daya perusahaan. Dari pemikiran ini terlahirlah konsep sistem Enterprise Resource Planning.

Konsep ini merupakan hasil dari kerja sama perusahaan manufaktur traktor dan alat konstruksi, yakni J.I Case dan perusahaan IT yang bernama IBM. konsep ini tidak langsung melahirkan software ERP, melainkan konsep ini melahirkan software yang bernama Materials Requirements Planning (MRP) yang bertujuan untuk mengurus kebutuhan manufaktur, pembelian, dan distribusi.

Software ERP pertama

15 tahun kemudian, tepatnya di tahun 1975. MRP telah digunakan oleh lebih dari seratus perusahaan besar karena harganya cukup mahal Sehingga software ERP terus mengalami banyak perkembangan untuk membuatnya semakin murah dan semakin banyak digunakan sehingga sampai di tahun 1990, isitilah software ERP baru diperkenalkan secara luas oleh Gartner Group.

Software ERP pada saat itu memiliki fungsi yang cukup banyak seperti mengelola arus kas perusahaan, permesinan, manajemen sumber daya perusahaan, dan memanajemen proyek.

10 tahun berikutnya, software ERP mengalami perkembangan yang cukup maju dan diberi nama ERP II yang dapat terhubung dengan internet sehingga bisa diakses secara real time dan juga menambahkan fungsi baru seperti pengaturan rantai pemasokan, customer relationship management (CRM), dan business intelligence.

Cloud ERP

Di tahun 2005, software ERP berbasis cloud mulai diperkenalkan. Uniknya, software cloud ini dapat dijalankan dengan harga yang lebih murah sehingga hal ini menarik perhatian bisnis UKM untuk menggunakannya.

Selain itu, software ERP ini sudah bisa dijalankan melalui aplikasi atau perangkat mobile. Fungsinya juga semakin banyak dan mampu melakukan analisis data, pelaporan data, dan memiliki tingkat penyimpanan data yang lebih aman.

Software ERP di Indonesia

Software ERP baru memasuki pasaran Indonesia sejak tahun 1990an, tetapi mulai populer ketika versi cloud masuk ke pasaran Indonesia, dan sampai sekarang cukup populer di seluruh bidang perusahaan, mulai dari perusahaan manufaktur, perdagangan, distribusi, jasa, dan sebagainya.

Melihat potensi yang sangat menjanjikan ini, apakah anda ingin terus menunda menggunakan software ERP ? Keysoft ERP merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk membantu anda dalam menjalankan bisnis anda. Konsultasikan kebutuhan anda! Gratis!

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
era-industri-4.0