Seberapa Pentingnya Laporan Keuangan untuk Perusahaan?

 In Akuntansi, Keuangan

Laporan keuangan dan perusahaan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini karena memiliki peranan yang sangat penting untuk sebuah bisnis dan perusahaan. Oleh karena itu, usahakan perusahaan anda selalu memiliki laporan keuangan secara teratur. Lalu, seberapa pentingnya laporan keuangan untuk perusahaan? Berikut ini jawabannya.

  1. Mengetahui Laba dan Rugi Perusahaan

Tentu salah satu alasan pentingnya laporan keuangan untuk perusahaan adalah untuk mengetahui besaran laba atau bahkan rugi yang dialami oleh perusahaan. Semua akan diuraikan dengan detail dalam sebuah laporan keuangan sehingga hasil dari laporan keuangan tersebut dapat dijadikan dasar atau landasan untuk mengambil langkah selanjutnya atau bahkan keputusan yang dirasa paling tepat untuk sebuah perusahaan.

  1. Mengetahui Kondisi Keuangan secara Keseluruhan

Laporan keuangan juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengetahui secara lebih detail mengenai kondisi keuangan sebuah perusahaan secara keseluruhan. Semua aktifitas perusahaan dan hal hal yang berhubungan dengan keuangan akan tercatat di dalam sebuah laporan keuangan. Hal ini wajib untuk dilakukan terutama jika anda menjalankan bisnis atau perusahaan dengan pihak lain. Laporan keuangan ini akan membuat pekerjaan anda jauh lebih mudah, terlebih lagi jika anda juga mempekerjakan orang lain di dalam perusahaan anda.

  1. Mengetahui Jumlah Aset yang Dimiliki Perusahaan Secara Real Time

Perusahaan pasti memiliki aset dan sangat penting untuk selalu mengetahu dan memantau aset tersebut secara rutin. Nah, disinilah peranan pentingnya laporan keuangan untuk perusahaan yang bisa anda nikmati. Laporan keuangan akan mencatat segala perubahan aset yang mungkin saja terjadi sehingga anda bisa tahu dan menghitung aset anda dengan mudah saat itu juga atau secara real time.

  1. Mengetahui Secara Psasti Jumlah Hutang Anda

Ya, selain memiliki asset, kebanyakan perusahaan juga tak dapat dilepaskan dari hutang. Mengetahui berapa jumlah hutang anda dalam periode tertentu atau pada saat itu juga sangat penting untuk dilakukan. Akan fatal akibatnya jika anda tak mengetahui dengan pasti berapakah jumlah hutang yang anda miliki di dalam perusahaan, terlebih lagi jika hutang anda cukup besar. Nah, di dalam laporan keuangan akan selalu dicatat mengenai jumlah hutang anda plus tanggal jatuh temponya. Ini merupakan salah satu pentingnya laporan keuangan untuk perusahaan dimana anda dapat mengelola hutang anda dengan bijak dan tak akan menimbulkan masalah masalah di kemudian hari, khususnya masalah yang berhubungan dengan aspek finansial.

Mengetahui Masa Depan Perusahaan

Selain beberapa manfaat diatas, laporan keuangan juga dapat menjadi sebuah sarana untuk sedikit banyak mengetahu masa depan perusahaan dan kemanakah sebuah perusahaan akan dibawa. Laporan keuangan akan menunjukkan secara detail mengenai segala kondisi yang dialami oleh perusahaan seperti kemajuan, kemunduran, krisis atau bahkan kebangkrutan yang dialami oleh sebuah perusahaan. Intinya, kondisi perusahaan yang terkini akan menjadi sebuah pertimbangan yang matang untuk mengambil keputusan di masa depan.

Itulah beberapa pentingnya laporan keuangan untuk perusahaan. Kini anda mengetahui bukan bahwa laporan keuangan adalah hal yang penting bahkan wajib untuk dilakukan dan dibuat secara berkelanjutan oleh sebuah perusahaan. Namun untungnya, kini laporan keuangan akan semakin mudah dan teliti untuk dibuat karena kini banyak sekali software akuntansi yang tersedia dan dapat anda gunakan. Seperti misalnya key software yang menawarkan banyak fitur yang menarik dan juga berguna.

Laporan Keuangan yang ada dalam key software diantaranya adalah balance sheet, profit and loss, general ledger dan yang lainnya

contoh laporan keuangan

Mari bekerja lebih efektif dan efisien! Anda input transaksinya, Keysoft buat laporannya. Bisnis dan bekerja terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Recommended Posts