Sanksi untuk karyawan, pentingkah?

 In Bisnis, Uncategorized

Sanksi untuk karyawan – Peraturan perusahaan dibentuk oleh pengusaha dan menjadi tanggung jawab dari pengusaha yang bersangkutan. Penyusunan ketentuan perusahaan dilaksanakan dengan menyimak saran dan pertimbangan dari wakil pekerja/ buruh di perusahaan yang bersangkutan.

Peraturan perusahaan bertujuan untuk menjamin keseimbangan antara hak dan kewajiban pekerja, serta antara kewenangan dan kewajiban pengusaha, menyerahkan pedoman untuk pengusaha dan pekerja untuk mengemban tugas kewajibannya masing-masing, membuat hubungan kerja harmonis, pekerja dan pengusaha dalam usaha bersama memajukan dan memastikan kelangsungan perusahaan, serta menambah kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Pengusaha yang mempekerjakan paling sedikit 10 (sepuluh) orang pekerja/buruh wajib menciptakan peraturan perusahaan. Peraturan perusahaan mulai berlaku sesudah mendapat pengabsahan dari Menteri atau Pejabat yang ditunjuk dan ketentuan perusahaan berlaku untuk jangka waktu sangat lama 2 (dua) tahun serta mesti diperbaharui setelah berakhir masa berlakunya.

Apa yang dimaksud peraturan kepegawaian?

Peraturan kepegawaian adalah peraturan tertulis yang memuat aturan-aturan yang mengikat secara umum baik untuk karyawan maupun pengusaha dan disusun sesuai formalitas yang diputuskan dalam Peraturan Perundang-undangan.

Bagaimana dengan ketentuan kepegawaian di Indonesia?

Di Indonesia ketentuan kepegawaian secara umum mengacu pada Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan (UUK) atau lebih dikenal dengan UU Naker dan pun peraturan perundang-undangan yang berhubungan (seperti : KUHPerdata, Undang-undang No. 2 tahun 2004 mengenai Penyelesaian Hubungan Industrial, Undang-undang No. 1 tahun 1970 mengenai Keselamatan Kerja, Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 4 tahun 1994 mengenai THR, Peraturan Pemerintah No. 14 tahun 1993 mengenai Jamsostek, dan sejumlah peraturan perundang-undangan lainnya yang bersangkutan).

Adapun pihak-pihak dalam Hukum Ketenagakerjaan menurut keterangan dari UUK antara lain ialah :

  1. Buruh/ Pekerja (Pasal 1 angka 3)
  2. Pengusaha (Pasal 1 angka 5)
  3. Organisasi Buruh/ Pekerja
  4. Organisasi Pengusaha
  5. Pemerintah/ Penguasa

peraturan kepegawaian dalam sebuah perusahaan merangkum : Peraturan Perusahaan, Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan Perjanjian Kerja.

Mengapa Anda perlu menegakkan sanksi untuk karyawan?

1. Karena anda seorang profesional

Kenapa harus disiplin? Anda sebagai seorang pekerja profesional, telah selayaknya mempunyai sifat disiplin dalam bekerja, dan bagaimana mungkin anda dapat bekerja sebagai seorang profesional yang baik tanpa mempunyai tingkat disiplin yang tinggi? Dan buktikanlah untuk atasan bahwa anda memang pantas untuk menemukan bayaran yang tinggi.

2. Demi menjaga pekerjaan

Pemutusan hubungan kerja sering kali terjadi lantaran kurangnya rasa disiplin yang diterapkan oleh sejumlah pegawai. Lantaran tidak mempunyai rasa disiplin yang baik. Pekerja yang seperti ini, sering kali terlambat dalam datang dan tidak dapat menyelesaikan tugasnya pada masa-masa yang sudah ditentukan. Dan mana terdapat satu perusahaan juga yang hendak mempunyai tipe pekerja yang demikian. Oleh karena tersebut demi menjaga posisi Anda di dalam perusahaan, milikilah rasa disiplin ini.

3. Mempermudah dalam bekerja

Bekerja dengan sikap disiplin yang tinggi tentu dapat memudahkan seseorang dalam menggarap tugasnya. Seseorang yang mempunyai perilaku disiplin yang tinggi akan dapat mengerjakan tugas dengan cepat, lantaran konsisten menggarap tugas yang diserahkan sesuai dengan rencana. Sehingga tidak terdapat satu kegiatan yang terlantarkan dan hasil dari kegiatan yang ia kerjakan akan tidak jarang kali menjadi hasil yang terbaik. Kenapa? Karena ia sudah melakukannya dengan semaksimal mungkin. Karena mempunyai sifat disiplin dapat merangsang seseorang guna menunjukan performa terbaiknya sebab telah menargetkan sesuatu dan tidak pernah berpaling sebelum target tersebut tercapai/ terlaksana.

Maka dari itu sanksi untuk karyawan diperlukan dalam bisnis anda. Agar karyawan anda lebih disiplin dan pastinya bisnis anda akan semakin maju. Selain disiplin, bisnis anda juga perlu software untuk memudahkan dan membantu jenis urusan perusahaan anda. Maka dari itu bisnis anda memerlukan Software ERP. Salah satu software ERP dengan harga terjangkau yang patut anda coba adalah Keysoft. Untuk info lebih lanjut, anda bisa mengunjungi website kami disini.

Recent Posts