Research and Development dalam Meningkatkan Usaha

 In Bisnis, Uncategorized

Research and development merupakan hal yang paling penting bagi sebuah perusahaan untuk tetap bertahan dan berlomba dalam evolusi industri. Para investor akan menyaksikan sebuah perusahaan yang sehat dengan menilai research and development dalam mengevaluasi kinerja masa mendatang terutama saat mengevaluasi suatu investasi jangka panjang.

Ada 5 tahap dalam suatu proses research and development

1. Define

Mendefinisikan masalah-masalah yang timbul ketika proses operasional dan perlu dibicarakan sejelas mungkin. Apa saja hal penyebab dan akibat yang timbul dampak faktor tersebut. Mendefinisikan apapun yang bisa terjadi dengan masalah itu untuk menggali solusi yang tepat.

2. Analyze

Menganalisis keperluan untuk menghasilkan cara-cara pilihan sesudah ditemukan sejumlah masalah yang timbul ketika tahap define dilakukan. Membedakan antara ide-ide baru yang mempunyai potensi, dan ide-ide yang tidak layak. Menganalisa keperluan pasar, serta mencari teknik untuk menambah produktifitas perusahaan

3. Design / Develop

Merancang dan mengembangkan ide-ide pilihan dari tahap analyze, menggabungkan beberapa ide yang saling berhubungan. Meneliti cara kerja, fungsi, dan keuntungan dari ide yang anda pilih.

4. Trial

Melakukan implementasi inovasi dan uji lapangan, merealisasikan dan menyebarluaskan informasi tentang hasil dari penelitian. Trial dilaksanakan untuk menguji apakah produk, jasa atau service ini bisa diterima oleh pihak internal dan eksternal.

5. Evaluate / Revise

Mengevaluasi dan merevisi produk menurut informasi yang anda dapatkan. Menganalisa reaksi pasar terhadap barang yang dipasarkan. Mengevaluasi keakuratan target pasar yang ditentukkan.

Pengembangan produk sebagai hasil dari pekerjaan Research & Development bisa dilihat dari kualitas produk yang lebih baik, atau guna produk menjadi lebih luas, ataupun desain dan penampilan yang lebih menarik.

Sedangkan pengembangan teknologi sebagai hasil dari pekerjaan Research & Development bisa dilihat dari pengembangan bahan baku yang dapat dipakai yang lebih irit dengan kualitas yang lebih baik, pengembangan proses yang lebih efektif dan tepat guna serta pengembangan perlengkapan produksi yang lebih canggih, skala buatan yang lebih banyak dan ongkos yang lebih rendah per unit produknya.

Pengembangan manajemen perusahaan bisa dilihat dari pengembangan sistem perencanaan dan pengendalian, sistem informasi manajemen perusahaan, sistem pengawasan pengembangan teknologi dan system pengendalian proses konseptual, rancangan dan pengembangan.

Salah satu hasil yang terpenting dari pekerjaan research and development ialah peningkatan kualitas produk melewati pengembangan teknologi. Oleh karena itu, proses pembuatan teknologi ini perlu dilakukan, diukur dan diaplikasikan. Hasil proses research and development diukur tingkat yang memberikan kelebihan perusahaan khususnya dalam

  • Diferensiasi produknya perusahaan, atau menghasilkan produk dengan tingkat ongkos yang lebih rendah
  • Meningkatnya faktor kunci keberhasilan
  • Menjadi Pelopor dari barang yang anda buat
  • Memperbaiki struktur industri

Research & Development memegang peranan penting dalam bidang higt-tech, karena cepat pengembangan dalam teknologi. Produk dan proses life cycles yang lebih pendek, serta mengintroduksi atau mengenalkan secara cepat ke dalam pasar. Walaupun Research & Development ini penting dalam menjaga dan menambah posisi produk perusahaan dalam persaingan, namun proyek Research & Development ini merupakan pekerjaan yang resikonya tinggi. Bila Research & Development ini tidak cukup berhasil, maka ada pemborosan dalam sumber-sumber daya, pengeluaran yang lumayan besar, hingga memunculkan kerugian usaha perusahaan.

Faktor –faktor krisis yang menentukan sukses tidaknya proyek research and development yang dilaksanakan antara lain:

  1. Kemungkinan berhasilnya secara teknis
  2. Kelanjutan tersedianya pasar yang ada
  3. Jaminan tersedianya bahan baku

Tidak terpengaruh oleh peraturan-peraturan pemerintah yang tidak menguntungkan. Oleh sebab itu, maka pekerjaan Research & Development butuh dimanajemeni dengan lebih cepat.

Anda sedang mencari software yang dapat membantu anda dalam kegiatan perusahaan ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Kerja LemburSistem Persediaan