Reputasi Perusahaan dan Pengaruhnya Dalam Pasar

 In Bisnis, Marketing

Reputasi Perusahaan dan Pengaruhnya Dalam Pasar – Persaingan bisnis antar Perusahaan yang semakin kompetitif menyebabkan Perusahaan harus memiliki kelebihan kompetitif untuk menjaga kinerja Perusahaannya. Reputasi Perusahaan dirasakan sebagai salah satu kelebihan kompetitif yang bisa menjadi hal yang diperhatikan oleh shareholder Perusahaan.  Semakin baik reputasi perusahaan di mata pasar maka semakin digemari produk/jasa perusahaan itu untuk digunakan. Semakin besar tingkat minat pasar terhadap produk/ jasa maka semakin besar kesempatan perusahaan meningkatkan sales. Dan pada akhirnya semakin besar perusahaan itu konsisten dalam mencetak laba.

Perusahaan dengan reputasi yang baik akan dinilai tinggi oleh pasar. Produk/jasa yang dihasilkanpun akan dihargai tinggi, sebab reputasi mempunyai harga tersendiri. Banyak contoh yang dapat kita temukan. Ada perusahaan menghasilkan produk dengan spesifikasi tidak jauh berbeda, namun dihargai bertolak belakang oleh pasar sebab perbedaan label atau merek. Sama urusannya dengan produk, di sahampun juga. Saham dari perusahaan bereputasi bagus pasti akan dihargai lebih tinggi oleh pasar. Banyak anda temukan bahwa harga saham itu dinilai tinggi walaupun kinerjanya biasa saja.

Reputasi Perusahaan dan Pengaruhnya dalam Pasar

Reputasi Perusahaan Sebagai Image Perusahaan

Apa itu reputasi? reputasi adalah model psikologi yang memprovokasi persepsi kualitas produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan. Paul A. Argenti dan Bob Druckenmiller (2004) mendefinisikan bahwa reputasi perusahaan ialah sebagai campuran dari sekian banyak  macam image yang mewakili sebuah perusahaan. Yang mana reputasi ini dibangun sejak lama yang menurut :

  • Identitas perusahaan,
  • Kinerja perusahaan dan
  • Bagaimana masyarakat mempersepsikan perilaku perusahaan tersebut.

Reputasi tentang sebuah perusahaan didapati oleh publik secara langsung maupun tidak langsung.

Faktor pembentuk Reputasi Perusahaan

Corporate image akan tergantung dari sejumlah faktor seperti:

  •   produk yang diciptakan oleh perusahaan tersebut,
  • tindakan/aktivitas yang dilaksanakan perusahaan,
  • cara bagaimana perusahaan itu mengkomunikasikan untuk konsumen.

Sama halnya merek-merek perseorangan, suatu perusahaan bakal diasosiasikan pada atribut yang bersangkutan dengan produk/ jasa yang dihasilkan. Jadi, nama perusahaan bakal memberi asosiasi yang kuat untuk konsumen terhadap atribut produk, terhadap tipe pemakai, terhadap kondisi pemakaian, atau terhadap penilaian keseluruhan. Dua urusan utama mengenai corporate image yang bersangkutan dengan atribut produk ialah kualitas bagus (high quality) dan innovative

Kunci berhasil pembentukan image perusahaan ialah usaha dari tenaga penjualan dan hubungan mereka dengan konsumen. Jadi, corporate image yang berfokus pada konsumen harus mencakup penciptaan persepsi konsumen bahwa sebuah perusahaan yang responsive dan menyimak konsumennya.

Asosiasi terhadap image perusahaan juga merefleksikan value dan programs dari perusahaan yang dilakukan. Value dan programs itu tidak selalu bersangkutan dengan produk yang dijual. Dalam begitu banyak kasus, usaha-usaha ini dikomunikasikan melewati kampanye pemasaran atau hubungan masyarakat (Public relations). Perusahaan mengkampanyekan image itu untuk menggambarkan untuk konsumen, karyawan atau lainnya bahwa perusahaan paling respek terhadap isu organisasi, sosial, politik, ekonomi, lingkungan, pendidikan, keterbukaan, dsb.

Kredibilitas Perusahaan Bagian Dari Reputasi Perusahaan

Satu urusan yang urgen dari corporate image ialah corporate credibility. Corporate credibility mengacu pada urusan dimana konsumen percaya bahwa sebuah perusahaan dapat mendisain dan menyerahkan produk atau layanan yang cocok dengan keperluan dan kemauan konsumen. Maka dari itu, corporate credibility menjadi bersangkutan dengan reputasi yang dijangkau perusahaan di pasar.

Itu dia Reputasi perusahaan dan pengaruhnya dalam pasar. Reputasi perusahaan sangat penting bagi perusahaan karna baik dari produk maupun saham perusahaan akan sangat dipengaruhi oleh reputasi perusahaan yang baik. Maka dari itu, anda mulai dari sekarang harus memperhatikan reputasi perusahaan anda.

Jika perusahaan anda membutuhkan Software ERP yang pastinya dapat mempermudah bisnis anda, anda bisa menggunakan Keysoft. Keysoft adalah Software ERP yang telah digunakan oleh banyak sekali perusahaan. Info lebih lanjut anda dapat klik disini.

Recent Posts