Rencana Pemasaran Dan Cara Merancangnya

 In Bisnis, Strategi Bisnis

Setiap pebisnis Pastinya merancang rencana pemasaran atau biasa disebut dengan marketing plan dengan sejelas dan sedetail mungkin. Kita semua tahu bahwa aktivitas pemasaran tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak diiringi dengan perencanaan yang matang. Berhasil atau tidaknya suatu rencana pemasaran tergantung pada hasil riset pasar yang sebelumnya telah anda telah lakukan di lapangan.

Jadi ada beberapa hal dalam Rencana Pemasaran (marketing plan) yang harus anda perhatikan :

  1. Membuat Ringkasan

Membuat ringkasan yang berisi tentang sasaran dan rekomendasi yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah anda dalam menyusun rencana pemasaran yang lebih spesifik dan mudah dianalisa

  1. Situasi Pasar Saat ini

Anda perlu mendeskripsikan situasi dari target pasar anda dan posisi perusahaan anda di dalamnya. Informasi yang bisa anda deskripsikan diantaranya seperti situasi pasar, kinerja produk, kompetisi, dan distribusi.

  1. Analisis Peluang dan Kompetisi

Pada bagian ini, anda menulis hasil penilaian tentang peluang dan ancaman yang harus diantisipasi. selain itu, menganalisa kelemahan kompetitor merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan agar anda dapat menggunakannya sebagai kelebihan dari rencana pemasaran yang dibuat.

  1. Tujuan dan Cara Mencapainya

Tentukan tujuan dari rencana pemasaran anda dengan jelas dan realistis, seperti meningkatkan market share 10% tahun ini. Tuliskan cara bagaimana mencapai tujuan itu? Contoh dengan memperbanyak aktivitas promosi online atau mengadakan kegiatan bersama para pelanggan. salah satu cara lain yang anda dapat lakukan adalah dengan membuat visi dan misi perusahaan.

  1. Strategi Pemasaran

Uraikan semua strategi anda secara jelas dan spesifik. Mulai dari proses anda menciptakan customer value, menentukan target market, positioning dan biaya pemasaran, hingga membangun relasi dengan pelanggan. Strategi ini juga harus menjelaskan bagaimana anda bisa menghadapi situasi krisis dan kerasnya kompetisi.

  1. Menentukan Anggaran

Anggaran pemasaran yang detail dan akurat bisa memproyeksikan laba atau rugi, dengan menunjukan perkiraan pendapatan dan biaya produksi, distribusi dan pemasaran.

  1. Kontrol dan Monitoring

Tuliskan garis besar cara anda mengontrol proses pemasaran sehingga bisa berjalan dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

Pepatah lama mengatakan bahwa strategi tanpa eksekusi hanyalah isapan jempol. Banyak rencana yang sebenarnya telah disusun secara rapi tidak berjalan dengan baik. Untuk itulah kita memerlukan software yang dapat membantu anda dalam menjalan rencana tersebut agar dapat dilaksanakan dengan baik di perusahaan anda. Key ERP Software dapat menjadi solusi software bagi segala jenis bisnis anda. Konsultasikan kebutuhan anda segera!

Recent Posts
produksi pakaian