Perusahaan Manufaktur : Pengertian dan Industri-Industrinya

 In Bisnis, Software ERP

Saat ini banyak sekali jenis perusahaan yang beredar di Indonesia seperti manufaktur, agraris, dagang, jasa, firma, ekstraktif, dan sebagainya. Dengan banyaknya jenis perusahaan di Indonesia ini, maka anda mungkin akan bertanya-tanya tentang apa yang dimaksud dari jenis-jenis perusahaan tersebut.

Namun, untuk saat ini anda mungkin akan tertarik untuk menggali informasi lebih dalam tentang perusahaan manufaktur karena dibandingkan jenis-jenis usaha lainnya. perusahaan ini memiliki aktivitas bisnis yang sangat berbeda. Jadi apa yang dimaksud dengan perusahaan manufaktur ini?

Pengertian perusahaan manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah jenis perusahaan yang melakukan kegiatan manufaktur atau perusahaan yang aktivitas utamanya itu mengolah bahan mentah atau bahan baku agar menjadi barang jadi atau produk yang bisa ditawarkan ke pasaran.

Seluruh kegiatan perusahaan manufaktur harus mengacu pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dimiliki oleh karyawan kerjanya. Secara singkat, perusahaan manufaktur itu perusahaan yang tujuan utamanya adalah menghasilkan suatu produk.

Kalau di Indonesia, anda mungkin akan sering menyebut perusahaan ini sebagai pabrik atau perusahaan industri, tetapi anda perlu tahu kalau pabrik itu bukan nama perusahaannya, melainkan pabrik itu merupakan sebutan tempat dimana perusahaan manufaktur beroperasi.

Anda sedang membutuhkan Software untuk Perusahaan Manufaktur? Cek selengkapnya disini

Industri yang termasuk dalam perusahaan manufaktur

Kebutuhan akan perusahaan manufaktur selalu ada karena produk dari perusahaan ini sendiri sudah ada dimana-mana dan selalu disukai konsumen. Nah, kalau anda penasaran industri apa saja yang termasuk dalam perusahaan manufaktur, simak ulasannya berikut ini :

1. Tekstil dan garmen

Industri tekstil dan garmen merupakan salah satu industri dari jenis perusahaan ini dengan skala terbesar yang ada di Indonesia karena produk tekstil dan garmen sudah menjadi kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap orang.

Produk perusahaan ini akan sepenuhnya bergantung dengan pengolahan bahan mentah kapas sampai menjadi kain untuk menghasilkan pakaian seperti baju, celana, jaket, dan sebagainya. Jadi, tidak mengherankan kalau banyak orang yang bekerja di perusahaan tekstil dan garmen.

2. Otomotif

Industri otomotif juga merupakan perusahaan terbesar di Indonesia karena perusahaan ini bergerak dengan penggunaan teknologi tinggi untuk memproduksi produk otomotif seperti sepeda, motor, mobil, pesawat, dan sebagainya, sehingga dapat dipastikan kalau masyarakat membutuhkan produk perusahaan ini.

3. Elektronik

Benda elektronik yang anda pegang saat ini juga merupakan produk salah satu keluaran jenis perusahaan ini yaitu industri elektronik.

Industri ini juga merupakan industri paling besar karena seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, masyarakat membutuhkan peralatan elektronik seperti tv, handphone, laptop, komputer, dan sebagainya untuk memudahkan aktivitas sehari-harinya.

4. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan yang tiada habisnya sehingga sekarang sudah banya perusahaan yang bekerja menghasilkan makanan dan minuman.

Industri makanan dan minuman bergerak dengan mengolah bahan mentah menjadi makanan dan minuman yang siap konsumsi sehingga tidak seperti sajian restoran, perusahaan ini menghasilkan produk seperti makanan kemasan, minuman kemasan, makanan ringan, dan sebagainya.

5. Kerajinan

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya, Indonesia memiliki banyak sekali industri kerajinan. Contoh produk industri ini seperti keramik, kain tenun, pahatan batu atau kayu, perabotan, dan sebagainya,

6. Farmasi/kosmetik

Permintaan akan farmasi/kosmetik di Indonesia merupakan yang terbesar dibandingkan industri lainnya.

Hal ini dikarenakan selain kebutuhan farmasi yang selalu dibutuhkan manusia, kosmetik juga sedang populernya. Contoh produk dari perusahaan ini yaitu obat-obatan dan bahan kosmetik seperti krim wajah, sampo, dan sebagainya.

Jika anda membutuhkan Software manufaktur anda dapat menggunakan Software ERP. Kemudahan mengelola data karna sudah terintegrasi dapat anda rasakan jika anda menggunakan Keysoft ERP.  Konsultasikan gratis kebutuhan anda sekarang juga! Klik disini

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
Chat Us