Persaing Bisnis dan Cara Dalam Menganalisanya

 In Strategi Bisnis, Uncategorized

Persaing bisnis adalah sesuatu yang wajar terjadi pada masing-masing proses bisnis. Persaing bisnis dapat diteliti untuk penetapan strategi bisnis yang mesti dijalankan dalam rangka menjaga posisi yang sudah dijangkau pada sebuah wilayah bisnis, serta dapat digunakan untuk memenangkan kompetisi sehingga posisi bisnis tetap unggul dan bisa menguasai distrik dengan konsumen dan pelanggan yang kian loyal terhadap produk yang dipasarkan dan paling mereka butuhkan.

 

Analisis persaing bisnis mempunyai sifat dinamis. Pesaing dideskripsikan dan dianalisis, pesaing di evaluasi, serta lantas tindakan pesaing pun ditebak secara tepat. Yang dimaksud pesaing tergolong didalamnya pesaing baru yang berkesempatan mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda kehadiran. Analisis kompetisi merupakan kegiatan yang terus menerus dan membutuhkan koordinasi informasi. Bisnis dan unit bisnis meneliti pesaing bisa dengan teknik menggunakan sistem intelejen pesaing. Untuk kepentingan itu, sejumlah teknik dilaksanakan seperti penelusuran database, survey konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing tergolong mempelajari produk pesaing. Setiap kiat yang sudah dikemukakan, terlihat didalamnya berisi bagian titik kedinamisan.

 

Analisis kekuatan dan kelemahan persaing bisnis

Sama halnya dengan perang militer, serangan terhadap musuh dapat dilaksanakan setelah kita memahami seberapa kekuatan amunisi anda dan kekurangan amunisi lawan. Di samping itu, pun harus dilaksanakan pada masa-masa yang tepat. Demikian pula halnya dalam dunia bisnis, sebelum melakukan serangan terhadap pesaing, terlebih dahulu perusahaan mesti mengetahui kekurangan dan kekuatan yang dipunyai oleh pesaing dalam persaing bisnis. Kekuatan yang dipunyai pesaing mesti dipertimbangkan menilik mereka bisa pula memanfaatkan kekuatan untuk mengerjakan serangan balik. Sementara itu, mengetahui kekurangan pesaing mempermudah perusahaan untuk mengerjakan serangan balik.

 

Identifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis dapat dilaksanakan melalui tahap-tahap berikut:

  1. Mencari dan mengumpulkan data mengenai segala sesuatu yang bersangkutan dengan sasaran, strategi dan kinerja pesaing.
  2. Mencari tahu kekuatan dan kekurangan pesaing dalam urusan keuangan, sumber daya manusia, teknologi dan lobi pasar.
  3. Mengetahui market share yang dikuasai pesaing dan perbuatan pesaing terhadap pelanggan.

 

Perusahaan yang mempunyai produk yang menyeluruh dan memiliki keunggulan tertentu bakal lebih unggul bila dibandingkan perusahaan Anda. Hal tersebut memudahkan Anda guna menutupi kekurangan yang Anda miliki.

 

Pelayanan yang diserahkan kepada pelanggan sangat diprovokasi oleh teknologi yang dipunyai oleh suatu perusahaan. Teknologi yang dipunyai tersebut mengakibatkan pihak pesaing menjadi unggul bilamana kita tidak menyainginya. Teknologi bakal mempercepat proses transaksi yang diberikan. Di samping kecepatan, teknologi pun memberikan keakuratan sampai-sampai setiap kekeliruan dapat diminimalkan. SDM yang dipunyai pesaing pun butuh dipertimbangkan. SDM yang berbobot dan berkualitas akan dominan terhadap pelayanan yang diserahkan karena ia bakal dapat menyerahkan kecepatan, ketepatan, dan keakuratan pelayanan. Namun, andai SDM yang dipunyai tidak berkualitas, yang terjadi ialah sebaliknya.

 

Identifikasi reaksi persaing bisnis

Setiap perbuatan atau serangan yang anda lakukan, baik secara langsung ataupun tidak langsung bakal menjadi perhatian pesaing. Serangan yang Anda lakukan akan memunculkan reaksi dari pesaing-pesaing kita. Tindakan pesaing terhadap serangan yang Anda lakukan ditanggapi oleh pesaing, mulai langsung membalas, diam, berjuang mempelajari terlebih dahulu, baru mengerjakan serangan balasan. Perusahaan yang kuat seringkali langsung menyerang balik. Oleh sebab itu, Anda pun harus mempertimbangkan reaksi pesaing terhadap perbuatan yang anda lakukan.

 

Strategi menghadapi persaing bisnis

Strategi persaing bisnis menghadapi pesaing dapat dilaksanakan dengan teknik melemahkan dan menghancurkan pesaing dengan memasang strategi yang kompetitif. Bagi itu, perusahaan perlu memahami terlebih dahulu posisi dan situasi perusahaan. Tujuannya ialah agar memahami siapa pesaing-pesaingnya dan dapat merealisasikan strategi yang tepat.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat dalam menentukan strategi pemasaran dengan mudah dan cepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts