Perkembangan Industri Produk Kosmetik

 In Bisnis

Pada saat ini kosmetik menjadi salah satu kebutuhan yang penting bagi sebagian orang, baik remaja maupun dewasa. Dilihat dari data Kementerian Perindustrian Indonesia yang menyebutkan peningkatan penjualan produk kosmetik pada tahun 2012 meningkat 14% atau 9,76 triliun dari taun sebelumnya yang hanya 8,5 triliun dan diprediksi akan terus meningkat kedepannya.

Untuk produk kosmetik bermerek meningkat 6% dan produk kosmetik umum non merek 4%, ini merupakan perkembangan yang signifikan bagi industri kosmetik di Indonesia. 2012 merupakan tahun dengan krisis ekonomi global untuk kawasan ASEAN namun industri kosmetik tetap stabil serta menunjukkan peningkatan tajam. Jadi industri kosmetik menjadi salah satu penopang perekonomian yang sangat baik bagi Indonesia.

Produk kosmetik impor juga memiliki pengarunh penting dalam industri kosmetik, dan menjadi tantangan khusus bagi produk lokal. Data resmi oleh Perkosmi yang telah mencatat penjualan produk impor naik 30% menjadi 2,44 triliun dibandingkan dengan tahun 2011 yang hanya 1,87 triliun. Disertai dengan penurunan biaya beacukai produk kosmetik import menjadikan pasar Indonesia sebagai lahan subur berbisnis. Peluang ekspor produk lokal yang masih rendah ditandai dengan perbedaan iklim, sosial dan budaya sehingga sedikit sulit memasuki pasar global.

Perkembangan industri kosmetik di Indonesia tidak luput dari permintaan para konsumen selain itu ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang memicu perkembangan industri kosmetik di Indonesia , antara lain:

  1. Permintaan

Permintaan merupakan faktor paling penting dalam perkembangan diseluruh industri/ perusahaan, tidak terkecuali pada industri kosmetik. Semakin meningkatnya jumlah permintaan dari konsumen maka semakin berkembangnya suatu badan usaha dan sebaliknya. Ditambah dengan banyaknya profesi yang mengharuskan untuk menggunakan make up/ kosmetik sebagai pelengkap kerja. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap permintaan pada industri kosmetik Indonesia.

  1. Inovasi

Baik produk kosmetik bermerek atau tidak jika memiliki keunikan dan sesuatu yang berbeda dengan lain akan meningkatkan perkembangan industri kosmetik. Setiap tahun para pelaku industri kosmetik juga memiliki strategi penjualan & inovasi agar mempengaruhi minat pelanggan. Inovasi baik dari bahan baku, tipe kosmetik, manfaat, dan kemasan produk yang baik sehingga mampu memenuhi standart pasar.

  1. Insentif

Industri kosmetik di Indonesia juga didukung penuh oleh pemerintah dengan memberikan insentif dalam bentuk tax allowance dan pembebasan beacukai terhadap impor mesin. Dengan adanya insentif dari pemerintah diharapkan industri konsmetik Indonesia mampu bersaing dengan produk import serta mampu berekspansi untuk meningkatkan produksi. Ketersediaan bahan baku herbal untuk menunjang produksi kosmetik juga sangat melimpah.

  1. Harga

Harga dari produk kosmetik yang ditawarkan juga mempengaruhi perkembangan industri kosmetik Indonesia.Harga yang ditentukan dari sebuah produk harus sesuai dengan segmen pasar. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap persaingan dengan produk import yang banyak didatangkan dari luar negeri.

  1. Tren

Perkembangan industri kosmetik juga dipengaruhi oleh tren dari pengguna kosmetik, seperti saat ini banyak kaum pria yang juga menggunakan produk kosmetik sebagai kebutuhan harian. Banyaknya dermatolog spesialis, bloger dan vloger khusus kecantikan yang membutuhkan kosmetik sebagai bahan konten. Setiap tahun tentunya memiliki tren khusus pada industri kosmetik mulai dari produk perawatan tubuh, wajah, dan lain sebagainya.

Itulah beberpa faktor yang mempengaruhi perkembangan industri kosmetik di Indonesia, peran pemerintah untuk terus mendukung juga sangat berpengaruh. Keberlangsungan industri kosmetik ini akan terus meningkat dari tahun – ketahun, jadi buat kalian yang ingin berinvestasi dalam bidang kosmetik sangat berpeluang sekali.

Untuk mempermudah kegiatan administrasi bahkan produksi porduk kosmetik bisnis anda, Key Software memiliki 2 pilihan untuk anda yaitu Software Akuntansi Keysoft dan  Key ERP Software

 

Recommended Posts