Perbedaan Software ERP dan Software Akuntansi

 In Akuntansi, Bisnis, Software ERP

Perbedaan Software ERP dan Software akuntansi – Ketika membicarakan software untuk kebutuhan perusahaan, anda mungkin sering menemukan dua software yang paling populer, yakni software ERP dan software akuntansi.

Namun, di balik kepopuleran itu, ternyata kebanyakan orang masih mengalami kesulitan dalam membedakan kedua software tersebut karena jika anda lihat dari fungsi keduannya, kedua software ini memang memiliki fungsi yang hampir sama yaitu memanajemen kegiatan operasional.

Walaupun hampir sama, perlu anda ketahui bahwa kedua software tersebut memiliki lebih banyak perbedaan daripada kesamaan berdasarkan fungsinya.

Jadi, kalau anda sendiri ingin menggunakan software untuk mempermudah anda dalam menjalankan bisnis, anda perlu mengetahui setiap perbedaannya sehingga ketika anda sudah membeli salah satu dari kedua software tersebut, anda tidak akan menyesal nantinya.

Pengertian software ERP

Software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah jenis software yang bertugas dalam menjalankan kegiatan operasional suatu perusahaan secara otomatis. Kegiatan operasional yang dimaksudkan di sini merupakan jenis kegiatan yang perlu dikerjakan berulang kali dan biasanya akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Contohnya, kegiatan seperti perencanaan, analisis laporan, pembuatan laporan keuangan, mengelola pembelian atau penjualan, manajemen sumber daya perusahaan, dan penggajian karyawan.

Dengan kegiatan operasional yang sudah dikerjakan secara otomatis, maka hal ini akan memperbolehkan pemilik perusahaan untuk memfokuskan waktu dan tenaganya terhadap hal yang bisa mengembangkan perusahaan mereka seperti pembuatan strategi pemasaran, akuisisi pasaran, dan sebagainya.

Software ERP sendiri bukan merupakan sesuatu yang baru karena penggunaan software ERP sudah ada sejak tahun 1990 walaupun konsepnya sudah ada sejak tahun 1960an.

Mencari software ERP dengan harga terjangkau? Cek sekarang juga disini.

Pengertian software akuntansi

Software akuntansi adalah software yang bertugas secara khusus dalam mengelola proses keuangan atau akuntansi perusahaan. Mulai dari pembuatan buku besar, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca, laporan arus kas, laporan akhir tahun, bahkan untuk software akuntansi yang lebih lengkap, software tersebut dapat mengelola transaksi dalam mata uang asing.

Dengan adanya software akuntansi, maka seluruh pencatatan akuntansi yang dikerjakan secara manual di kertas, dapat dikerjakan secara otomatis melalui penyimpanan digital. Dibandingkan dengan pencatatan manual juga, software akuntansi bisa memberikan hasil laporan yang lebih cepat dan lebih akurat karena software ini sudah terpasang fitur scan dan analitik sehingga perusahaan akan membutuhkan lebih sedikit jumlah staf akuntansi.

Untuk sejarahnya, software akuntansi sudah dipakai sejak tahun 1978 sebagai hasil dari perkembangan teknologi digital dalam skala kecil, tetapi setelah perusahaan melihat kontribusinya, sekarang software akuntansi sudah ada dimana-mana.

Konsultasi kebutuhan Software anda gratis disini sekarang juga!

Perbedaan software ERP dan software akuntansi

1. Cara kerja dalam proses bisnis

Software ERP biasanya berbasis sistem terpusat sehingga setiap informasi atau file dari satu departemen dapat disebarkan tanpa perlu mengganggu departemen lainnya. Sedangkan software akuntansi perlu menerima kiriman dokumen agar bisa dimasukkan ke dalam software.

2. Investasi yang diperlukan

Dikarenakan software ERP mampu mengerjakan segala kegiatan operasional untuk berbagai departemen, terutama perusahaan yang sudah besar, maka investasi yang diperlukan akan lebih besar. Berbeda dengan software akuntansi yang lebih kecil jumlahnya semenjak software tersebut hanya bekerja dalam satu departemen saja.

3. Pengguna software

Dikarenakan software ERP bertugas untuk melakukan seluruh kegiatan operasional perusahaan, maka setiap departemen perusahaan bisa menggunakannya. Sedangkan software akuntansi biasanya digunaan oleh para akuntan saja karena tujuannya memang khusus untuk pencatatan keuangan.

Dari penjelasan tersebut, anda sudah tahu mengenai perbedaan antara software ERP dan software akuntansi. Secara garis besar memang software akuntansi sesuai dengan namanya yang hanya digunakan untuk membantu akuntansi perusahaan. Sedangkan Software ERP dapat membantu seluruh aktivitas bisnis anda mulai dari produksi hingga penjualan.Nah, ketika anda sudah tahu tujuan kenapa anda ingin mencari software, maka anda bisa memilih salah satu dari kedua software tersebut sekarang juga.

 Jika anda memilih menggunakan Software ERP maka anda dapat menggunakan Keysoft. Dengan harga terjangkau dan ratusan pengguna di Indonesia maka kebutuhan Software ERP anda sudah berada di tangan yang tepat. Konsultasi kebutuhan Software ERP anda gratis disini.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
Software erpBill of material