Perangkat lunak enterprise atau yang biasa dikenal dengan ERP merupakan sebuah sistem aplikasi yang penting keberadaannya dalam bisnis Anda. Dengan perangkat ini, maka proses pengelolaan bisnis, yang meliputi aspek akuntansi, keuangan, sumber daya, produksi, dan lain-lain menjadi lebih terintegrasi.

Pertanyaannya, bagaimana dalam satu software enterprise tersebut bisa terintegrasi berbagai aspek bisnis? Tentu saja bisa jika ditangani oleh perangkat enterprise lunak yang terlengkap. Salah satunya seperti Keysoft ERP. Dengan detail cara kerja yang sudah didesain sesuai kebutuhan, perangkat ini akan mempermudah proses pengelolaan bisnis Anda.

Detail Cara Kerja Perangkat Lunak Enterprise yang Perlu Anda Ketahui

Perangkat Lunak Enterprise, Perangkat Lunak Enterprise Memahami Cara Kerja Secara Detail

Di dalam suatu bisnis, perusahaan biasanya menggunakan sistem database yang terpusat untuk proses perencanaan sumber daya. Hal ini digunakan untuk mengurangi jumlah tenaga kerja manual sekaligus menyederhanakan alur kinerja bisnis Anda.

Dengan demikian, keberadaan software enterprise atau ERP ini akan membantu mengukur tingkat produktivitas dan profitabilitas perusahaan. Sebab, biasanya perangkat ini terdiri dari dasbor untuk melihat data waktu yang dikumpulkan dari seluruh aspek bisnis.

Sebagai ilustrasi, misalnya di dalam solusi rantai pasokan, sistem ERP menerima pesanan dari pelanggan. Kemudian secara otomatis informasi tersebut akan langsung dikirimkan kepada pusat distribusi. Dengan demikian, pesanan bisa segera diterima dan diselesaikan dengan tepat waktu. 

Untuk melihat informasi tentang waktu pengiriman, level inventaris, dan faktor lain dalam penentuan pusat distribusi biasanya disesuaikan dengan perangkat ERP yang Anda pilih. Pemilihan pusat distribusi tersebut berdasarkan faktor produktivitas dan biaya sehingga pesanan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien. 

Melalui efektivitas perangkat enterprise lunak ini, maka perkembangan bisnis Anda akan lebih cepat. Sebab, data yang berasal dari berbagai departemen dapat dibagikan dan divisualisasikan dengan mudah kepada seluruh organisasi perusahaan. Sehingga tugas-tugas tertentu bisa dikerjakan secara otomatis dengan software ERP.

Cara kerja sistem ERP di atas tentunya sudah melewati sejarah panjang. Sehingga mampu meminimalisasi kinerja karyawan dalam suatu perusahaan. Sistem kerja yang kini dihasilkan oleh software enterprise memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Menggunakan sistem operasi real time. Sistem tersebut telah terintegrasi dan tidak bergantung dengan pembaruan berkala.
  • Memiliki database umum yang mendukung semua aplikasi sistem.
  • Seluruh modul ERP memiliki nuansa dan tampilan yang konsisten.

Level Software Enterprise Resource Planning

Berdasarkan karakteristik di atas, software enterprise memiliki beberapa level yang didesain berdasarkan ukuran dan kompleksitas suatu perusahaan. Dengan demikian, penggunaan ERP untuk perusahaan Anda dapat berbeda dengan perusahaan lain karena disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Berikut ini level ERP yang perlu Anda ketahui.

  1. ERP Tier I

Tingkatan ERP Tier I berfungsi untuk mendukung kinerja perusahaan global. Dengan demikian, ERP ini dapat mengatasi seluruh permasalahan perusahaan dalam skala nasional. Permasalahan tersebut meliputi, bahasa, alfabet, kode pos, mata uang, dan lainnya.

  1. Tingkat Government Tier I

Sistem pada tingkatan Government Tier I ini lebih banyak mendukung agensi pemerintahan. Dengan demikian, pada level ini vendor ERP ditingkatkan untuk mendukung berbagai teknis asuransi, SDM, dan pengadaan di pemerintahan. 

  1. Government Level (Tier II)

Pada level ini pengembangan software enterprise didesain khusus untuk kebutuhan pemerintahan. Kebutuhan tersebut mulai dari instansi daerah, negara bagian, maupun instansi federal.

  1. Perangkat Lunak ERP Tier (Level III)

Pada level ERP ini memang sengaja dikembangkan untuk mendukung perusahaan dengan skala menengah ke atas. Materi ERP tersebut sebagian besar menangani permasalahan mata uang dan bahasa dengan satu alfabet saja.

  1. Level ERP Software Tier IV

Berbeda dengan ERP level III, level ini dirancang untuk skala kecil. Dengan rancangan khusus usaha mikro ini, maka sistem ERP level IV difokuskan pada IT dan akuntansi saja.

Itulah level ERP yang umumnya dirancang untuk mendukung bisnis Anda. Namun, bagi Anda yang membutuhkan perangkat lunak enterprise yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, maka dapat menggunakan Keysoft ERP. Sebab software ini dirancang khusus dengan mempertimbangkan inovasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan bisnis di Indonesia. Tunggu apa lagi? Segera otomatisasi aspek bisnis Anda dengan Keysoft ERP sekarang!

Open chat
Whatsapp Kami! (24/7)
Dapatkan Demo Gratis!
Hubungi kami via WhatsApp, dan konsultasikan kebutuhan usaha Anda dengan konsultan ahli kami