Pentingnya Membuat Financial Planning Perusahaan

 In Bisnis, Keuangan, Software ERP, Uncategorized

Financial Planning Perusahaan – Arus keuangan di suatu perusahaan memang harus dijaga. Jika tidak hal ini akan merugikan pihak perusahaan, bahkan mendekatkan perusahaan ke garis kebangkrutan.

Sebab penjualan yang meningkat, tetapi arus keuangan yang tidak terkendali akan menyebabkan pengeluaran yang berlebihan dan pemasukan yang kurang sehingga di periode ke depan, perusahaan tidak dapat menutupi seluruh biaya yang harus dibayar.

Maka dari itu, setiap perusahaan di zaman sekarang diharuskan untuk membuat financial planning.

Apa itu financial planning?

Financial planning adalah suatu metode perencanaan arus keuangan di mana perusahaan atau individu berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi tujuan finansialnya melalui implementasi dari metode perencanaan keuangan itu sendiri.

Dari definisi tadi, anda mungkin mengira kalau financial planning merupakan sesuatu yang harus dipikirkan oleh pemilik perusahaan besar karena seiring berkembangnya skala perusahaan, semakin banyak arus keuangan yang perlu dikendalikan.

Tetapi pada kenyataannya, semua perusahaan baik yang berukuran besar ataupun kecil diharuskan untuk membuat financial planning. Kalau anda masih saja tidak percaya terhadap pentingnya membuat financial planning bagi perusahaan, anda bisa menyimak manfaat financial planning di bawah ini:

  1. Mengontrol penggunaan kas di perusahaan

Financial planning dapat menyediakan data mengenai arah, tujuan, dan alokasi keuangan perusahaan untuk membiaya seluruh keperluannya dan menjaga kestabilan keuangan perusahaan.

Dengan ini, anda bisa mengetahui kemajuan perusahaan dan anda juga bisa memantau kelancaran arus kas masuk dan keluar sehingga anda bisa mengarahkan keuangan itu ke tempat yang bisa membuat perusahaan berkembang lebih besar lagi seperti kegiatan produksi, distribusi, dan pemasaran.

2. Meningkatkan produktivitas

Setelah anda mengetahui kondisi keuangan perusahaan, financial planning juga menyediakan gambaran untuk meningkatkan produktivitas suatu perusahaan agar bisa mencapai tujuan finansial yang sudah ditetapkan.

Caranya, dengan merencanakan pembiayaan produktivitas yang belum pernah direncanakan. Dengan produktivitas meningkat, hal ini akan mempercepat proses perkembangan perusahaan dan juga dapat membuat masa depan perusahaan lebih baik lagi.

3. Sebagai alat tolak ukur kemajuan perusahaan

Menentukan pencapaian bisnis yang dijalankan memang sulit, tetapi financial planning dapat membantu anda dalam mengukur sejauh mana perusahaan anda berkembang berdasarkan evaluasi pada periode tertentu.

Financial planning juga dapat memberi anda data yang lengkap mengenai faktor apa saja yang menghambat perusahaan sampai belum bisa mendapat keuntungan margin yang maksimal. Dengan ini, financial planning dapat dikatakan sebagai alat tolak ukur kemajuan suatu perusahaan.

4. Sebagai panduan jalanya perusahaan

Jika perusahaan anda tetap saja belum mengalami perubahan yang menguntungkan berdasarkan evaluasi yang ada, maka financial planning juga akan membantu anda dengan memberikan panduan yang tepat dan terukur sehingga anda bisa mencapai tujuan finansial yang menguntungkan.

Di financial planning ini, anda akan mengetahui action plan apa saja yang harus dilakukan, cara memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menjalankan action plan tersebut, dan cara menanggung sejumlah risiko untuk setiap action plan yang akan dijalankan.

5. Menyikapi kondisi pasar

Salah satu fokus dari financial adalah memperkirakan jumlah biaya yang diperlukan untuk melakukan kampanye marketing, akan tetapi menentukan jumlah yang harus dikeluarkan untuk marketing bisa sulit karena kondisi pasar sendiri yang selalu berubah-ubah dapat membuat strategi marketingnya tidak efektif.

Di sini, financial planning juga akan membantu anda dalam menyikapi kondisi pasar ini dengan memonitor komposisi aset dan investasi, serta memberi tahu anda tentang kondisi di masa mendatang yang akan mengubah kondisi pasaran.

Melihat dari manfaatnya, maka dapat disimpulkan bahwa financial planning merupakan hal penting dalam sebuah bisnis. Tetapi mungkin anda sering kali anda melupakan hal ini atau anda bingung cara melakukan financial planning di perusahaan anda? Untungnya sekarang anda sudah dapat menggunakan Software ERP untuk melakukan financial planning. Sekarang software ERP dengan harga terjangkau seperti Keysoft ERP dapat menjadi pilihan anda. Dengan cicilan 1 jutaan saja anda sudah dapat memiliki software cerdas ini. Untuk konsultasi gratis kebutuhan anda silahkan klik disini.

Recommended Posts
purchase-orderfaktur-pajak-adalah