Pentingnya Manajemen Payroll Bagi Perusahaan Anda

 In Bisnis, Software ERP

Kebanyakan perusahaan, terutama perusahaan besar selalu menggunakan sistem yang terbukti dapat mempermudah mereka dalam melakukan penggajian karyawan di akhir periode seperti sistem manajemen payroll.

Namun, perusahaan masih mengalami kesulitan dalam menerapkan sistem ini karena kebanyakan sistem payroll, khususnya sistem yang manual masih sulit dan lama untuk dilaksanakan, sehingga hal ini membuat perusahaan untuk mencari sistem payroll yang lebih efisien seperti sistem management payroll.

Manajemen payroll merupakan suatu sistem yang pada dasarnya memanfaatkan software payroll sehingga hal ini bisa mengurangi beban HRD dalam melakukan penggajian karyawan.

Dari sini, mungkin yang anda tahu tentang sistem management payroll adalah sistem untuk penggajian, akan tetapi sistem management payroll sendiri memiliki peranan yang lebih penting.

Nah, untuk mengetahui seberapa pentingnya management payroll bagi bisnis anda, berikut 7 kegunaan manajemen payroll terhadap suatu perusahaan:

  1. Menghemat waktu

Sistem payroll yang dilakukan secara manual membutuhkan waktu yang cukup lama karena bagian HRD perlu menghitung seluruh pertimbangan, mulai dari kehadiran, gaji pokok, uang transport, uang makan, dan lain-lain yang terkadang sangat sulit dilakukan.

Software yang digunakan untuk melakukan manajemen payroll bisa sangat menghemat waktu sebab seluruh proses perhitungan akan dilakukan secara otomatis sehingga hal ini bisa mempersingkat tugas HRD dalam melakukan payroll.

2. . Hemat karyawan HRD

Selain menghemat waktu bagian HRD, sistem manajemen payroll juga dapat mengurangi jumlah HRD yang diperlukan untuk melakukan payroll karena seluruh proses pencatatan yang harusnya memerlukan banyak staf HRD, sekarang sudah bisa dilakukan secara otomatis dan cepat.

Kecepatan dalam melakukan pencatatan ini tentu akan menguntungkan perusahaan karena mereka bisa memfokuskan dana mereka untuk hal yang lebih penting lagi.

3. Memudahkan proses pelaporan

Sistem manajemen payroll telah mengintegrasikan seluruh data-data penting yang berkaitan dengan kegiatan payroll di akhir periode secara detail sehingga hal ini akan memudahkan perusahaan dalam merancang dan mengelola sistem pelaporan yang dilakukan.

4. Bersaing di zaman modern lebih maksimal lagi

Di zaman modern sekarang ini, perusahaan dituntut untuk bersaing secara maksimal, akan tetapi kegiatan payroll yang terjadi di akhir periode bisa menghambat kinerja perusahaan untuk bersaing.

Nah, salah satunya cara untuk menghilangkan hambatan tersebut adalah dengan menggunakan software management payroll karena management payroll akan membantu kegiatan operasional perusahaan dalam mencapai target yang telah ditentukan.

5. Meningkatkan keakuratan

Payroll yang dilakukan secara manual memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi sebab jika ada kesalahan sedikit saja, maka hal ini akan berakibat fatal dan semua proses perhitungannya harus diulang dari awal.

Dengan software management payroll ini, semua kesalahan bisa diminimalisir berkali lipat karena seluruh proses perhitungannya sudah terbukti akurat.

6. Memiliki record yang baik

Menyimpan record secara manual seperti menggunakan spreadsheets di zaman sekarang bisa menjadi mimpi buruk bagi perusahaan. Akan tetapi dengan kehadiran sistem management payroll ini, perusahaan bisa meninggalkan penggunaan kertas untuk menyimpan record.

Management payroll dapat memastikan seluruh data yang diperlukan untuk memiliki record tersusun dengan baik dan data ini bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

7. Keamanan yang lebih terjaga

Data yang disimpan ditumpukan kertas akan lebih mudah diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Padahal, data karyawan seperti gaji, kenaikan gaji, dan bonus merupakan data yang sangat rahasia.

Maka dari itu, software management payroll ini bisa menyimpan data tersebut di dalam sistem yang lebih aman.

 Untungnya sekarang anda sudah dapat menggunakan Software ERP untuk melakukan manajemen payroll di perusahaan anda. Bukan hanya management payroll saja, akan tetapi software ini dapat mengelola aktivitas bisnis lainnya seperti akuntansi, produksi, penjualan, hingga pembelian. Untuk software ERP dengan harga terjangkau anda dapat mrnggunakan Keysoft ERP. Anda juga dapat melakukan konsultasi gratis kebutuhan software ERP anda dengan Keysoft dengan klik disini. atau info lebih lanjut silahkan cek di www.keysoft.co.id .

Recent Posts
modul-modul-erpLaporan-keuangan