Pengertian Stock Opname dan Tips Melakukannya

 In Akuntansi, Bisnis, Keuangan

Pengertian Stock Opname – Kesalahan menentukan selisih jumlah stok barang merupakan masalah yang sering terjadi ketika mengelola stok karena akan selalu ada kemungkinan transaksi yang belum tercatat atau kehilangan beberapa jumlah barang di gudang, tetapi jika anda menerapkan metode stock opname, maka masalah itu bisa anda minimalkan.

Pengertian stock opname

Apa yang dimaksud dengan stock opname? Bagi anda yang belum pernah mendengar istilah ini, pengertian stock opname merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menghitung kembali persediaan stok barang yang ada di dalam gudang sebelum stok barang itu dikeluarkan dan dijual.

Dari pengertian tadi, anda mungkin menganggap kalau stock opname ini hanya akan memakan banyak waktu karena untuk harus dilakukan secara langsung, tetapi perlu anda tahu dengan pelaksanaan stock opname ini, ada beberapa manfaat yang bisa anda dapat, seperti:

  1. Dapat anda gunakan sebagai metode pembanding stock persediaan barang tahun ini dengan persediaan tahun sebelumnya sehingga anda bisa mengetahui apakah stock persediaan barang yang ada di gudang meningkat atau menurun.
  2. Mengetahui jumlah stock barang yang ada di gudang secara pasti dan memastikan kalau tidak ada barang yang terlewat atau tidak tercatat.
  3. Mendapatkan data yang akurat sehingga anda bisa melihat apakah ada selisih barang persediaan atau tidak.

Tips dalam melakukan stock opname

Nah, kalau anda ingin menerapkan stock opname ini, maka ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan agar perusahaan anda dapat berjalan dengan lancar. Berikut tips dalam melakukan stock opname:

1. Atur waktu pelaksanaan

Dikarenakan metode ini bisa memakan waktu yang lama, yakni sekitar 2 sampai 5 jam (tergantung dengan jumlah barangnya), maka sebaiknya anda mengatur waktu pelaksanaannya di saat perusahaan anda sedang tidak beroperasi.

Anda bisa melakukannya di pagi atau malam hari karena waktu ini biasanya perusahaan tidak sedang beroperasi sehingga anda akan lebih teliti dalam menghitung jumlah barang yang ada di gudang.

2. Lakukan pemetaan barang

Agar metode stock opnamenya bisa memberikan hasil yang akurat, maka anda sebaiknya mengelompok setiap barang berdasarkan kategori barang itu sendiri.

Anda bisa melakukannya dengan menggunakan salah satu dari ketiga metode berikut:

  • First in First Out atau FIFO
  • Last in First Out atau LIFO
  • First Expired First Out atau FEFO

3. Bagikan tugas

Agar proses stock opnamenya cepat selesai, anda perlu membagikan tugas kepada karyawan dalam kelompok yang berbeda sehingga anda bisa melakukan perhitungan barang di beberapa lokasi yang berbeda.

Untuk menghindari kekeliruan, anda bisa membuat daftar nama barang yang akan anda berikan kepada karyawan dan anda juga bisa bertanya kepada karyawan apakah ada barang yang belum mereka kenal sehingga tidak akan ada kesalahan dalam pencatatan.

4. Lakukan stock opname secara teratur dan teliti

Stock opname perlu dilakukan secara rutin jika anda ingin menggunakannya sebagai alat pembanding jumlah stock. Anda bisa melakukannya setahun sekali atau jika anda ingin hasil yang lebih detail anda bisa melakukannya 4 bulan sekali.

Pastikan juga anda melakukan stock opname secara teliti, mulai dari memperhatikan merek, kualitas, dan kuantitas.

5. Masukkan hasil stock opname ke komputer

Setelah anda selesai melakukan stock opname, anda bisa menginput hasilnya ke komputer karena sistem komputer bisa menjaga data-datanya agar tetap aman. Sehingga ketika anda membukanya lagi, anda bisa mengetahui jumlah barang yang perlu diganti, entah itu karena rusak, pecah, atau hilang.

 Bagaimana? Sudah dapat memahami pengertian stock opname bukan? Selain itu, untuk memudahkan anda dalam melakuakan stock opname, anda dapat menggunakan Software. Tapi Software apa yang tepat untuk usaha anda? Jawabannya adalah Software ERP. Keysoft ERP adalah Software ERP dengan harga terjangkau yang akan memudahkan anda dalam stock opname. Info lebih lanjut silahkan klik disini.

Recent Posts
Software-erp-perusaahan-menengahSoftware-erp