Pengertian sistem akuntasi? – Sistem akuntansi merupakan sebuah komponen penting yang terdiri dari catatan manual dan atau komputerisasi transaksi keuangan yang memiliki tujuan untuk rekaman, mengkategorikan, menganalisis, dan melaporkan informasi manajemen keuangan dengan tepat waktu.
Akan tetapi, sistem akuntansi itu sendiri memiliki banyak pengertian dari berbagai ahli. Hal ini menunjukkan betapa luasnya konsepsi akuntansi di mata dunia, sehingga akuntansi mendapatkan banyak perhatian para ahli dari dalam dan luar negeri. Berikut definisi atau pengertian sistem akuntansi menurut para ahli:
Pengertian sistem akuntansi
1. Warren, Reeve, Fees
Ketiga ahli ini mendefinisikan sistem akuntansi sebagai metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengklarifikasi, mengikhtisarkan, dan melaporkan informasi kegiatan bisnis (operasional) dan keuangan sebuah perusahaan.
2. Baridwan
Menurut baridwan sistem akuntansi merupakan sebuah formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen.
3. Niswonger dkk
Niswonger dkk. Niswonger turut memberikan definisi sendiri mengenai sistem akuntansi. Ia mendefinisikan sistem ini sebagai metode untuk menyediakan dan melaporkan informasi berkaitan dengan kegiatan operasi dan keuangan perusahaan.
Kemudian, untuk fungsi utama dari sistem akuntansi ialah pencatatan dan pengawasan dalam hal keuangan. Ada beberapa fungsi dari sistem akuntansi yang mungkin belum banyak disadari, beberapa hal tersebut diantaranya sebagai berikut:
Fungsi utama akuntansi
1. Mengumpulkan dan menyimpan data
Akuntansi sebagai sebuah sistem pencatatan memiliki uraian lengkap mengenai kegiatan dan transaksi yang dilakukan perusahaan secara detail. Jika tidak ada akuntansi, maka kemungkinan sebuah kegiatan akan terlupakan menjadi sangat besar sehingga lupa untuk diperhatikan. Sistem akuntansi bisa menghimpun semua catatan bisnis dalam bentuk yang lebih efisien.
2. Menyediakan informasi berguna
Selain berfungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan data keuangan, sistem yang dilakukan akuntansi ini bisa menjadi sarana penyedia informasi. Dalam sistem manual misalnya, berbagai catatan perusahaan akan disajikan dalam bentuk laporan yang mudah untuk dicerna. Hal ini akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan guna melakukan kegiatan manajemen yang baik dan sesuai.
3. Menyediakan pengendalian internal
Salah satu fungsi penting manajemen adalah untuk melakukan pengendalian internal agar bisa sesuai dengan tujuan perusahaan. Nah dari sistem yang dilakukan dalam akuntansinya ini bisa memberikan informasi yang terpercaya mengenai kondisi perusahaan. Hal ini tentu mempermudah pengecekan terhadap segala aktivitas yang dilakukan kemudian mengendalikannya.
4. Mendukung fungsi kepengurusan
Berbagai posisi di perusahaan memiliki tanggung jawab tertentu berdasarkan job desk masing-masing. Keberadaan pencatatan dengan akuntansi ini bisa memberikan informasi mengenai pemakaian sumber daya perusahaan dan ketersediaannya. Dari informasi ini, pihak manajemen bisa melakukan evaluasi kinerja dari berbagai laporan akuntansi yang diberikan.
5. Mendukung Kegiatan Operasi
Sistem informasi yang disediakan melalui kegiatan akuntansi bisa menyediakan bagian mana yang harus dilakukan pengecekan ulang dan perbaikan. Jadi misalnya ada kesalahan dan keanehan dari sebuah sistem yang tidak efektif, maka kegiatan operasi perusahaan bisa diperbaiki. Ini tentunya akan mendukung kegiatan operasi supaya bisa berjalan dengan efisien.
Dari penjelasan di atas dapat didapatkan beberapa poin penting mengenai sistem akuntansi. Sistem ini memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan sehingga perlu mendapat perhatian lebih.
Anda membutuhkan software akuntansi untuk membantu pengoperasian bisnis Anda? Konsultasikan kebutuhan software akuntansi Anda disini. Kami juga memiliki produk unggulan kami yaitu software ERP, butuh software ERP untuk membantu kepentingan bisnis Anda, klik disini untuk info lebih lanjut.