Pengertian Resesi dan Cara Menghadapinya Bagi Bisnis

 In Bisnis, Keuangan

Pengertian Resesi dan Cara Menghadapinya – Anda sebagai pelaku bisnis, tentunya, anda pernah mendengar kata resesi bukan? tetapi tahukah apa yang dimaksud dengan resesi itu sendiri?

Kalau anda masih belum tahu, pengertian resesi merupakan kondisi penurunan ekonomi secara signifikan yang bisa berlangsung selama enam bulan.

Tanda-tanda terjadinya resesi bisa anda lihat, hanya dengan melihat penurunan lima indikator ekonomi seperti penurunan produk domestik bruto rill, penghasilan, pekerjaan, manufaktur, dan penjualan ritel. Jika semua indikator ini terjadi, maka hal ini bisa menurunkan performa bisnis anda dalam meraih kuntungan.

Melihat dampak dari resensi tersebut memang sangat mengerikan, tetapi percaya atau tidak, namanya resensi sudah menjadi hal yang tidak bisa dihindari lagi dalam dunia ekonomi karena Indonesia sendiri telah mengalami resesi berulang kali seperti resesi 2008 atau resesi 2001 dan ancaman akan resesi selalu menghantui Indonesia.

Apa yang menyebabkan resesi ini? Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan resensi seperti lonjakan utang, persaingan dagang, keuangan dan lebih parahnya lagi, resensi sulit diprediksi sehingga mau tidak mau, anda harus siap dalam menghadapi resesi.

Cara menghadapi resesi

Untungnya, dengan mengunjungi situs ini, anda tidak hanya tahu pengertian dari resesi, tetapi anda juga akan tahu cara menghadapinya, itupun jika anda mau membaca ulasan berikut. Berikut cara-cara yang bisa anda gunakan untuk menghadapi resesi di Indonesia:

  • Segera lunasi utang

Suatu saat mengambil utang akan diperlukan oleh setiap pelaku bisnis, tetapi ketika resesi mulai melanda, melunasi utang khususnya yang berbunga tinggi harus anda jadikan sebagai prioritas utama karena jika utangnya anda biarkan, maka bunga yang perlu anda bayar bisa saja semakin naik.

Namun, anda juga harus cermat dalam memilih utang mana yang sebaiknya anda lunasi karena anda, tentunya, tidak mau uang kas bisnis anda sampai habis bukan?

  • Pangkas pembelian stok

Dampak resesinya biasanya bisa dirasakan di negara maju terlebih dahulu karena jika resesi terjadi di negara maju, maka hal ini akan menurunkan permintaan barang ekspor dari negara berkembang, salah satunya Indonesia.

Jadi, sebagai pelaku bisnis, anda sebaiknya membatasi jumlah stok anda dan pastikan kalau stok barang anda sedang banyak dibutuhkan oleh konsumen karena resesi bisa menaikkan harga jual yang membuatnya lebih sulit untuk dijual ke masyarakat.

  • Evaluasi sistem pemasaran

Menurunkan harga secara drastis memang terdengar seperti solusi agar bisnis anda tetap bertahan, tetapi hal ini tidak harus anda lakukan karena menurunkan harga secara drastis bisa membuat bisnis anda sulit berkembang ketika kondisi ekonomi mulai membaik.

Jadi, daripada menurunkan harga, anda lebih baik mempertimbangkan pemasaran yang lebih efektif dengan mengevaluasi sistem pemasaran untuk menentukan apakah pemasaran anda sudah efektif atau belum.

  • Pertahankan kualitas produk

Apapun yang terjadi, anda perlu mempertahankan konsumen anda sehingga nantinya bisnis anda akan mendapatkan keuntungan yang stabil ketika sudah selesai resesi.

Jadi, jangan turunkan kualitas produk anda dulu untuk menghemat kas karena konsumen yang loyal lebih penting untuk jangka waktu yang lama.

  • Kolaborasi dengan pelaku bisnis lainnya

Kolaborasi dengan pelaku bisnis lain bisa menjadi pilihan yang efektif untuk menghadapi resesi karena dengan kolaborasi, anda bisa berbagi tempat, biaya, tagihan, dan bisa membuka kesempatan untuk mendapatkan konsumen baru.

Namun, pastikan juga ketika anda berkolaborasi, setiap pihak memiliki tugas dan strategi yang jelas sehingga setiap pihak bisa bekerja secara maksimal.

  • Gunakan Software

Menggunakan software bagi perusahaan juga akan memberikan banyak keuntungan. Selain meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan anda, anda juga akan menghemat uang yang cukup banyak dalam investasi jika cermat memilih Software dengan harga terjangkau. Apa ada software seperti itu? Tentunya ada yaitu Keysoft. Dengan harga mulai dari 11 juta saja, anda sudah dapat menikmati keuntungan menggunakan software ERP. Tentunya harga ini sangat terjangkau disbanding anda harus membayar perbulan. Selain itu tidak ada biaya penambahan license.

Info lebih lanjut silahkan klik disini

Konsultasikan kebutuhan Software ERP dengan Keysoft Gratis disini.

Recent Posts
Software erp perusahaan jasa