Pengertian Era Disrupsi dan Pengaruh Terhadap Bisnis Indonesia

 In Bisnis, Marketing

Pengertian era disrupsi dan pengaruhnya – Saat ini anda sedang menghadapi era disrupsi ekonomi terbesar yang tidak seperti terjadi dalam sejarah negara Indonesia karena bagi kebanyakan pelaku bisnis Indonesia, era disrupsi dianggap sebagai era yang paling menguntungkan dan paling sulit untuk dimanfaatkan, tetapi apa sih pengertian era disrupsi itu sendiri?

Pengertian era disrupsi

Era disrupsi kalau diartikan secara umum akan berarti perubahan yang mendasar atau fundamental, tetapi kalau dikaitkan dengan kondisi ekonomi sekarang, era disrupsi dapat diartikan sebagai era di mana aktivitas yang dulunya hanya bisa dikerjakan secara nyata sedang bergeser untuk dikerjakan di dunia maya.

Jadi, era disrupsi dapat dikatakan sebagai era digitalisasi karena dengan maraknya ide bisnis online hal ini sudah menjadi alasan yang cukup untuk menamakannya sebagai era disrupsi.

Membutuhkan Software ERP? Cek info lebih lanjut disini.

Pengaruh era disrupsi terhadap bisnis di Indonesia

Seperti yang dibahas tadi, pengertian era disrupsi merupakan era yang paling menguntungkan sekaligus yang paling sulit dimanfaatkan, tetapi kenapa bisa dibilang seperti ini?

Hal in dikarenakan era disrupsi akan membawa pengaruh yang cukup besar untuk perkembangan bisnis di Indoneisa, bisa itu buruk atau baik tergantung dengan bagaimana cara anda menanggapinya.

Berikut pengaruh era disrupsi terhadap bisnis di Indonesia:

1.Penghematan biaya bisnis

Dengan munculnya ide bisnis online yang semakin populer, maka pengusaha Indonesia bisa menghemat banyak biaya karena tidak seperti bisnis konvensional yang membutuhkan banyak modal dan perawatan, bisnis online hanya memerlukan modal yang lebih sedikit.

Selain itu, pelaksanaan bisnis online bisa dibilang lebih simpel karena semua kegiatan operasinya dilakukan di dunia maya sehingga modal yang dibutuhkan hanya untuk keperluan internet.

2. Memulai atau membeli bisnis skala besar lebih mudah

Berkat munculnya banyak peluang bisnis online, maka untuk memulai ataupun membeli bisnis online dalam skala besar juga lebih mudah karena pihak ketiga sendiri, terutama pihak bank melihat keuntungan yang bisa mereka raih dengan meminjamkan modal kepada pengusaha.

Jadi, kalau anda juga berencana memulai atau membeli bisnis besar, maka pihak ketiga di zaman sekarang biasanya akan menawarkan persentase bunga yang lebih rendah dibandingkan era sebelumnya dan hal ini akan tetap stabil untuk 10 sampai 15 tahun ke depan.

3. Perusahaan akan mengalami peningkatan penjualan

Era disrupsi telah mengenalkan strategi pemasaran digital. Sekarangpun sudah banyak bisnis yang menggunakan strategi pemasaran digital karena laporan insight dari Google di tahun 2019 menunjukan kalau angka konsumen yang membeli suatu produk atau jasa sedang meningkat secara drastis.

Pada akhirnya, hal ini membuat produk atau jasa yang dijual secara digital bisa mendapatkan tingkat penjualan yang lebih tinggi dibandingkan cara lainnya.

Konsultasi kebutuhan Software perusahaan anda gratis dengan klik disini.

4. Membuat segalanya lebih mudah

Mulai dari riset pemasaran, survei, pemasaran, akses produk/jasa, dan segalanya sudah dapat dilakukan dengan mudah berkat teknologi digital sehingga anda bisa menjalankan bisnis anda lebih cepat, lebih efektif, lebih pintar, dan lebih bebas risiko kegagalan.

Anda bisa lihat kalau era disrupsi bisa sangat menguntungkan sehingga anda harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin, tetapi kalau anda ini orang yang menganggap era disrupsi sebagai hambatan, anda berarti meresikokan bisnis anda sendiri untuk menjadi tidak relevan yang hanya akan membuat bisnis anda kalah bersaing, bahkan sampai gulung tikar,

Oleh karena itu anda harus beradaptasi dengan melakukan berbagai cara, mulai dari riset, mengelola risiko, atau anda bisa bekerja sama dengan mereka yang sudah mengikuti perubahan era disrupsi.

Selain itu, penggunaan software di perusahaan pastinya akan membuat anda sebagai pelaku bisnis merasakan manfaat yang besar dalam era ini. Apalagi penggunaan Software ERP yang akan menghemat pengeluaran anda dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Selain itu Software ERP daopat merencanakan pengeluaran anda kedepannya. Dengan harga terjangkau yaitu 11 juta saja, Keysoft menjadi solusi dari anda menghadapi era disrupsi ini. Konsultasi gratis kebutuhan software ERP anda dan juga mengajukan presentasi dengan klik disini.

Recent Posts
Software erp di Indonesia ini termasuk yang terbaik