Pengaruh BPOM Dalam Bisnis dan cara mendaftar BPOM

 In Bisnis

Pengaruh BPOM Dalam Bisnis  – Pastinya anda pernah melihat kode BPOM . Bisa itu di spanduk, iklan, brosur, dan alat promosi lainnya. Tapi apakah anda tahu pengaruh dari BPOM itu sendiri terhadap perkembangan dalam bisnis? Tapi sebelum membahas pengaruh dari BPOM itu, anda perlu tahu apa yang dimaksud dari BPOM terlebih dahulu.

Jadi apa yang dimaksud dengan BPOM? BPOM merupakan singkatan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Jadi kode BPOM biasanya dipakai di perusahaan yang mengurusi keperluan kesehatan atau kecantikan dan makanan atau minuman.

Alasan diadakannya BPOM

Menurut Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 2004 tentang keamanan, mutu, dan gizi pangan pasal 42 ayat 1 menegaskan kalau setiap produk pangan baik dari luar negeri atau dalam negeri yang ingin dipasarkan ke pasaran Indonesia wajib mendapatkan surat perizinan. Produk yang dimaksud di sini seperti daging olahan, air minum dalam kemasan, minuman alkohol, dan produk pangan lainnya yang ditetapkan oleh BPOM.

Jadi tujuan dari BPOM yaitu menjamin keamanan, nilai gizi, dan kesehatan konsumen sehingga produk pangan itu layak dikonsumsi oleh para konsumen. Alasan lain yang mendukung diadakannya BPOM adalah hasil dari sebuah laporan yang menunjukan 70% diare terjadi di negara berkembang yang makanannya terkontaminasi. Oleh karena itu, sertifikat BPOM memiliki peran penting, khususnya dalam bisnis. Tapi perlu anda ketahui tidak semua produk pangan harus didaftarkan ke BPOM, contohnya produk pangan rumah tangga tidak perlu anda daftarkan ke BPOM.

Pengaruh BPOM dalam bisnis

Setelah mengetahui alasan mengapa diadakannya BPOM tentu saja membuat anda penasaran tentang bagaimana para pengusaha menanggapi surat perizinanan ini dan apa pengaruhnya dalam perkembangan bisnis mereka. Oleh karena itu anda bisa menyimak ulasan berikut kenapa bagi perusahaan memiliki sertifikat BPOM itu penting.

1. Menambah kepercayaan konsumen

Ketika konsumen mengetahui kalau produk pangan yang anda jual sudah bersertifikat BPOM, maka hal ini akan membuat tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk anda meningkat karena mereka tahu kalau produk pangan yang anda jual merupakan produk legal sehingga ketika mereka ditawarkan produk yang serupa, maka mereka lebih memilih produk pangan yang aman dan bersertifikat BPOM.

2. Meningkatkan brand awareness

Selain meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk pangan yang anda jual, produk yang telah bersertifikat BPOM juga akan meningkatkan brand awarness. Sehingga setiap kali konsumen melihat produk pangan yang sama seperti produk anda, maka konsumen akan lebih mengingat produk pangan anda dibandingkan dengan yang lain.

3 Memudahkan perusahaan untuk beroperasi

Produk pangan yang sudah diberi sertifikat BPOM akan dievaluasikan ke daftar BPOM sehingga anda bisa memulai bisnis pangan anda tanpa perlu khawatir terhadap tuntutan hukum seperti keluhan keamanan produk pangan. Selain itu pendekatan terhadap konsumen lebih mudah dilakukan karena perusahaan secara resmi telah diizinkan untuk beroperasi.

4. Sebagai alat promosi

Produk pangan yang bersertifikat BPOM lebih mudah diterima untuk dijadikan sebagai alat promosi lewat penyiaran radio atau iklan. Hal dikarenakan penyiar radio atau penerbit iklan tahu kalau produk yang anda jual merupakan produk yang aman untuk digunakan konsumen sehingga produk pangan anda lebih dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Cara mendaftarkan produk pangan anda ke BPOM

Di zaman digital ini, semuanya telah dipermudah, termasuk pendaftaran produk pangan ke BPOM melalui online. Nah, kalau anda juga ingin mendaftarkan produk anda, maka anda bisa menggunakan langkah berikut:

  1. Masuk ke website e-bpom dan klik registrasi baru.
  2. Setelah ada tampilan form pendaftaran, isi sesuai dengan data yang dibutuhkan, seperti Data Perusahaan, Data Penanggung Jawab dan Data Login.
  3. Masukan data PSB yang dimiliki oleh masing-masing pabrik lokal dan upload semua file sesuai dengan dokumen yang dipersyaratkan.
  4. Sampaikan hardcopy Dokumen yang dipersyaratkan milik perusahaan ke alamat yang tertera pada halaman registrasi.
  5. Tunggu hasil pemeriksaan BPOM melalui e-mail anda

BPOM sangat penting untuk didaftarkan oleh pelaku bisnis Indonesia. Pengaruh BPOM dalam bisnis sangat besar untuk meningkatkan rasa percaya dari customers. Maka dari itu anda harus segera mendaftarkan produk anda ke BPOM.

Jika anda membutuhkan Software ERP untuk bisnis anda, anda bisa menggunakan Keysoft. Keysoft adalah software ERP terbaik yang sudah digunakan lebih dari ratusan perusahaan di hampir seluruh Indonesia. Selain itu anda dapat mengonsultasikan kebutuhan Software ERP anda secara gratis di Keysoft. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami disini.

Recommended Posts