Pelanggan Potensial dan Cara Menganalisanya

 In Strategi Bisnis

Pelanggan potensial ibarat sebuah harta karun untuk sebuah bisnis atau usaha. Pelanggan seperti inilah yang bisa membuat tingkat penjualan perusahaan menjadi tinggi dan strategi marketing anda pun tak akan menjadi sia sia. Untuk mendapatkan pelanggan potensial, sudah tentu anda harus tahu secara pasti seperti apakah ciri ciri mereka.

Agar anda lebih mudah menarik pelanggan, berikut ini adalah ciri ciri dari pelanggan potensial yang bisa anda ketahui.

  • Tahu Produk dengan Pasti

Pelanggan potensial biasanya sudah tahu sebuah produk yang mereka inginkan secara pasti. Misalnya saja untuk produk laptop. Mereka biasanya sudah tahu spesifikasi tentang laptop yang ada terutama sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya, apabila dirinya mencari laptop untuk kebutuhan game, maka mereka akan lebih banyak menanyakan hal yang berkaitan dengan memori, VGA, processor, dan sebagainya. Pelanggan seperti ini sudah mencari tahu sebelumnya tentang produk tersebut dan menandakan bahwa dia cukup mengerti. Ini menjadi indikasi bahwa pelanggan itu membutuhkan produk tersebut dan ini merupakan kesempatan emas untuk anda.

  • Cermat Melakukan Tawar Menawar

Ada perbedaan dalam mengamati pelanggan biasa dan pelanggan potensial untuk hal tawar menawar. Biasanya, pelanggan biasa akan menawar dengan harga yang tak masuk akal. Namun, pelanggan potensial akan melakukan penawaran dengan lebih cermat dimana besaran harga tawarannya tak akan jauh beda dengan harga pasaran dari produk tersebut. Hal ini karena pelanggan potensial sudah melakukan pengamatan terlebih dulu tentang harga dan nilai jual dari produk yang ingin dia beli.

  • Mendengarkan Penjelasan dari Penjualan dan Banyak Bertanya

Melihat seberapa besar minat seseorang terhadap produk atau jasa juga bisa menjadi aspek untuk menentukan apakah seseorang termasuk pelanggan potensial atau tidak. Hal ini juga bisa dilihat dari seberapa antusias mereka ingin bertanya pada sales atau marketer yang ada di dekatnya. Pelanggan potensial akan menyimak penjelasan dari sales dengan seksama dan bahkan bertanya mengenai produk yang ditawarkan. Hal ini membuktikan adanya minat yang tinggi dalam membeli produk. Kondisi ini jelas berbeda dnegan pelanggan biasa atau calon pembeli yang kurang memiliki minat dalam bertanya atau dalam mendengarkan penjelasan dari marketer dan sales. Mereka cenderung ingin melihat lihat sendiri atau membaca sendiri.

  • Mempertimbangkan segala sesuatu dengan matang

Apabila ada pelanggan potensial yang datang kepada anda atau ke toko anda, anda bisa melihat dari gestur tubuh atau mimik wajah mereka ketika mereka tengah mempertimbangkan sesuatu dengan matang. Adanya pertimbangan matang ini menjadi sebuah indikasi bahwa pelanggan tersebut tak ingin salah dalam membeli dan dia benar benar membutuhkan produk atau jasa yang ingin digunakan. biasanya, ketika mendapatkan penjelasan dari sales, pelanggan ini akan memperhatikan dengan baik sekaligus mempertimbangkannya dengan cara bertanya. Ciri lain yang bisa anda jadikan patokan adalah kecenderungan para pembeli potensial yang selalu membandingkan sebuah produk dengan produk lain yang memiliki jenis sama. Hal ini menunjukkan bahwa dirinya benar benar tak ingin salah dalam memilih sebuah produk.

Pelanggan potensial dengan ciri ciri diatas merupakan jenis pelanggan yang sebaiknya anda ‘kejar’ dan ini menjadi peluang emas bagi anda untuk meningkatkan tingkat penjualan perusahaan agar lebih tinggi.

Anda sedang mencari software yang dapat membantu anda dalam melayani pelanggan dengan cepat dan tepat ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
PelangganStrategi Marketing