Open API Adalah : Pengertian, Tujuan, Hingga kegunaan

 In Bisnis, Software ERP, Uncategorized

Open API adalah – Kalau anda sebelumnya sudah berseluncur di dunia web, anda mungkin pernah menemukan istilah Open API ini di mana-mana karena mulai dari sistem operasi, web browser, dan setiap updatean aplikasi pasti mengumumkan adanya open API untuk developer.

Walaupun Open API ini sering ditemukan, apakah anda sendiri tahu pengertian dari Open API itu sendiri?

Pengertian Open API

Jika belum tahu, Open API adalah sebuah program aplikasi yang memberikan kesempatan kepada IT perusahaan e-commerce atau financial technology untuk mengaplikasikan integrasi system to system atau program yang memungkinkan suatu aplikasi untuk berbicara dengan aplikas lainnya.

Open API sendiri memiliki singkatan, yakni Application Programming Interface yang berarti Antarmuka Pemrograman Aplikasi yang isinya merupakan sekumpulan perintah, protocol, dan fungsi yang bisa digunakan oleh developer atau programmer untuk membantu bagaimana proses komponen software harus berinteraksi ke databasenya.

Tujuan dan kegunaan Open API adalah :

  1. Mempercepat proses coding

Proses coding bisa memakan waktu yang lama. Apa lagi jika terjadi kesalahan sedikit saja, maka sistemnya tidak dapat bekerja dan proses coding tersebut harus diulang juga.

Untungnya, hal ini bisa diatasi dengan Open API karena Open API memiliki customized toolchains yang bisa mengubah definisi Open API menjadi kode sehingga hal ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga.

2. Meningkatkan konsistensi dan efisiensi suatu sistem

Suatu kontrak pasti akan dibutuhkan oleh setiap server dan klien dengan cara yang tepat, akan tetapi mengubah kontrak adalah hal yang sulit sehingga hal ini sudah menjadi tugas open API untuk berkolaborasi dalam pengembangan API untuk meningkatkan konsistensi dan efisiensi suatu sistem.

Open API akan melakukan kolaborasi dengan menggunakan cara seperti pelacak masalah atau penarikan permintaan pada kode tertentu. Sebagai hasilnya, semua pihak bisa mengakses dokumentasi yang terhubung, terintegrasi, dan tetap sinkron.

3. Membuat dokumentasi yang interaktif

Developer suka menggunakan dokumentasi interaktif untuk menguji operasi API yang sudah mereka baca. Nah, Open API mampu menyediakan dokumentasi yang interaktif itu karena Open API menawarkan dokumentasi API dengan sistem yang sudah terintegrasi.

Sehingga hal ini akan membantu developer dalam melihat daftar operasi API yang disediakan dan mempercepat proses pengiriman permintaan browser mereka untuk melihat respon Open API sebelum menulis kode sendiri.

4. Menjamin kualitas suatu sistem                    

Definisi Open API dapat dibaca oleh software manapun sehingga hal ini memungkinkan setiap bagian dari sistem yang anda buat agar bisa diuji sesuai spesifikasi. Definisi API ini juga dapat diimpor ke klien melalui pengujian manual.

Selain itu, gateway API yang ada di proses implementasinya dapat memeriksa traffic masuk dan keluar sehingga hal ini akan memastikan kalau rancangan API yang sudah anda buat memenuhi standar, dan mengurangi risiko, bahkan kerusakan produk.

5. Mempublikasikan dan mempromosikan API

Dari kegunaan Open API yang disebutkan tadi, anda bisa tahu kalau Open API merupakan bagian penting agar developer bisa mengintegrasikan dan membangun aplikasi, akan tetapi Open API memiliki tujuan yang lebih penting lagi, yaitu mempublikasikan Open API yang sudah dibuat kepada pihak developer.

Dengan ini, developer bisa menggunakan tools kesukaan mereka dan mengombinasikannya dengan API milik anda sehingga semua sistem rancangannya dapat terintegrasi dan memudahkan APInya dalam menemukan ruang yang bisa dikembangkan.

 Memilih software yang dapat melakukan open API sharing sangat penting. Apalagi jika bisnis anda memiliki system yang anda develop sendiri dan membutuhkan system lainnya untuk membantu software anda. Untuk itu jika anda membutuhkan software mengelola keuangan dan aktivitas bisnis lainnya tapi dapat melakukan Open API, anda dapat menggunakan Keysoft ERP. Cek testimonial mengenai Open API sharing yang dapat dilakukan Keysoft ERP berikut ini :

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
kawasan-berikatpurchase-order