Neraca Saldo dan Kesalahan dalam menyusunnya

 In Uncategorized

Dalam siklus akuntansi anda sudah memahami bahwa sebelum menciptakan laporan keuangan, saya dan anda butuh mempunyai Neraca Saldo (Trial Balance) yang seimbang dan benar. Setelah sekian tidak sedikit transaksi diposting tergolong jurnal penyesuaian pada akhir bulan, maka Neraca Saldo penting untuk kita cek ulang. Sekalipun Balance antara total kolom debit dan kolom kredit, tidak serta merta Neraca Saldo tersebut sudah benar dan siap menjadi laporan finansial yang handal.

 

Kesalahan Yang Umumnya Terjadi Hingga Neraca Saldo Tak Seimbang

  1. Kesalahan Dalam Menjurnal

Kesalahan umum yang kesatu merupakan terjadi kekeliruan pencatatan ketika menjurnal. Sebagai misal saat memasarkan mesin yang telah dipakai selama 3 tahun lamanya. Anda melulu menjurnal kas pada mesin saja tanpa mempertimbangkan akumulasi dan laba rugi atas mesin yang Anda jual. Tentunya urusan ini akan dominan pada neraca finansial anda. Bisa pula Anda malah tak sempat menjurnalkan transaksi tertentu pada penerimaan kas atas piutang usaha.

 

  1. Salah Mendebit Kreditkan Akun

Neraca tak dapat seimbang barangkali karena Anda salah dalam mendebit kreditkan akun. Bisa saja Anda keliru yang seharusnya mendebitkan pembayaran pajak ditunaikan dimuka namun Anda malah mengkreditkannya.

  1. Salah Memasukan Saldo

Kesalahan umum selanjutnya yang lumayan sering dirasakan oleh semua akuntan merupakan salah memasukan jumlah sisa perkiraan. Bisa saja Anda kurang menyebutkan jumlah 0 yang tercatat laksana seharusnya Rp.1.250.000 namun melulu ditulis Rp.125.000. Bisa juga Anda keliru menyebutkan angka dengan terbalik sebagai misal saldo yang mestinya ditulis Rp. 375.000 namun Anda malah menyebutkannya sebesar Rp.735.000.

  1. Salah Dalam Memperhitungkan Saldo

Melakukan kekeliruan dalam menjumlah sisa memang umum terjadi lagipula dengan jumlah transaksi sampai ratusan bahkan ribuan dalam sehari. Mungkin saja neraca Anda tak seimbang sebab kesalahan dalam memperhitungkan saldo perkiraan. Jika Anda terbiasa memakai excel dapat saja Anda melewatkan satu cell guna dijumlahkan. Bisa pula Anda lupa untuk meminimalisir akumulasi untuk mendapat asset tetap bersih.

 

Langkah yang Dilakukan Jika Neraca Saldo Tidak Seimbang

Setelah terjadi neraca sisa tidak seimbang, maka Anda dapat menyelesaikannya dengan sejumlah langkah-langkah berikut ini:

  • Jika terjadi kesalahan ialah jumlahnya satuan contoh Rp50.000, Rp500.000, atau Rp5.000.000, maka Anda mesti menghitung dan mengecek berpulang kepada bagian debit kredit.
  • Jika terjadi kekeliruan pada unsur debit atau kredit, maka carilah selisih antara debit kemudian dipecah menjadi dua, periksa pada neraca sisa dan temukan transaksi yang sama dengan separuh dari selisih hasil untuk dua tadi.
  • Jika nilai saldo dapat dibagi menjadi sembilan, maka kerjakan pengecekan pada neraca sisa apakah terdapat salah dalam penulisan pada buku besar. Kesalahan yang sering didatangi biasanya ialah penulisan Rp117.000 ditulis Rp171.000.
  • Yang terkahir andai selisih tidak dapat dibagi sembilan atau dipecah dua, maka periksa kembali pada buku besar dan bukti transaksi apakah terdapat salah penulisan atau tidak.

 

Langkah Pencegahan Agar Neraca Saldo Seimbang

Sebelum terjadi neraca sisa yang tidak balance, ada sejumlah langkah pencegahan yang dapat Anda kerjakan sebelumnya yakni dengan sejumlah cara di bawah ini:

  1. Melakukan analisa yang lebih teliti terhadap elemen-elemen yang dominan dalam proses transaksi contoh aktiva, utang, biaya, pendapatan, dan modal.
  2. Melakukan analisis terhadap elemen-elemen yang bersangkutan, apakah transaksi tersebut dapat menambah atau meminimalisir pada unsur tersebut.
  3. Melakukan analisis pada unsur debit dan kredit yang telah dilakukan, apakah ada ekstra elemen tertentu yang mesti di masukan pada sisi debit ataupun kredit.
  4. Melakukan perbandingan antara angka-angka yang telah di-posting dengan angka-angka pada bukti pembayaran, rekening, dan sejenisnya.
  5. Menguji ulang semua kemiripan antara unsur debit dan kredit dengan keseluruhan daftar yang terdapat pada jurnal.
  6. Menuliskan secara urut cocok dengan nomor rekening.
  7. Menuliskan secara urut menurut tanggal terjadinya transaksi terjadi.
  8. Melakukan periksa pada penulisan angka terutama pada tanda titik dan koma.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam menyusun laporan neraca dengan mudah dan cepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
Chat Us
Stock Opname