Manfaat Software ERP Bagi Kawasan Berikat

 In Bisnis, Software ERP

Manfaat Software ERP– Enterprise Resource Planning atau ERP sepertinya anda sudah sering sekali mendengar kehadiran software unik ini. Apalagi, perusahaan yang berukuran besar maupun berukuran kecil di zaman sekarang sudah mengimplementasikan software ERP ini ke dalam sistem kerja mereka.

Software ERP ini berperan cukup penting dalam mendukung kinerja suatu perusahaan karena secara umum, software ERP ini bertugas dalam mengerjakan seluruh kegiatan operasional perusahaan yang bersifat mengulang dan  membawa dampak perkembangan terhadap perusahaan seperti membuat laporan, penggajian, absensi, manajemen, dan sebagainya.

Walaupun software ERP ini sudah cukup populer di kalangan pebisnis zaman sekarang, tetap saja masih ada beberapa kawasan khususnya kawasan berikat yang masih belum mengetahui manfaat software ERP ini secara detailnya.

Kalau perusahaan anda juga berada di kawasan berikat ini dan ingin mengetahui manfaat software ERP, maka anda sudah berada di tempat yang tepat karena ulasan di bawah ini akan menjelaskan manfaat software ERP bagi kawasan berikat.

5 Manfaat software ERP bagi kawasan berikat

  1. Mempersingkat waktu dalam membuat laporan

Kawasan berikat merupakan salah satu kawasan penting dalam mengembangkan perekonomian suatu negara karena di sinilah kegiatan ekspor impor dilakukan, akan tetapi kegiatan ekspor impor ini bisa memakan waktu yang lama.

Karena setiap barang impor atau ekspor harus dilengkapi dengan pembuatan laporan PRB (Pemberitahuan Ekspor Barang), PIB (Pemberitahuan Impor Barang), serta data pelengkap lainnya.

Pembuatan laporan dan surat sebanyak itu tentu bisa memakan banyak waktu, tetapi dengan adanya software ERP hal tersebut bisa dipersingkat waktunya karena software ERP ini memiliki modul yang bisa membuat laporan terkait barang impor atau ekspor dengan lengkap dan akurat.

2. Meningkatkan tingkat keamanan data

Kawasan berikat rentan terhadap serangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Padahal data-data setiap barang yang ada di kawasan berikat harus dijaga semaksimal mungkin.

Software ERP bisa berperan dalam meningkatkan tingkat keamanan data melalui fitur firewallnya sehingga tidak ada orang lain yang bisa mengakses data barang selain pihak-pihak yang sudah diberikan izin masuk oleh software ERP.

3. Mempermudah proses pengolahan

Barang di kawasan berikat memiliki proses pengolahan yang jauh lebih rumit dibandingkan kawasan lainnya.

Maka dari itu peran software ERP dalam mengolah barang di kawasan berikat sangat penting karena perusahaan yang menggunakan software ERP dapat mempermudah seluruh proses pengelolaan persediaan barang dan mempermudah pihak perusahaan dalam menyediakan informasi penting bagi pihak stakeholder termasuk DJBC.

4. Meningkatkan kualitas pelayanan               

Penerima barang ekspor impor selalu mengharapkan kualitas pelayanan terbaik mengingat barang-barang yang ada di kawasan berikat memiliki sistem pengolahan yang jauh lebih rumit.

Dengan menggunakan software ERP, anda bisa meningkatkan pelayanan karena software ERP menawarkan kepada pihak stakeholder seluruh informasi dan riwayat proses pengiriman barang yang sesuai dengan profil dan persyaratan IT Inventory.

5. Melacak proses pengiriman barang

Biasanya, untuk setiap aktivitas transaksi yang terjadi di kawasan berikat harus mematuhi peraturan kepabeanan yang terkadang sulit diketahui jika tidak ada sistem yang bisa melacak posisi barang tersebut.

Untungnya, software ERP merupakan salah sistem yang bisa melacak proses pengiriman barang karena software ERP sendiri sudah dilengkapi dengan modul internal tracking on BC transaction sehingga anda bisa memantau posisi barang melalui link dokumen seperti penerimaan barang dan pengiriman barang melalui Bea Cukai Information.

 Bagaimana? Dapat dilihat bahwa software ERP sangat membantu kawasan berikat. Maka dari itu gunakan Keysoft ERP sebagai Software kawasan berikat anda. Untuk info lebih lanjut mengenai keysoft ERP silahkan klik disini atau hubungi kami untuk konsultasi gratis disini.

Recommended Posts
Program-erp-indonesiaopen-api-adalah