Manfaat Dari Jaringan Usaha yang Harus Kamu Ketahui

 In Uncategorized

Manfaat Dari Jaringan Usaha –  Tidak peduli bisnis atau proyek apa yang anda jalankan, namanya menjalani bisnis seorang diri merupakan hal yang mustahil. Hal ini dikarenakan bisnis itu bukan tentang seorang diri atau perusahaan anda sendiri, tapi juga dengan orang luar seperti konsumen, pesaing, supplier, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu agar bisnis anda tetap lancar, anda harus memiliki jaringan usaha. Jaringan usaha merupakan proses membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan pengusaha lain atau calon klien. Hal ini perlu anda lakukan karena namanya bisnis itu bukan bersaing, tetapi saling membantu.

Nah, dengan jaringan usaha ini anda memiliki kesempatan untuk memperluas bisnis yang nantinya akan memberi banyak keuntungan terhadap kelangsungan bisnis anda kedepannya. Tapi apa saja keuntungan itu? Untuk itu, anda bisa menyimak 5 manfaat dari jaringan usaha.

1. Membuka proyek baru

Manfaat yang paling bisa anda rasakan dari jaringan usaha adalah terbukanya proyek baru. Hal ini dikarenakan ketika anda telah membangun hubungan yang baik dan sehat dengan pengusaha lain atau calon klien, maka akan lebih mudah bagi anda dalam menawarkan produk/jasa yang anda sediakan ke calon klien anda.

Percaya atau tidak, calon klien lebih mudah menerima tawaran anda karena sebelumnya telah ada hubungan yang dibangun sehingga mereka lebih percaya dengan anda dibandingkan dengan orang asing yang tidak pernah mereka kenal.

Dan bukan anda saja yang perlu menawarkan produk/jasa karena mungkin saja calon klien anda akan memiliki masalah khusus kedepannya sehingga memerlukan bantuan profesional dari anda.

2. Saling tukar informasi

Memiliki jaringan usaha bisa berguna dalam menambah wawasan anda tentang dunia usaha karena mungkin saja orang-orang yang anda kenal merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman. Sehingga anda bisa belajar banyak dari sudut pandang mereka, strategi mereka, dan kesalahan apa yang mereka buat sehingga anda tidak perlu lagi mengulangi hal yang sama.

Contohnya, jika saat ini anda menjalani bisnis perdagangan internasional, tentu saja anda akan memiliki kesulitan dalam memahami regulasi yang berlaku di setiap negara. Nah, dari jaringan usaha itu ada dua acara untuk mendapatkan bantuan yaitu dari perusahaan konsultasi yang akan menagih anda dengan harga yang cukup besar atau anda bisa belajar dari salah satu relasi yang anda temui saat membangun jaringan usaha itu yang kemungkinan besar memberikan informasi gratis, sehingga anda tidak perlu lagi mengambil risiko dan investasi waktu yang lebih lama.

3. Menambah rasa percaya diri

Bertemu dengan orang-orang baru akan menambah rasa percaya diri anda sehingga nantinya anda akan terbiasa dalam membangun hubungan kerja sama. Jadi, memiliki jaringan usaha bisa sangat membantu bagi anda yang memiliki rasa malu saat bertemu dengan orang.

Dan dikarenakan kebanyakan pengusaha memiliki mindset yang positif, hal ini juga akan membantu anda tetap semangat saat anda merasa frustrasi ketika bisnis anda sedang mengalami kegagalan sehingga anda bisa terinspirasi dari mereka untuk melanjutkan usaha anda.

4. Tetap update

Dunia usaha selalu mengalami perubahan yang tidak tentu seperti kebijakan baru dari pemerintah, perubahan harga saham, isu yang sedang trending, dan lain-lain. Hal ini bisa terjadi kapan saja dan sulit diprediksi.

Jadi, agar anda tetap bersaing secara optimal di kondisi pasar yang tidak stabil, maka mengunjungi event atau seminar bisnis secara teratur bisa membuat anda tetap update dengan perubahan baru yang ada.

5. Mengatasi masalah

Jika bisnis anda sedang mengalami masalah yang harus segera ditangani, maka jaringan usaha bisa memberi anda banyak pilihan terpercaya. Contohnya, jika anda membutuhkan bantuan akuntansi, manajemen, pengacara, dan sebagainya, maka dengan relasi yang anda temui bisa menjadi orang yang paling berpotensi untuk menyelesaikan masalah anda.

Memang Manfaat jaringan usaha banyak sekali untuk bisnis anda. Selain itu mempunyai jaringan usaha juga dapat memberikan kita ide bisnis baru untuk bisnis anda. Menjadi Patnership dari usaha teman anda juga bisa dijadikan salah satu peluang usaha yang bisa anda manfaatkan .Contohnya adalah menjadi referrer dan reseller.

Selain itu anda juga dapat mendapat rekomendasi dari teman anda beberapa Software untuk usaha anda yang sedang anda perlukan. Seperti software ERP dan Software Akuntansi. Akan tetapi alangkah lebih baik jika anda mencoba Software ERP yang sudah terdapat Fitur akuntansi didalamnya. Selain untuk menghemat biaya, Menggunakan Software ERP juga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha anda. Untuk Software ERP anda dapat menggunakan Keysoft. keysoft adalah Software ERP dengan harga terjangkau yang hampir sama dengan Software Akuntansi. Anda dapat mengonsultasikan Gratis Kebutuhan Software ERP anda dengan klik disini.

Recent Posts