Manajemen Gudang Anda Dengan 7 Tips Ini!

 In Bisnis, Software ERP

Manajemen gudang berperan penting terhadap kelangsungan bisnis karena pengelolaan barang yang ada di gudang akan menentukan apakah perusahaan bisa memenuhi semua permintaan pasar atau tidak.

Jika perusahaan gagal dalam mengelola barang digudangnya, kerugian besar dapat terjadi karena inventaris yang ada di dalam gudang rusak, hilang, terlambat, dan sebagainya yang pasti dapat membuat konsumen tidak puas.

Maka dari itu, bagi anda yang perusahaannya juga mengalami masalah dengan manajemen gudang, terdapat 7 tips yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan urusan gudang anda :

  1. Atur tata letak gudang

Pertama, anda harus mengatur tata letak gudang. Pastikan anda menggunakan setiap ruang untuk menyimpan barang dapat mempermudah proses masuk dan keluarnya barang. Jangan lupa untuk menandai setiap rak untuk mempermudah staf anda dalam menaruh dan mengambil barang pesanan konsumen

  1. Pisahkan barang sesuai dengan permintaan

Setiap barang memiliki jumlah peminat dan kecepatan jual yang berbeda. Maka dari itu, sangat disarankan kepada anda untuk menyimpan barang-barang yang paling banyak diminta oleh konsumen di tempat yang mudah diakses oleh staf anda untuk menghemat banyak waktu dan tenaga.

Untuk mengetahui barang mana yang paling laku terjual, gunakan software ERP yang mampu menyediakan data barang mana yang paling laku terjual sehingga anda bisa lebih mudah lagi dalam membagikan tugas dan membuat keputusan.

  1. Lakukan perhitungan siklus secara rutin

Setiap barang yang ada di gedung akan dihitung sebanyak satu atau dua kali melalui perhitungan fisik. tetapi untuk mengantisipasi perubahan permintaan pasar, sebaiknya anda melakukan perhitungan siklus setidaknya tiga bulan sekali.

Andapun tidak perlu merasa repot ketika melakukan perhitungan siklus karena tidak seperti perhitungan fisik, anda hanya perlu menghitung sebagian kecil barang yang terdapat di lokasi tertentu sehingga anda tidak perlu memberhentikan seluruh kegiatan gudang.

  1. Beri kode untuk setiap barang

Untuk memudahkan staf anda dalam mencari dan mengambil barang. Berilah kode untuk setiap barang, baik itu kode SKU atau Barcode. Agar prosesnya lebih mudah lagi, gunakan software ERP yang memiliki fitur integrasi dengan kode SKU atau barcode scanner.

  1. Tingkatkan keamanan gudang

Jika ada satu barang saja yang hilang, hal ini tentu bisa menjadi masalah besar bagi bisnis anda. Untuk menghindari kerugian, anda perlu melengkapi fasilitas gedung anda dengan berbagai alat pengaman seperti kamera pengawas. Pastikan juga, staf anda menggunakan kartu akses dan seragam untuk masuk ke gudang.

  1. Tentukan metode manajemen barang yang dipakai

Setiap perusahaan memiliki kondisi gudang yang berbeda, mulai dari jumlah pesanan, luas, tata letak, dan peraturan yang dibuat perusahaan sehingga metode yang anda gunakan juga harus berbeda.

Secara garis besar, terdapat empat metode untuk pengambilan barang, anda bisa menggunakan salah satunya sebagai berikut:

  • Zone Picking
  • Batch Picking
  • Cluster Picking
  • Wave Picking
  1. Gunakan software manajemen inventaris

Memanajemen semua urusan pergudangan secara manual tentu akan menurunkan kinerja perusahaan dan memperberat beban staf. Untuk itu, gunakan software ERP agar anda dan staf anda bisa memanajemen gudang lebih efisien dan lebih cepat. Anda dapat menggunakan Key ERP Software sebagai pilihan yang efektif untuk manajemen gudang anda. Konsultasikan kebutuhan anda sekarang!

Recent Posts
Sekolah