5 Laporan Keuangan perusahaan Ini Harus Anda Ketahui

 In Akuntansi, Bisnis, Uncategorized

Tidak peduli apapun jenis perusahaan yang anda jalankan, laporan keuangan merupakan satu-satunya laporan yang akan dibutuhkan dalam suatu periode tertentu. Karena laporan keuangan perusahaan ini akan menunjukkan kondisi finansial suatu perusahaan pada suatu periode tertentu.

Dengan mengetahui informasi dari laporan keuangan itu, anda dan pihak manajemen bisa tahu hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis, menyelamatkan bisnis anda dari kerugian, dan informasi penting apa saja yang perlu anda sediakan ke pihak luar perusahaan seperti bank, pemerintah, investor, dan sebagainya.

Melihat pentingnya laporan keuangan ini bisa membuat anda berpikir kalau laporan keuangan merupakan laporan yang harus anda susun dengan hati-hati, akan tetapi tahukah anda bahwa terdapat 5 format laporan keuangan yang harus anda ketahui untuk menyusun laporan keuangan yang akurat?

Jika anda belum mengetahuinya, maka anda bisa memperhatikan ulasan berikut ini dengan cermat.

  1. Laporan laba/rugi

Laporan laba/rugi atau income statement merupakan laporan yang berfungsi dalam menyediakan informasi kinerja keuangan perusahaan berdasarkan keuntungan dan kerugian yang diperoleh dalam periode tertentu.

Biasanya, format yang dibutuhkan untuk laporan keuangan perusahaan terdiri atas pendapatan, harga pokok produksi (HPP), beban pajak, beban, dan laba atau rugi yang diterima perusahaan.

Secara umum, format untuk laporan keuangan terbagi menjadi dua, yakni single step dan multiple step.

  • Single step ini berisi semua keuntungan yang didapat akan dikurangi oleh jumlah beban. Jumlah selisih ini akan menunjukkan apakah perusahaan mengalami kerugian atau keuntungan dalam periode tertentu.
  • Multiple step memisahkan transaksi operasional dan non-operasional yang kemudian di bandingkan dengan jumlah beban/biaya dan pendapatan untuk menghitung laba operasionalnya.

2. Laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan yang bertugas dalam menggambarkan perubahan aktiva bersih yang bisa menunjukkan suatu peningkatan atau penurunan dalam satu periode.

Untuk formatnya, anda bisa melihat hal apa saja yang mengakibatkan terjadinya perubahan modal seperti modal awal, prive (pengambilan dana untuk kebutuhan pribadi), dan total laba rugi yang diperoleh.

Dengan ini, laporan perubahan modal hanya akan bisa dibuat setelah anda menyusun laporan laba/rugi.

3. Laporan neraca

Laporan neraca atau balance sheet merupakan laporan yang dibuat untuk menunjukkan posisi dan informasi keuangan suatu perusahaan. Elemen yang diperlukan untuk mengisi laporan neraca hanya terdiri atas tiga akun, yakni aset, kewajiban, dan modal.

Untuk mendapat gambaran yang lebih jelas lagi, anda bisa memperhatikan rumus berikut ini:

Aset = Kewajiban + Modal

Dari sini, anda bisa melihat bahwa sisa aset dan pasiva (kewajiban dan modal) harus seimbang agar bisa mendapatkan hasil laporan neraca yang tepat.

4. Laporan arus kas

Sesuai dengan namanya, laporan arus kas atau cashflow stateman bertujuan untuk memberitahu perusahaan mengenai aliran kas perusahaan yang masuk dan keluar dalam satu periode dan prediksi arus kas di periode selanjutnya.

Laporan arus kas terdiri atas 3 aktivitas utama, berikut ketiga aktivitasnya:

  • Aktivitas operasi (Operating Activities)
  • Aktivitas Investasi (Investing Activities)
  • Aktivitas Pendanaan (Financing Activities)

5. Catatan atas laporan keuangan

Walaupun laporan ini tidak wajib, tetapi CALK sering dibuat oleh perusahaan skala besar untuk memberikan informasi yang lebih singkat mengenai berbagai hal yang ada di laporan keuangan sebelumnya sehingga Catatan Atas Laporan Keuangan selalu ada di bagian paling belakang.

Walaupun laporan ini selalu dibuat di akhir periode, menyusun laporan ini cukup sulit karena CALK terdiri dari banyak halaman.

Untuk memudahkan anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan anda dapat menggunakan Software. Pilihlah software yang tepat seperti Keysoft ERP untuk perusahaan anda. Software ERP sudah termasuk modul-modul software akuntansi didalamnya. Dan juga Keysoft ERP memiliki harga software akuntansi tetapi dengan modul yang lebih banyak. Untuk info lebih lanjut hubungi Keysoft ERP disini sekarang juga.

Recommended Posts
Management-payrollinvoice-adalah