Laporan Keuangan Dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

 In Uncategorized

Laporan keuangan merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus ada di dalam suatu perusahaan dan harus berisikan informasi yang nyata dan mudah dipahami, karena melalui laporan keuanganlah perusahaan dapat menentukan kebijakan-kebijakan yang harus dilakukan oleh perusahaan. Untuk itu diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam menyusun laporan keuangan. Kesalahan kecil dalam pembuatan laporan dapat mengakibatkan hal yang buruk bagi perusahaan.

Sifat Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan harus dibuat secara kualitatif dan kuantitatif dengan memiliki ciri khas seperti:

  • Relevan
  • Handal
  • Mudah Dimengerti
  • Dapat dibandingan

Tujuan Laporan Keuangan

Laporan perusahaan diciptakan sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban untuk pihak-pihak yang berhubungan dalam usaha, baik pihak internal maupun eksternal.

Isi Laporan Keuangan

Dalam menyusun sebuah laporan keuangan, isi yang dimasukkan kedalamnya tentu memerlukan ketelitian dan penyusunan yang tepat :

  • Laporan Laba Rugi

Laporan yang dibuat harus mengandung laporan laba rugi yang didapatkan dari kegiatan jual beli produk atau jasa yang dilaksanakan perusahaan bersangkutan. Laporan laba rugi nantinya dibutuhkan untuk menghitung berapa efisiensi kinerja yang telah tercapai dan merealisasikan strategi bagaimana laba perusahaan dapat ditingkatkan di periode berikutnya.

  • Laporan Cash In dan Cash Out

Laporan harus mengandung laporan kas masuk dan kas keluar. Laporan ini lazimnya mengandung transaksi keuangan yang dilaksanakan sebuah perusahaan sekitar periode tertentu. Laporan kas masuk biasanya berisi penghasilan kotor yang didapatkan dari penjualan jasa dan produk. Sedangkan arus kas keluar berisi laporan pembayaran pengeluaran tetap atau variable masing-masing bulan seperti ongkos listrik, perawatan inventaris di perusahaan, biaya telepon, dan lainnya.

  • Laporan Arus Kas atau Cash Flow

Laporan cash flow ialah kombinasi yang memasukkan cash in dan cash out secara berkesinambungan dan dipakai untuk menganalisa apakah laporan antara cash in dan cash out telah benar-benar cocok atau tidak. Laporan cash out pun bisa dipakai untuk menganalisa secara tidak langsung, apakah uang yang tersisa masih aman atau tidak.

  • Laporan Perubahan Ekuitas

Setiap perusahaan harus menyertakan laporan perkembangan ekuitas, di mana laporan ini mengandung laporan perkembangan aktiva ataupun modal yang diserahkan di awal hingga di akhir periode laporan.

  • Laporan Neraca Total atau Buku Besar

Segala jenis transaksi finansial yang dilangsungkan dalam suatu perusahaan lalu dirangkum ke dalam suatu neraca yang menyajikan segala jenis transaksi beserta buktinya.

Anda sedang mencari software yang dapat membuat laporan finansial dengan mudah dan cepat ? Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts
Kegagalan ProduksiMengolah pengeluaran