Laporan Arus Kas Dan Pentingnya Untuk Perusahaan

 In Akuntansi, Keuangan, Uncategorized

Laporan – Arus kas atau cash flow adalah sebuah elemen penting bagi perusahaan karena memberikan informasi mengenai bagaimana kondisi keuangan sebuah perusahaan pada satu periode. Bahkan saking pentingnya, laporan kas tersebut bisa menjadi parameter untuk menilai kesuksesan sebuah usaha. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya bisa terpaku pada laporan laba rugi. Laporan arus kas akan menunjukkan lalu lintas masuk dan keluarnya nilai bank atau kas. Namun, faktanya banyak sekali pengusaha yang mengabaikan laporan arus kas sehingga banyak dari mereka yang tidak sadar bahwa penjualan yang tinggi belum berarti uang akan datang dan memenuhi kas mereka. Bisa jadi kas mereka kosong atau saldo bank perusahaan mereka hanya tersisa sedikit.

Karena inilah kemudian banyak perusahaan yang kemudian bingung untuk mencari solusi atau cara agar mereka dapat menutupi segala macam biaya operasional untuk membayar gaji para pegawainya. Karena itulah, sebaiknya anda jangan menyepelekan laporan arus kas karena laporan ini bisa memberikan manfaat seperti di bawah ini.

  • Kemampuan untuk Menghasilkan Arus Kas di Masa Depan

Tujuan yang paling utama dari laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi yang akan membuat sebuah perusahaan mampu untuk memprediksi waktu, jumlah, dan juga ketidakpastian arus kas di masa yang akan datang. Apabila perusahaan memeriksa hubungan antara beberapa aspek seperti penjualan dan arus kas bersih dari kegiatan operasi hingga kenaikan atau penurunan kas, maka perusahaan tersebut bisa membuat prediksi yang lebih baik akan waktu, jumlah, dan lain sebagainya. hal ini lebih baik dibandingkan menggunakan data actual.

  • Kemampuan perusahaan untuk Memenuhi Kewajiban dan Membayar Deviden

Kas merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Apabila perusahaan tidak memiliki kas dengan jumlah mencukupi, maka bisa jadi gaji karyawan tidak akan bisa dibayar, hutang juga tidak akan dapat dilunasi, peralatan yang dibutuhkan tidak bisa dibeli, hingga dividen yang tidak bisa dibayar. Laporan arus kas akan menunjukkan bagaimana kas akan digunakan dan darimanakah kas tersebut berasal. Ada beberapa pihak yang memiliki kepentingan dalam laporan arus kas ini seperti karyawan, pemegang saham, kreditor, dan lain sebagainya.

  • Mengetahui Laba Bersih dan Arus Kas Bersih dari kegiatan operasi yang berlangsung

Laba bersih merupakan angka yang sangat penting karena menyajikan informasi mengenai kegagalan atau keberhasilan sebuah bisnis atau perusahaan dari suatu periode ke periode yang lain. Namun, ada banyak orang yang memberikan kritik atas laba bersih tersebut dengan dasar aktual karena harus membuat sebuah estimasi untuk mendapatkan angka laba bersih dimana ini seringkali diragukan. Hal inilah yang kemudian bisa diantisipasi oleh laporan arus kas. Dengan laporan ini perusahaan akan mampu mengetahui penyebab dari perbedaan laba bersih dan arus kas bersih dari sebuah kegiatan operasi. Kemudian, perusahaan dapat melihat reliabilitas dari angka tersebut.

  • Melihat Transaksi Investasi dan Pembiayaan yang Melibatkan Non Kas dan Kas selama satu periode

Dengan melakukan dan memeriksa investasi sebuah perusahaan (penjualan dan pembelian aktiva selain dari produknya) serta kegiatan pembiayan seperti pinjaman, pelunasan pinjaman, investasi, dan distribusi kepada pemilik, seseorang yang membawa laporan keuangan bisa memahami dengan baik mengapa sebuah aktiva dan kewajiban bisa bertambah atau berkurang dalam satu periode.

Laporan arus kas atau cash flow terbukti sangat penting dan bermanfaat untuk kelangsungan bisnis yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk itu, anda membutuhkan software yang dapat membantu anda dalam menyusun Laporan Arus Kas dengan akurat dan cepat. Key ERP Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recommended Posts
SamplingSistem Persediaan