Langkah – Langkah Implementasi Program ERP

 In Bisnis, Software ERP, Uncategorized

Implementasi program ERP merupakan suatu kegiatan yang penting dalam menjalankan perusahaan. Implementasi ERP ini dapat memberikan banyak keuntungan dalam menjalankan suatu perusahaan.

Contohnya, implementasi program ERP dapat mengotomatiskan kegiatan operasional yang biasanya perlu dilakukan berulang kali sehingga perusahaan bisa lebih fokus dalam mengembangkan perusahaannya. Program ERP juga dapat menyimpan data perusahaan lebih aman dan mengintegrasikan sistem kerja sehingga kinerja perusahaan semakin meningkat.

Dengan memperhatikan keuntungan yang bisa didapat dari implementasi program ERP, anda tahu kalau anda sendiri juga perlu melakukan implementasi ERP ini agar perusahaan anda dapat bersaing secara maksimal di pasaran modern ini, tetapi apakah anda sendiri bingung bagaimana melakukan implementasi program ERP ini?

Implementasi ERP memang sulit dan membutuhkan perencanaan yang matang, tetapi jika anda mengikuti langkah-langkah yang akan diberikan oleh ulasan berikut ini, dapat dipastikan kalau proses implementasinya dapat berjalan dengan lancar.

Berikut langkah-langkah implementasi program ERP :

  • Pemilihan program ERP

Sebelum mengimplementasikan program ERP anda perlu menentukan apakah anda akan membuat program ERP sendiri (custom made) atau membeli program ERP yang sudah ada di pasaran?

Walaupun program ERP ini bisa dibuat sendiri, sangat disarankan untuk membeli yang sudah ada di pasaran karena untuk membuat program ERP membutuhkan banyak waktu dan biaya, belum dihitung biaya untuk menjaga atau memperbaiki kinerja program ERP tersebut.

Jika anda memutuskan untuk membeli program ERP, pilihlah program ERP yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda karena saat ini sudah ada banyak jenis software ERP yang masing-masing dirancang untuk kebutuhan perusahaan tertentu.

Membutuhkan Software ERP? Cek disini sekarang.

Untuk mengetahui ERP mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, anda bisa menggunakan tips-tips berikut ini.

  • Tentukan jenis perusahaan

Perusahaan bisa terbagi menjadi berbagai jenis. Ada perusahaan jasa, manufaktur, dagang, kontrak, ritel, yayasan, dan koperasi.

Dari sini, anda perlu menentukan kalau perusahaan anda itu termasuk perusahaan apa karena ada program ERP yang disediakan khusus untuk perusahaan tertentu sehingga dengan menentukan jenis perusahaan terlebih dahulu, anda akan memiliki pilihan ERP terbaik.

  • Perhatikan fitur yang tersedia

Anda perlu menanyakan segala fitur yang disediakan oleh developer ERP pilihan anda agar ERPnya dapat bekerja secara maksimal dan meminimalisir adanya error atau trial.

Ketika memperhatikan fiturnya, pastikan kalau program ERPnya memiliki fitur utama seperti CRM, inventory management, POS, membership, finance, accounting, report, pricing, dan purchasing & supplier.

  • Perhatikan reputasi developer ERP tersebut

Memperhatikan reputasi juga penting karena dengan adanya testimoni kalau pelanggan sebelumnya merasa puas terhadap kinerja ERP yang diberikan oleh developer, anda bisa tahu kalau ERPnya nanti bisa membuat anda merasa puas juga.

  • Buat daftar

Selanjutnya, anda perlu membuat daftar yang berisi tantangan dan bagian perusahaan apa saja yang perlu digantikan oleh implementasi program ERP ini sehingga anda akan lebih mudah lagi dalam menentukan prioritas mana yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.

  • Antisipasi perubahan

Implementasi program ERP merupakan revolusi besar dalam menjalankan perusahaan sehingga anda perlu mengantisipasi perubahan yang mungkin terjadi agar perusahaan anda bisa tetap bekerja dengan maksimal.

Berikut perubahan yang perlu diantisipasi:

  • Perubahan teknologi

Anda perlu menanyakan kepada tenaga kerja perusahaan, apakah mereka bersedia untuk beradaptasi dengan adanya program ERP ketika sudah diimplementasikan. Jika mereka bersedia, maka anda bisa membantu mereka dalam memahami lebih dalam tentang proses kerja program ERP.

  • Perubahan proses bisnis

Perkirakan kegiatan mana saja yang akan dipengaruhi oleh program ERP sehingga hal ini akan memperlancar proses implementasinya, tetapi jika anda merasa kesulitan dalam menentukannya, anda bisa meminta bantuan dari pihak luar.

  • Perubahan kultur

Anda perlu mendiskusikan dengan setiap bagian perusahaan anda mengenai implementasi ERP agar mereka mau bekerja sama sehingga proses implementasinya dapat berjalan dengan lancar.

Software ERP memang sebuah solusi tepat untuk bisnis anda menjadi lebih mudah dan modern. Semua laporan dapat anda pantau secara real time dan akurat. Jika anda membutuhkan software ERP dengan harga terjangkau ataupun memiliki pertanyaan terakait software ERP lainya dapat menghubungi Keysoft ERP disini.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt
invoice-adalahCustomer-suuport