Langkah Awal Memulai Bisnis Ekspor

 In Bisnis

Bisnis Ekspor? Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini bukan, ekspor merupakan kegiatan pengiriman atau penjualan barang dari dalam ke luar negeri sehingga melewati wilayah RI. Bisnis ekspor memiliki ruang lingkup yang sangat luas mengingat kembali dimana kalian harus menjual produk keluar negeri. Sebenarnya bisnis ekspor sangat mudah sekali untuk dijalankan bagi mereka yang punya tekat kuat, kegigihan dan berani mengambil risiko. Namun keuntungan dari bisnis ini juga tidak main – main kalian mampu mengembalikan modal dan dan mendapatkan laba hanya dalam beberapa bulan saja. Daya saing bisnis ekspor sangat rendah dibandingkan dengan bisnis impor jika mampu menjalankan secara rapi, serius dan hati – hati. Simak penjelasan lengkap langkah awal memulai bisnis ekspor yang aman untuk para pemula dibawah ini.

  1. Mencari kolega

Hal yang paling utama saat akan berbisnis adalah memiliki relasi atau kolega untuk diajak bekerja sama membangun bisnis. Terutama untuk bisnis ekspor kalian harus memulai membuka hubungan dengan konsultan asin, bergabung dengan beberapa komunitas luar negeri dan juga memperbanyak relasi di negara – negara tetangga. Konsultan asing akan membantu kalian memecahkan dan menemukan solusi tepat dalam bisnis ekspor, kalian dapat mencarinya di perusahaan konsultan bisnis atau institusi luar negeri. Sebaiknya carilah konsultan asing yang berasal dari negara tujuan bisnis ekspor akan dipasarkan. Untuk mencari kolega bisnis juga cukup mudah dengan cara memperbanyak mengikuti program seminar atau pertemuan bisnis dari luar negeri.

  1. Memenuhi persyaratan ekspor

Setiap negara memiliki standart dan aturan khusus sebagai persyaratan dalam menjual produk dari asing. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah produk bisnis kalian bersaing dipasaran negara tersebut. Mulailah mempelajari dan memahami berbagai macam persyaratan dari negara tujuan bisnis kalian. Caranya sangat mudah dengan meminta bantuan konsultan asing untuk mencarikan persyaratan tersebut, atau dengan mengidentifikasi beberapa produk asli dari negara tersebut. Inilah yang nantinya membantu bisnis kalian dapat diterima dan sesuai standart dari negara tujuan ekspor.

  1. Metode pembayaran & pengiriman

Selanjutnya kalian harus mengetahui metode pembayaran dan pengiriman barang ekspor sesuai pasar luar negeri. Hal ini adalah salah satu komponen paling vital dalam berbisnis ekspor dilandasi oleh perbedaan sosial budaya, hukum, standart wilayah dan juga mata uang. Dengan mengetahui metode pembayaran dan pengiriman akan meningkatkan reputasi bisnis ekspor serta menambah keuntungan lain dalam berbisnis kedepannya.

  1. Broker bea cukai

Salah satu masalah terberat ketika akan memulai bisnis ekspor ataupun impor adalah bea cukai. Supaya bisnis ekspor kalian berjalan dengan baik sebaiknya gunakan jasa broker bea cukai, ini bukan merupakan hal baru dalam dunia bisnis ekspor impor. Broker bea cukai akan mengatur, mempersiapkan dan melancarkan pengiriman barang. Serta mempermudah dalam mengembangkan bisnis ekspor ke pasar luar negeri.

  1. Pemasaran

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk melakukan bisnis ekspor tanpa memerlukan beberapa pertimbangan diatas. Kalian cukup bergabung dengan market place online server luar negeri dan menjalin kontrak untuk memasarkan produk di pasar luar negeri. Tinggal menunggu pesanan dari konsumen lalu kalian baru melakukan pengiriman barang. Namun jika memakai cara ini bisnis kalian akan sulit berkembang dan bersaing di pasar luar negeri.

Itulah beberapa langkah awal memulai bisnis ekspor lebih mudah dan aman. Mampu mengambil risiko tinggi akan mendatangkan keuntungan yang tinggi juga lakukan metode operasional yang detail, jelas, dan efektif untuk menghindari berbagai risiko bisnis di pasar asing.

Jika anda sudah memiliki usaha yang bergerak pada bidang ekspor, dan membutuhkan software akuntansi sebagai alat bantu administrasi dan laporan keuangan, silahkan dapat menghubungi Keysoft Accounting

Recommended Posts