Kualitas Produk dan Teknik dalam meningkatkannya

 In Uncategorized

Seorang manajer pemasaran akan memahami rantai nilai ini untuk dapat meningkatkan kualitas produk. Jika dia tahu di mana nilai dari produk tersebut dapat ditambahkan, maka tentu dapat mengerjakan sebuah terobosan.

Berikut ialah beberapa teknik untuk menambah kualitas Produk yang didapatkan apapun jenis bisnisnya:

 

  • Mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan

Kualitas produk yang diserahkan harus cocok dengan keperluan dan kemauan pelanggan. Jika pelanggan memerlukan produk murah, maka tidak ada gunanya mengerjakan rekayasa produk yang sama dan mengeluarkan ongkos dua kali lipat dalam proses produksi. Sebaliknya, andai pelanggan yang ditargetkan mengharapkan kinerja melebihi harga, maka Anda butuh merencanakan produk yang cocok dengan harapan mereka.

 

  • Komunikasi yang efektif

Kesenjangan antara penelitian pasar dan buatan haruslah minim. Sebaiknya Anda tidak memesan di akhir yang hingga ke desainer produk bertolak belakang dengan harapan departemen pemasaran. Apabila faktanya demikian, desain yang dikemukakan oleh tim penelitian pasar dan produk bakal memiliki sejumlah celah. Dalam menutupi celah ini, kesenjangan antara penelitian pasar dan desain produk tentunya mesti ditamatkan dengan komunikasi yang baik.

 

  • Mengelola permintaan dengan baik

Seringkali kualitas produk tidak ditentukan oleh produk tersebut, tetapi ketersediaan produk. Dalam pemasaran produk misalnya, sangat urgen untuk mengisi permintaan. Kualitas produk tidak selalu ditentukan oleh fitur-fiturnya yang nyata, tetapi  unsur-unsur tidak berwujud. Oleh karenanya, mengelola permintaan sangat urgen untuk mendorong persepsi yang lebih tinggi dalam benak pelanggan.

 

  • Melakukan pengukuran rutin

Cobalah untuk menuntaskan 2 KPI (Key Performance Indicator) dalam waktu sehari. Hal ini bakal memacu untuk bekerja lebih keras lagi sehingga keterampilan lebih optimal. Biasanya di antara hasil kegiatan akan tampak kesalahannya oleh tim, sementara satunya lagi bakal terlihat kesalahannya oleh orang-orang yang sudah memakai produk tersebut.

 

  • Dengarkan kata pengguna

Coba mintalah semua pelanggan untuk mengisahkan pengalaman mereka setelah memakai produk Anda. Tanyakan masalah apa yang mereka alami dan apa yang dapat Anda kerjakan untuk menolong mereka. Catatlah masing-masing masukan ataupun masalah dari pemakai dan segera masukan dalam susunan hal-hal yang mesti segera diselesaikan.

 

  • Fokus pada proses, bukan pada orang

Setiap orang yang termasuk dalam proses penciptaan produk hendak melakukan urusan yang terbaik dalam kegiatan mereka. Dalam tidak sedikit kasus, biasanya yang merasakan cacat ialah prosesnya, bukan orangnya. Segeralah perbaiki kecacatan itu dibuka dari memeriksa sistem, kemudian kurangi atau tambah sejumlah langkah dalam proses produksinya.

 

  • Adakan rapat yang efektif

Seringkali rapat berlangsung lama dan membosankan, jadi hindari menyelenggarakan rapat terlampau sering. Solusinya ialah adakan rapat mingguan yang di dalamnya membicarakan isu-isu yang sehubungan dengan penambahan kualitas produk. Buat seluruh orang termasuk dengan teknik masing-masing mengadukan hasil kegiatan terakhir, masalah-masalah yang timbul, serta sekian banyak ide gagasan yang dapat diterapkan menjadi penyelesaian dari persoalan yang dihadapi. Usahakan untuk menciptakan rapat tersebut dengan mengasyikkan namun tidak boleh memakan waktu terlampau lama. Lalu pastikan untuk tidak jarang kali mendapatkan gagasan solusi dari masing-masing masalah yang dihadapi.

 

  • Buat peta masalah

Ada masalah yang jarang timbul dan terdapat yang tidak jarang timbul. Urutkan dari masalah yang sangat sering timbul sampai yang sangat jarang timbul. Lalu fokuslah menggarap solusi untuk masalah yang sangat sering timbul. Jangan habiskan waktu menggarap solusi guna masalah yang jarang dihadapi.

Selain itu, diperlukan software akuntansi yang dapat membantu anda dalam meningkatkan kontrol kualitas produk dengan mudah dan cepat. Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts