Kualitas Persediaan Dan Cara Dalan Menjaganya

 In Uncategorized

Manajemen kualitas persediaan ialah bagian dari perusahaan yang bermanfaat untuk menata persediaan barang yang dimiliki. Mulai dari teknik memperoleh persediaan, penyimpanannya, hingga persediaan itu dimanfaatkan atau dikeluarkan. Kelebihan atau kelemahan persediaan dapat mengakibatkan kerugian dalam perusahaan, sebab setiap persediaan mempunyai jangka waktu dalam penyimpanannya. Apabila terlalu lama dalam gudang maka persediaan bakal lebih gampang rusak, dan sebaliknya andai persediaan pada gudang sudah habis, perusahaan tidak bisa menjualnya untuk pelanggan dan bisa mengakibatkan hilangnya pelanggan. Oleh sebab itu, manajemen kualitas persediaan sangat dibutuhkan untuk mengelola bisnis.

Persediaan ialah aset perusahaan yang menganggur (idle). Atau aset yang masih ditabung atau aset yang menantikan untuk dipakai (dijual). Contoh persediaan ialah persediaan barang dagang (pada perusahaan dagang). Pada perusahaan manufaktur, jenis persediaan dapat lebih banyak lagi, sepertinya persediaan bahan baku (material), barang separuh jadi dan barang jadi. Mengatur persediaan dapat dikatakan mudah gampang susah.

Berikut teknik menjaga kualitas persediaan.

  • Lakukan Perencanaan & Proyeksi Persediaan

Persediaan berlebih ataupun tidak cukup dapat menyebabkan kerugian untuk perusahaan. Bagi menghindari urusan tersebut, Anda dapat menciptakan perencanaan dan proyeksi guna mengelola persediaan barang. Di samping untuk meminimalisir risiko kerugian, perencanaan dan proyeksi persediaan pun dapat menolong pengusaha saat akan mengerjakan pemesanan barang. Dengan perencanaan yang matang, persediaan atau stok barang tidak akan tidak cukup ataupun berlebih. Dan dengan adanya proyeksi ini, pengusaha bisa memperkirakan jumlah minimum stok di gudang sebagai tolok ukur ketika akan mengerjakan pemesanan barang.

 

  • Pahami Sistem Persediaan

Para pengusaha banyak yang tidak paham sistem persediaan barang sehingga barang terlampau lama terbendung dalam gudang dan sering kali barang yang sudah kadaluwarsa maupun rusak. Dengan tidak mengetahui sistem persediaan, perusahaan bakal menanggung beban lebih banyak yang dominan pada kerugian. Oleh sebab itu, usahakanlah tentukan sistem kualitas persediaan yang sesuai digunakan perusahaan Anda, sistem perpetual atau periodik? Sistem perpetual ialah sistem di mana masing-masing persediaan yang masuk dan keluar disalin dalam pembukuan, sementara sistem periodik dilaksanakan dengan menghitung jumlah persediaan di akhir periode untuk mengerjakan pembukuan.

 

  • Tentukan Standard Operating Procedure

Persediaan dalam bisnis kecil dan menengah dapat dipantau langsung oleh pengusaha. Namun, andai bisnis telah berkembang, Anda sebagai pengusahad apat mempekerjakan pegawai dengan posisi tinggi sepertihalnya manager atau supervisor gudang untuk mengerjakan pengawasan dalam pengelolaan persediaan. Di mana, manager atau supervisor itu harus menguasai SOP pada divisinya diantaranya seperti SOP barang masuk dan keluar, SOP penyimpanan, SOP pelaporan ketersediaan stok dan pengadaan stok yang dibutuhkan. Dengan adanya manager atau supervisor gudang, kekeliruan dalam pendaftaran stok bisa dihindari sampai-sampai dapat meminimalisir risiko keunggulan atau kelemahan persediaan barang.

 

  • Buat Jadwal Persediaan

Dengan menata jadwal persediaan, pengusaha bakal dengan gampang mengelola persedian dalam gudang. Pengusaha bisa menilai jadwal pembelian persediaan dan jadwal persediaan dari gudang. Dengan adanya jadwal untuk masuknya persediaan, pengusaha bisa dengan mudah meminimalisir risiko kerugian perusahaan dan terhindar dari barang yang bobrok ataupun kadaluwarsa.

 

  • Hitung Anggaran Persediaan

Hitung berapa duit yang sudah Anda habiskan untuk melakukan pembelian sebuah persediaan barang. Kemudian buatlah daftar semua harga pokok penjualan dan harga jual barang tersebut. Hal ini dapat menolong Anda untuk memahami berapa perkiraan penghasilan yang di dapatkan andai barang itu laku terjual dipasaran.

Anda sedang mencari software akuntansi yang dapat membantu anda dalam menjaga persediaan dengan mudah dan cepat ? Key Accounting & Management Software adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Recent Posts