Pentingnya Pengecekan Kualitas Barang untuk Kepuasan Pelanggan
Pentingnya Pengecekan Kualitas Barang untuk Kepuasan Pelanggan. Apabila anda membeli produk atau memesan layanan jasa, apakah yang anda harapkan? Tentu anda mengharapkan mendapatkan produk yang baik dan berkualitas sesuai dengan ekspektasi anda dan harga yang harus anda bayar. Hal inilah yang membuat pelanggan akan menjadi puas.
Secara lebih detail, kepuasan pelanggan dapat dibedakan menjadi 3 yakni:
- Kepuasan berinteraksi langsung atau pre purchase satisfaction
- Kepuasan merasakan servis itu sendiri atau service encounter
- Kepuasan setelah transaksi sudah selesai atau post-purchase satisfaction
Nah, karena itulah, pengecekan kualitas barang oleh seorang quality control atau QC adalah hal yang penting karena bisa menjamin kepuasan dari 3 aspek tersebut serta kesepakatan yang dimiliki antara pihak produsen dengan pelanggan. Quality Control ini akan menjamin barang yang akan didapatkan pelanggan merupakan barang dengan kualitas terbaik. Apabila terdapat hal yang tidak sesuai atau dengan arti kata lain barang tersebut memiliki kualitas yang kurang baik, maka akan ditindaklanjuti sesuai dengan kesepakatan atau aturan yang ada.
Pengecekan kualitas barang pun berbeda beda tergantung bergerak di bidang apakah sebuah perusahaan yang terkait. Sebagai contoh untuk perusahaan yang bergerak di bidang media. Maka pengecekan yang dilakukan adalah tentang kualitas isi berita yang akan diterbitkan dimana berita tersebut haruslah akurat, konsisten, menjamin kualitas cetak dan sesuai dengan brand media tersebut. Tentu pengecekan ini akan berbeda dengan industry garment dimana di industry ini akan lebih mementingkan tentang kualitas produk garment yang dibuat seperti bahan, warna, ukuran, kerapihan jahitan dan lain sebagainya.
Pentingnya pengecekan kualitas barang selain untuk menjamin kepuasan pelanggan adalah untuk memudahkan pelanggan memperoleh keuntungan dengan cara yang fleksibel. Selain itu, hal ini juga bisa menjamin sebuah perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar, terutama dalam jangka waktu yang panjang.
Di bawah ini merupakan beberapa contoh lain mengenai pentingnya pengecekan kualitas barang untuk kepuasan pelanggan:
- Membuat bisnis anda menang dalam bersaing dengan competitor. Bisnis apapun pasti memiliki competitor yang biasanya juga menjalankan bisnis di bidang yang sama. Dengan menjamin kualitas produk maka pelanggan akan puas dengan pelayanan anda dan akan lebih memilih menggunakan produk atau jasa anda dibandingkan menggunakan milik pesaing.
- Kualitas barang atau jasa yang baik akan mengangkat reputasi perusahaan. Hal inilah yang akan membuat pelanggan akan lebih percaya kepada perusahaan anda.
Pada intinya, pelanggan merupakan aspek yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Perusahaan pasti akan bergantung kepada pelanggan, sementara pelanggan belum tentu bergantung pada perusahaan. Pelanggan dapat membantu meningkatkan penjualan karena apabila pelanggan merasa puas, maka bukan tidak mungkin mereka akan mempromosikan barang atau jasa anda dari mulut ke mulut.
Mengecek kualitas barang dalam bentuk sebuah produk yang bisa dilihat mungkin akan sedikit mudah. Lalu, bagaimana dengan jasa? Apa saja yang butuh untuk dicek? Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam rangka menjaga kualitas jasa yang ditawarkan. Hal hal tersebut antara lain adalah bukti fisik, keandalan dalam hal memberikan layanan, daya tangkap atau responsiveness karyawan yang melayani pelanggan, jaminan berupa asuransi atau pelayanan ramah dan sopan yang dilakukan karyawan, empati hingga kemudahan dalam melakukan komunikasi.
Itulah beberapa hal yang menunjukkan pentingnya pengecekan kualitas barang untuk kepuasan pelanggan. Dengan memperhatikan kepuasan pelanggan, maka akan semakin mudah sebuah usaha untuk memenangkan kompetisi dan terus bertahan.