Konsultan Pajak : Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

 In Keuangan

Konsultan Pajak – Pajak merupakan iuran yang wajib dibayar oleh rakyat kepada negara untuk kepentingan umum. Mungkin itulah yang anda tahu mengenai sistem pajak, tetapi tidak seperti kedengarannya sistem perpajakan di Indonesia tidak sesimpel dengan apa yang anda kira.

Hal ini dikarenakan untuk membayar pajak di Indonesia, anda perlu mengikuti proses yang cukup rumit seperti pendaftaran nomor wajib pajak, menghitung penghasilan, pembayaran, dan isu surat pemberitahuan, tetapi kalau anda juga memiliki perusahaan, maka hal ini akan lebih rumit lagi.

Bagi anda yang belum mengerti apapun tentang sistem pajak, mungkin anda mengira satu-satunya cara yang bisa anda lakukan untuk mengurus perpajakan ini, anda hanya perlu menyewa konsultan pajak. Tetapi sama seperti pajak sendiri konsultan pajak juga tidak sesimpel dengan apa yang anda kira.

Pengertian

Sebelum anda mengetahui cara kerjanya, lebih baik anda menyimak apa pengertian konsultan pajak itu. Konsultan pajak merupakan orang yang menawarkan jasa konsultasi pajak kepada wajib pajak atau pembayar pajak untuk melancarkannya dan memastikannya dalam melaksanakan kewajiban sebagai warga negara.

Secara umum, pertama konsultan pajak akan memberitahu anda seluk-beluk mengenai aturan pajak, kemudian anda dengan konsultan pajak akan melakukan perencanaan pembayaran, penghitungan, evaluasi pajak, dan sampai pembuatan laporannya. Jadi, konsultan pajak itu lebih bersifat sebagai mitra daripada karyawan

Manfaat bagi bisnis anda

1. Menghindari kesalahan pembayaran

Banyak sekali perusahaan yang sering melakukan kesalahan seperti kelebihan jumlah ketika mereka membayar karena mereka sendiri tidak tahu secara spesifik mengenai sistem pajak.

Nah, dengan bantuan konsultasi ini, anda dapat membayar pajak lebih efisien karena konsultan pajak akan menginfokan anda tentang peraturan perpajakan terkini dan menghitung jumlah besar pajak lebih akurat sehingga membuat kesalahan seperti kelebihan membayar sangat minim.

2. Bisa lebih fokus dalam mengurusi bisnis

Bisnis anda harus berjalan seperti biasa kalau anda ingin bisninya berkembang. Untuk itu, para ahli dari konsultan pajak akan mengurus segala urusan administrasi, mulai dari pencatatan penghasilan sampai proses pembuatan laporannya.

Jadi, dengan bantuan konsultan pajak, anda akan lebih fokus mengurus bisnis anda karena anda tidak perlu lagi menghabiskan tenaga dan waktu dalam mengurus pajak dari bisnis anda.

3. Dapat melakuan perencanaan pajak atau tax planning

Setiap perusahaan ingin membayar jumlah pajak seminimal mungkin untuk mendapatkan laba dan likuiditas yang diharapkan, tetapi di sisi lain mereka tidak mau melakukan pemalsuan yang akan bertentangan dengan hukum. Oleh karena itu anda bisa meminta bantuan dari para ahli konsultan pajak untuk melakukan perencanaan pajak atau tax planning.

4. Menjadi lebih tenang

Setiap konsultan pajak akan menjamin kepuasaan kliennya. Nah, dengan semua urusan pajak diurus oleh konsultan pajak, maka hidup anda akan lebih tenang karena anda tahu konsultan pajak akan memastikan kalau anda telah menjalankan kewajibannya sehingga tidak ada namanya keterlambatan mengirim pajak.

5. Merasa lebih aman dalam membayar pajak

Dengan adanya kehadiran para ahli dari konsultan pajak di samping anda, anda bisa merasa lebih aman karena saat ini banyak sekali perusahaan yang langsung bayar pajak tanpa memperhatikan aturan spesifiknya sehingga hal ini hanya akan merugikan perusahaan.

Selain itu, anda juga terhindar dari kasus penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab karena saat ini juga ada banyak pihak yang menyamar menjadi badan resmi perpajakan.

Jadi untuk anda yang tidak ingin rumit dalam masalah perpajakan, anda dapat menggunakan jasa konsultan pajak. Jika anda juga ingin aktivitas bisnis anda menjadi lebih sedikit terjadi human error, anda dapat menggunakan Software. Lalu software apa yang cocok untuk bisnis anda? Jawabannya adalah Software ERP. Software ERP mempunyai fitur dalam menjalankan aktivitas bisnis anda mulai dari produksi hingga penjualan termasuk dengan akuntansi. Mungkin anda berpikir bahwa Software ERP itu mahal. Tapi tidak dengan Keysoft. Dengan harga 9 juta saja dan tidak ada biaya perpanjangan license. Untuk konsultasikan secara gratis kebutuhan Software ERP anda dengan keysoft, anda dapat klik disini.

Recommended Posts